Cara Membuat PPT Yang Baik Untuk Mahasiswa Yang Sedang Tugas Akhir

Cara Membuat PPT Yang Baik Untuk Mahasiswa Yang Sedang Tugas Akhir. Menjadi mahasiswa tentu akan selalu bertemu dengan tugas presentasi. Entah itu presentasi tugas mingguan, tugas untuk menambah nilai atau membuat presentasi untuk tugas akhir. PowerPont menjadi aplikasi yang sering digunakan untuk membuat dan mempersentasikan sebuah tugas, hasil penelitian, atau laporan.

Tahukan anda membuat PPT tidak hanya sekedar memasukkan materi yang ingin disampaikan ke salam slide. Namun, ada beberapa point penting yang harus diperhatikan agar slide ppt tersebut terlihat lebih keren. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kepada anda bagaimana cara membuat ppt yang baik dan point apa saja yang harus diperhatikan. Jika anda penasaran bagaimana caranya? simak penjelasan lengkap kami dibawah ini.


Cara Membuat PPT Yang Baik Untuk Mahasiswa Yang Sedang Tugas Akhir

Cara Membuat PPT Yang Baik Untuk Mahasiswa Yang Sedang Tugas Akhir

Membuat PPT kelihatannya sangat mudah. Namun, apakah ppt tersebut telah mengandung beberapa poin yang telah saya bahasa dibawah ini?. Contoh kesalahan yang sering dilakukan saat membuat ppt adalah terlalu banyak memasukkan kata-kata ke dalam slide. Akhirnya slide terlihat penuh dengan kata-kata yang bisa membuat audience berpiki bahwa anda belum siap untuk presentasi. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat membuat PPT dan bagaimana cara membuat powerpoint slides yang baik? simak penjelasannya dibawah ni.


1. Simpel dan Jangan Terlalu Banyak Kata-Kata

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan saat membuat PPT adalah terlalu banyak kata-kata dalam slide PowerPoint. PowerPoint yang baik adalah powerpoint yang cukup memuat point-point penting saja dari sebuah materi dan penjelasan yang singkat namun jelas.

Dari namanya saja PowerPoint artinya akan lebih bagus jika dalam slide hanya menaruh point penting saja, untuk detailnya anda sebagai pemateri yang menjelaskan. Jika memang anda rasa bahwa kata-kata yang ingin anda masukkan penting, maka anda bisa membagi kata-kata tersebut menjadi dua slide. Jangan paksa ditumpuk pada satu slide saja. Baca Juga: Cara Membuat Power Point Untuk Pemula di HP dengan Cepat


2. Struktur Materi Jelas

PowerPoint yang baik adalah powerpoint yang struktur materinya itu jelas. Dimana anda harus membuat yang terkandung dalam PPT secara urut dan memiliki keterkaitan antara satu materi dengan materi lainnya. Dengan struktur materi yang jelas maka para audience akan lebih mudah memahami materi tersebut.


3. Jenis dan Ukuran Font Jelas

Jenis dan ukuran font juga sangat penting untuk diperhatikan saat membuat sebuah PPT. PPT yang baik adalah ppt yang jenis dan ukuran font jelas. Maksudnya adalah ukuran font tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, akan tetapi font tersebut dapat dilihat oleh setiap peserta hingga peserta yang duduk paling belakang.

Ukuran font yang biasa digunakan untuk membuat ppt yang standar adalah font 20 - 24. Namun, anda juga bisa menggunakan ukuran font paling minimal yaitu font 18. Ini juga disesuaikan dengan rasio template ppt yang anda gunakan. Terkadang Font 18 terlihat besar pada ppt dengan rasio 4:3 dibandingkan para rasio 16:9. Oleh karena itu anda pilih font yang ukurannya tidak terlalu besar dan juga kecil.


4. Kombinasi Warna Tepat

Kombinasi warna antara desain tema dan font yang digunakan harus serasi. Dimana, warna font tidak boleh kalah oleh warna desai template. Misalkan jika anda menggunakan template dengan warna hitam maka anda bisa menggunakan font dengan warna putih. Pada intinya adalah warna font tidak boleh kalah dengan warna desain template dan juga tidak boleh memilih warna yang bikin sakit mata. Seperti penggunaan warna yang terlalu terang.


5. Visual yang Menarik

Selain memperhatikan isi ppt, kita juga harus memperhatikan tampilan dari slide yang akan dipresentasikan. Anda harus memiliki sedikit skil desain atau kesenian dalam membuat template. Hal ini bertujuan agar tampilan powerpoint slides menjadi lebih menarik. Seperti penambahan animasi, penggunaan desain template yang estetik dan lainnya.

Baca Juga: Cara Download Template Power Point Untuk Skripsi dan Tugas Presentasi

Tidak semua orang memiliki skil dalam desain atau memiliki jiwa seni. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak sekali PPT Template Free yang siap pakai dengan desain yang menarik dan keren. Dengan menggunakan template tersebut maka kita tidak perlu memikirkan desain ppt dari awal. Melainkan hanya menggunakannya saja dan sedikit perlu sentihan tangan tanpa ribet.

Itulah artikel tentang Cara Membuat PPT Yang Baik Untuk Mahasiswa Yang Sedang Tugas Akhir. Semoga apa yang saya bagikan pada artikel ini dapat membantu anda dalam memahami cara buat ppt yang baik seperti apa. Dengan memperhatikan 5 point diatas maka anda sudah bisa membuat ppt yang baik dan menarik. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang belum tahu point-pont penting yaharus diperhatikan saat membuat powerpoint. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel