Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi

Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi. Perkembangan dunia teknologi memiliki dampak yang positif bagi manusia. Seperti hadirnya laptop, komputer, smartphone, dan lainnya merupakan manfaat dari perkembangan dunia teknologi dalam bidang elektronik.

Saat ini tenologi komputer atau laptop sangat memudahkan pekerjaan manusia. Mulai dari mempermudah dalam proses arsip berkas yang dapat disimpan di hardisk tanpa harus membutuhkan menghabiskan raungan kantor atau rumah. Membantu mempermudah dalam membuat dan mengolah data dan masih banyak lagi.

Dizaman modern seperti saat ini, hampir semua orang memiliki laptop. Baik itu anak sekolahan sd sampai sma, kuliahan, kantoran dan para pekerja freelancer yang menggunakan uang untuk mendapatkan uang melalui internet. Terlebih lagi di kondisi pandemi seperti saat ini, hampir semua aktifitas offline di online kan. Inilah salah satu manfaat perkembangan dunia teknologi bidang elektronik dalam membantu aktivitas manusia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Layar Putih Semua Tanpa Ganti LCD

Yang namanya barang elektronik tentu saja akan ada masa dimana barang tersebut error. Entah itu error akibat komponen yang rusak atau akibat kesalahan penggunaan dari manusia. Salah satu contoh kasus barang elektronik yang error atau tidak berfungsi normal akibat kesalahan penggunanya adalah kasus laptop yang jarang dipakai.


Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi

Tahukah anda jika barang elektronik yang jarang dipakai akan memiliki kemungkinan terjadinya kerusakan, error ataupun tidak bisa berfungsi normal. Contohnya adalah laptop yang lama tidak dipakai biasanya akan menjadi lemot, apakah ini benar atau tidak, kita akan bahas dibawah ini.

Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi


Laptop Menjadi Lemot?

Apakah benar jika laptop jarang dipakai jadi lemot? Dari beberapa referensi yang saya baca, banyak yang menjawab tidak. Namun, saya mencoba berpendapat bahwa memang laptop tidak menjadi lemot ketika lama tidak dipakai, namun laptop lemot adalah dampaknya.

Ketika laptop lama tidak dipakai dan disimpan dengan kondisi yang tidak tetap maka akan merusak beberapa komponen penting dalam laptop, seperti keyboard, RAM dan konektor bisa bermasalah karena kotor. Semua hal ini adalah komponen penting dalam sebuah laptop. Sehingga jika komponen ini bermasalah, maka laptop akan tidak dapat beroperasi secara optimal.

Selain itu, komponen laptop akan mudah kotor akibat debu yang terus bertumpuk ketika laptop disimpan dalam waktu lama. Komonen yang kotor ini tentu akan mudah mengakibatkan konslet pada beberapa komponen penting dan sensitif. Hal inilah yang membuat laptop menjadi tidak dapat bekerja secara optimal sehingga banyak dari teman-teman saya dan bahkan saya sendiri yang leptop lama tidak dipakai menjadi lemot.

Sehingga saya berpendapat bahwa, laptop yang saya gunakan menjadi lemot merupakan salah satu dampak dari laptop yang tidak dipakai dalam waktu yang lama dan tidak disimpan dalam kondisi yang baik.

Oleh karena itu, jika anda ingin menyimpan laptop dalam waktu yang lama, maka simpan di tempat yang benar-benar bersih dan kering atau lebih bagus anda tetap menyalakan laptop itu setiap harinya.

Selain itu, laptop lemot juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya, seperti memori penuh, spesifikasi laptop yang rendah, serta komponen laptop yang ketinggalan dengan perkembangan dunia elektronik dan software yang begitu cepat dan faktor lainnya.


Mudah Terjadi Konslet Pada Beberapa Komponen Sensitif

Jika sebuah laptop disimpan dalam waktu yang sangat lama dan tidak perna di hidupkan maka beberapa komponen dalam laptop akan menjadi dingin. Jika hal ini tetap dibiarkan maka akan memicu terjadinya konslet pada komponen tersebut saat anda menghidupkan atau hendak ingin cas. Oleh karena itu menyimpan laptop dalam waktu yang lama sangat tidak dianjurkan.

Ada baiknya jika laptop tersebut sesekali dihidupkan setiap harinya dalam waktu sebentar walau tidak ingin menggunakannya. Namun, jangan lupa juga untuk mematikannya kembali. Karena membiarkan laptop dalam kondisi menyala dalam waktu yang lama dan tidak digunakan juga tidak bagus.


Kesimpulan dan Saran

Berikut ini adalah kesempilan dari dampak yang terjadi jika laptop lama tidak dipakai dan apa yang harus anda lakukan agar laptop tersebut tetap berkerja dengan baik.

  1. Ketika sebuah laptop di simpan lama dan tidak digunakan sama sekali, serta disimpan di tempat yang tidak bersih dan mudah berdebu tentu akan membuat komponen laptop menjadi mudah rusak.
  2. Seperti halnya rumah yang dibiarkan dalam waktu yang lama maka rumah tersebut akan menjadi berdebu. Begitu juga dengan laptop yang tidak disimpan di tempat yang bersih dan dibiarkan begitu saja. Komponen dalam laptop tentu lama kelamaan akan penuh dengan debu. Hal ini tentu didak bagus untuk laptop anda.
  3. Jika anda tidak ingin menggunakan laptop tersebut, maka ada baiknya untuk menyimpan laptop tersebut di tempat yang bersih dan tidak lembab atau tempat yang kering. Sesekali anda sempatkan waktu untuk menghidupkan dan mematikan kembali laptop tersebut walau hanya sebentar.
  4. Jika memang anda tidak memiliki waktu untuk menghidupkan laptop tersebut setiap harinya maka anda bisa meminjamkan leptop tersebut ke kakak, adik, atau orang yang sekiranya dapat dipercaya untuk bisa menggunakannya dengan baik.

Baca Juga: Cara Menambah Atau Mengurangi Partisi C, D dan E di Windows 7, 8 dan 10 Terbaru Saat Ini

Itulah artikel tentang Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi. Setelah membaca artikel ini maka anda sudah tau dampak dari laptop yang lama tidak dihidupkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu dampak laptop yang tidak pernah dihidupkan dalam waktu yang lama. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel