Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar atau Logo

Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar atau Logo. QR Code (Quick Response) merupakan sebuah matriks barcode yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan banyak informasi yang disimpan dalam bentu code. Misalnya anda ingin memberikan informasi mengenai kontak email, subjek saat ingin mengirim email dan format penulisan emal serta informasi lainnya dapat anda simpat dari sebuah QR Code.

Untuk membuat QR Code, kita membutuhkan sebuah QR Generator. Hal ini akan lebih mempermudah pekerjaan anda. Karena tidak perlu lagi memikirka cara membuat programnya. Anda hanya mengisi informasi yang ingin dibagikan kemudian klik generate maka QR Code anda langsung jadi.

Ada banyak sekali QR Generator Code yang dapat anda gunakan. Anda bisa menggunakan sebuah website qr generator atau menggunakan sebuah aplikasi android yang banyak tersebar di google play store. Dengan memanfaatkan semua fasilitas tersebut, maka anda dengan mudah membuat sebuah QR Code.

QR Code Generator tersedia secara gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar tentu akan lebih bagus dan memiliki fasilitas yang lebih banyak. Anda juga dapat melihat statistik yang mengakses qr code milik anda. Namun, jika anda hanya ingin yang gratis, maka anda hanya bisa membuat QR Code saja tanpa tau berapa banyak orang yang telah mengakses qr tersebut.

Baca Juga: Cara Kompres Video Online Tanpa Mengurangi Kualitas


Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar atau Logo

Pada perinsipnya, QR Code seperti mengarahkan seseorang dari sebuah code ke informasi link, alamat email atau lainnya. Dengan QR Code maka akan banyak informasi yang bisa anda share namun dalam bentuk code gambar yang simpel. Misalnya saja anda ingin memberikan informasi mengenai detail nama, kontak email, nomor hp, website dan lainnya, tentu akan sangat merepotkan jika anda membacanya satu persatu.

Namun, dengan memberikan QR code maka anda orang yang anda bagikan dapat langsung mengakses semua informasi tersebut. Jika anda penasaran dengan bagaimana cara membuat qr code, semuanya telah saya jelaskan secara lengkap melalui beberapa langkah dibawah ini.

  1. Untuk membuat QR Code sendiri anda bisa menggunakan website Qrcode-monkey.com. Silahkan akses url tersebut melalui web browser anda. Setelah mengakses website tersebut, maka akan ada beberapa pilihan menu yang dapat anda pilih.
  2. Jika anda ingin mengarahkan QR Code ke alamat website silahkan pilih menu URL.
  3. Jika anda ingin mengarahkan barcode qr ke alamat email, maka silahkan pilih menu email. Nah, disini saya memberikan contoh untuk mengarahkan QR Code ke alamat email. Silahkan disesuaikan dengan keinginan anda, mau diarahkan ke mana QR Code tersebut.

Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar atau Logo

  1. Perhatikan gambar diatas, ada 4 bagian yang dapat anda atur, yaitu konten, warna, menambahan gambar atau logo dan mengubah desain. Silahkan diatur sesuai keinginan anda.
  2. Pada bagian Konten, anda diminta untuk mengisi alamat email, subject dan massage. Silahkan disi sesuai keperluan anda. Anda juga bisa mengosongkan pada bagian subject dan massage.
  3. Pada bagian Set Colors, silahkan pilih warna barcode yang anda inginkan.
  4. Pada bagian Add Logo Image, silahkan tambahakan logo perusahaan, organisasi, bisnis atau lainnya. Bisa juga tidak diisi.
  5. Pada bagian Desain, silahkan pilih model QR Code yang anda inginkan.


Cara Membuat QR Code Menggunakan Aplikasi Android

Selain meggunakan website anda juga bisa membuat barcode atau QR Code hanya menggunakan hp android saja. Oleh karena itu anda bisa membuat QR Code secara offline tanpa perlu akses internet. Untuk membuat QR Code di hp android tentu saja anda membutuhkan sebuah aplikasi QR Code Generator. Nah, berikut adalah aplikasi satu QR Code Generator yang saya gunakan untuk membuat barcode dan langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama silahkan download dan instal aplikasi Barcode Generator melalui google play store.
  2. Setelah berhasil terinstal silahkan buka aplikasi tersebut.
  3. Silahkam klik tanda plus yang ada pada bagian kanan bawah.
  4. Pilih Add Code, kemudian cari tulisan QR Code.
  5. silahkan pilih type QR Code, disini saya contohkan QR Code untuk tipe email.
  6. Selanjutnya silahkan masukkan informasi yang diperlukan.
  7. Terakhir silahkan klik tanda centang yang ada pada bagian kanan atas, maka QR Code anda telah jadi.
  8. Terakhir silahkan download dan share qr code tersebut kepada orang yang anda inginkan.

Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar

Baca Juga: Cara Kompres Video di HP Android dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar atau Logo. Semoga informasi yang saya bagikan pada kesempatan ini dapat bermanfaat untuk anda. Dengan artikel ini maka anda dengan mudah membuat barcode qr sendiri tanpa pusing. Yang perlu dilakukah hanya input data saja, kemudian klik create maka barcode langsung jadi. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, jika anda berminat silahkan share dan follow blog ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Membuat QR Code Sendiri Berisi Gambar atau Logo"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel