8 Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus Menerus Saat Dinyalakan

8 Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus Menerus Saat Dinyalakan. Saat menghidupkan laptop atau komputer tentu kita akan heran jika ada bunyi beep atau tut tut secara terus menerus. Terlebih lagi bunyi ini sangat besar dan tidak dapat anda kecilkan. Jika anda sedang di tempat umum atau di kampus, saat laptop bunyi beep tentu akan menjadi tidak enak dan menggangu. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui apa masalah, penyebab serta bagaimana cara mengatasinya.

Setiap bunyi beep pada laptop menandakan kerusakan sistem atau komponen laptop anda yang berfungsi tidak normal. Seperti halnya jika terjadi kerusakan pada keyboard, dimana salah satu tombol keyboard tertekan secara terus menrut atau konslet maka hal ini dapat mengakibatkan bunyi beep saat laptop dinyalakan.

Selain masalah pada keyboard,  hal ini juga bisa diakibatkan karena masalah RAM, Motherboard, Baterai CMOS, maupun charger laptop. Jika terjadi masalah pada keyboard maka biasanya bunyinya berbeda dengan jika terjadi masalah pada charger. Entah itu dari bunyi beep yang panjang, jumlah bunyi atau bahkan panjang pendeknya bunyi tersebut.

Jika kerusakan pada komponen laptop hanya rusak ringan maka anda bisa memperbaikinya, membersihkannya atau memasangnya dengan posisi yang tepat. Misalnya jika keyboard laptop bermasalah, tertekan atau kotor, maka anda bisa membersihkannya dan mencabutnya untuk menormalkan posisi. Namun, jika keyboard telah rusak maka anda harus membeli keyboard baru. Untuk harga keyboard laptop kisaran 130 sampai 150 ribu. Namun, harga keyboard laptop berbeda-beda tergantu tempatnya.

Baca Juga: Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi


8 Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus Menerus Saat Dinyalakan

Bunyi beep pada laptop disebabkan oleh beberapa hal pada laptop. Seperti komponen laptop yang sudah tidak berfungsi normal, rusak atau bahkan komponen eksternal seperti charger dan terjadi konslet saat mengecas juga dapat menyebabkan bunyi beep pada laptop secara terus menerus. Bunyi beep pada setiap leptop berbeda-beda bergantung pada masalahnya seperti apa.

Misalnya bunyi pendek satu kali secara terus-menerus biasanya diakibatkan oleh kabel charger laptop anda yang menyebabkan konsleting kecil saat sedang dihubungkan ke daya listrik. Masih banyak lagi jenis bunyi beep pada laptop, penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Jika anda penasaran maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus Menerus Saat Dinyalakan

Peringatan: Mengatasi masalah laptop yang bunyi beep, tentu tidak mudah. Terlebih lagi bagi anda yang tidak memiliki keahlian dalam bisa service laptop atau komputer. Karena bisa saja anda salah dalam mendefinisikan bunyi pada beep pada laptop. Nah, maka dari itu, jika sudah kerusakan pada komponen yang mengharuskan anda membukanya maka silahkan anda mengantarnya ke tempat service atau yang lebih ahli saja. Hal ini untuk menghindari terjadi kerusakan yang lebih parah.


1. Laptop Bunyi Beep 1 Kali Terus - Menerus Namun Pendek

Jika laptop Anda berbunyi beep secara berulang-ulang saat dinyalakan namun bunyinya pendek, maka salah satu penyebabnya adalah terjadi masalah pada listrik komponen laptop. Masalah ini di sebabkan oleh arus listrik input daya laptop yang tidak stabil, umumnya disebabkan oleh charger atau baterai yang rusak. Sehingga solusinya adalah

  • Cobalah untuk memeriksa charger laptop Anda, baik itu pada bagian konektor maupun kabel laptop.
  • Anda bisa mencoba untuk meluruskan kabel laptop yang tertekuk atau jika memiliki dana yang cukup maka anda bisa beli keyboard yang baru.
  • Anda bisa meminjam charger laptop teman yang sama seperti laptop Anda, kemudian mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa masalahnya terletak pada charger. Jika benar maka Anda bisa menggantinya.
  • Jika masih berbunyi maka cobalah untuk memeriksa baterai laptop Anda, silahkan dicopot dan dipasang kembali dengan posisi yang benar.


2. Laptop Bunyi Beep Pendek 2 Kali

Jenis bunyi laptop yang kedua saat dinyalakan adalah bunyi beep yang pendek 2 kali. Biasanya ini disebabkan adanya masalah pada baterai CMOS. Masalah ini terjadi dikarenakan pengaturan baterai tersebut yang salah atau bisa juga disebabkan oleh baterai CMOS yang sudah kehabisan daya.

  • Cara mengatasinya adalah dengan reset BIOS laptop ke pengaturan default (hal ini juga dapat membantu).
  • Namun jika tidak maka Anda bisa memilih untuk mengganti baterai CMOS tersebut.


3. Bunyi Beep 1 Kali Pada Laptop

Jenis bunyi yang ketiga adalah bunyi beep satu kali pada laptop saat dinyalakan. Hal ini tentu menjadi penanda bahwa laptop Anda sedang dalam keadaan yang normal. Ini juga bisanya sebagai indikator bahwa fungsi RAM laptop Anda bekerja dengan sangat baik.

  • Selain munculnya bunyi beep persis saat laptop dinyalakan, terkadang juga ada bunyi “tut tut” saat laptop telah melewati booting layar Bios.
  • Cara mengatasi masalah ini umunya tidak ada.
  • Namun, mungkin pada laptop Anda memiliki pengaturan untuk menonaktifkan bunyi tersebut melalui pengaturan BIOS. Silahkan Anda mengeceknya pada laptop Anda.


4. Laptop Bunyi Beep Terus Menerus dan Panjang

Kasus ke empat adalah ketika laptop Anda bunyi beep yang panjang secara terus menerus saat dinyalakan. Ini menjadi penanda bahwa RAM laptop Anda sedang bermasalah. Ada beberapa penyebab RAM laptop bermasalah dan menyebabkan bunyi pada laptop. Diantarnya adalah RAM yang kotor akibat debu, pemasangan RAM yang tidak tepat atau telah terjadi kerusakan pada RAM sehingga tidak bekerja optimal.

  • Solusinya adalah dengan melepas charger kemudian membuka laptop dan melepas RAM. Bersihkan RAM Laptop menggunakan penghapus (pada bagian kuningannya).
  • Pasang kembali RAM setelah dibersihkan dan pastikan untuk memasangnya secara tepat dan tidak longgar serta terkunci dengan benar. Jika cara ini belum berhasil maka Anda bisa mencoba untuk mengganti dan beli RAM yang baru.


5. Laptop Bunyi Beep Panjang 1 Kali dan 9 Kali Pendek

Salah satu jenis bunyi beep pada laptop adalah bunyi beep panjang satu kali dan pendek 9 kali. Hal ini biasanya disebabkan oleh ROM BIOS. Umunya ini terjadi akibat ROM BIOS yang telah rusak atau corrupt atau bisa juga disebabkan oleh chip yang tidak terbaca.

  • Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan re-flashing BIOS.
  • Biasanya ini agak sulit jika Anda lakukannya sendiri, maka cobalah untuk bawa ke tempat Service Laptop. Mungkin saja chip tersebut perlu diganti.


6. Laptop Bunyi Beep Panjang 1 Kali dan Pendek 3 Kali

Error pada keyboard juga dapat menyebabkan laptop Anda bunyi beep saat dinyalakan. Bisanya jika keyboard error menimbulkan bunyi beep panjang sebanyak 1 kali di awal dan bunyi pendek 3 kali. Penyebabnya bisa dari tombol keyboard yang tertekan terus menerus), masalah pada kabel, atau keyboard laptop sudah rusak dan tidak berfungsi.

  • Cara mengatasinya yaitu dengan memeriksa tombol laptop yang sekiranya menjadi penyebab bunyi. Jika sudah temukan, maka Anda bisa melepasnya kemudian dipasang kembali dengan benar.
  • Coba untuk membongkar ulang keyboard dan pasang kembali.
  • Jika masih bunyi maka Anda bisa beli keyboard laptop yang baru.


7. Bunyi Beep Panjang 1 Kali dan 2 Kali Pendek

Jika bunyi beep pada laptop Anda seperti itu, maka umumnya telah terjadi masalah pada VGA Laptop. Hal ini mungkin dikarenakan laptop Anda sering kepanasan atau overheat. Jika bunyi beep pada laptop seperti itu, namun tampilan layar normal maka kemungkinan VGA laptop masih dapat digunakan.

  • Cara mengatasinya yaitu dengan me-reball chipset VGA.
  • Jika Anda tidak mengerti caranya dan bukan ahlinya maka Anda bisa pergi ke Service Center.


8. Bunyi Beep Panjang 1 Kali dan 1 Kali Pendek

Nah, jika laptop Anda bunyi seperti ini saat dinyalakan maka penyebabnya sangat random. Namun, kebanyakan bunyi tersebut diakibatkan karena terjadi kerusakan pada motherboard laptop bisa karena sudah umur atau sudah lama.

  • Cara mengatasinya yaitu Anda langsung saja membawanya ke tempat Service Laptop.
  • Bisanya kerusakan pada motherboard, maka harus diganti. Anda bisa beli motherboard laptop yang baru. Untuk harga motherboard laptop yang baru anda bisa menanyakan langsung ke tempat service laptop.


Kesimpulan Laptop Bunyi Beep Saat Dinyalakan Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini adalah kesimpulan dari pembahasan di atas. Ini adalah ringkasan bunyi beep pada laptop saat dinyalakan dan penyebabnya.

  • Bunyi beep pendek 1 X secara berulang diakibatkan oleh masalah listrik (charger, konslet)
  • Bunyi beep pendek 2 X diakibatkan oleh masalah pada baterai CMOS
  • Bunyi beep 1 X menandakan memori masih berjalan normal
  • Bunyi beep berulang terus menerus diakibatkan karena ada masalah pada RAM
  • Bunyi beep panjang 1 X dan pendek 9 X diakibatkan danya masalah pada BIOS
  • Bunyi beep panjang 1 X dan 3 X pendek bisanya terdapat masalah pada keyboard atau keyboard tertekan
  • Bunyi beep panjang 1 X dan pendek 2 X biasanya diakibatkan terdapatnya masalah di VGA
  • Bunyi beep panjang 1 X dan pendek 1 X biasanya diakibatkan adanya masalah di Motherboard

Baca Juga: Biaya Ganti LCD Laptop Toshiba 14 inch Di Mataram Plus Maintenance

Itulah artikel tentang 8 Cara Mengatasi Laptop Bunyi Beep Terus Menerus Saat Dinyalakan. Mengatasi laptop bunyi beep saat dinyalakan tergantung dari jenis beep yang dihasilkan. Oleh karena itu, anda harus bisa mendengar bunyi tersebut, jenis dan jumlahnya. Jika anda belum berpengalaman maka ada baiknya anda menyerahkan ke ahlinya atau ke tempat service. Karena jika salah-salah maka anda bisa memperparah kerusakan pada laptop. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel