Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline

Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline. PDF adalah salah satu dokumen yang sering kita jumpai hampir setiap hari. Terutama bagi para mahasiswa dan para pegawai administrasi dalam sebuah instansi. Terkadang beberapa halaman dalam sebuah file pdf perlu untuk di putar, biasanya file hasil scan yang lupa di setting atau diputar. Misalnya saja anda ingin memutar sebuah halaman pdf yang awalnya landscape menjadi portrait atau sebaliknya.

Memutar halaman pdf ternyata dapat anda lakukan baik secara online maupun offline. Tentu kedua cara ini tergantung keperluan anda. Cara online biasanya berguna saat ingin memutar halaman pdf menggunakan hp, misalnya saat itu anda sedang tidak memiliki laptop atau sedang tidak ada laptop bersama anda. Sedangkan cara offline biasanya saat anda sedang aktif di depan laptop atau sedang menggunakan komputer.


Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline

Memutar halaman PDF bukan hal yang sulit, anda bisa melakukkanya menggunakan hp android atau laptop. Jika ingin menggunakan hp maka anda perlu terkoneksi dengan internet, karena kita butuh mengakses website yang menyediakan layanan untuk merotasi file pdf secara permanen. Sedangkan jika anda menggunakan laptop maka anda tidak perlu terhubung pada internet akan tetapi anda membutuhkan aplikasi nitro pdf atau aplikasi lainnya yang menyediakan layanan tersebut. Namun, pada kesempatan kali ini saya menggunakan aplikasi Nitro PDF versi 9.

Baca Juga: Cara Convert File Word Ke PDF


1. Cara Merotasi File PDF Secara Online

Untuk melakukan rotasi sebuah halaman pdf secara online, maka kita membutuhkan website yang menyediakan layanan untuk hal tersebut. Salah satu websitenya adalah smallpdf.com. Website ini adalah salah website terbaik yang banyak memberikan layanan terkait edit pdf online. Diantaranya adalah convert PDF to Word, PDF to JPG, merotasi halaman tertentu pada file pdf dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini saya akan lebih fokus pada fasilitas yang tersedia di smallpdf lebih khusus cara rotasi file pdf secara permanen. Untuk langkah langkah nya simak pembahasan lengkap berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan anda mengunjungi website https://smallpdf.com/rotate-pdf
  2. Upload file pdf yang ingin diputar dengan mengklik choose file.
  3. Cari halaman pdf yang ingin anda putar.
  4. Arahkan kurso pada halaman tersebut, maka akan muncul icon untuk memutar halaman ke kiri atau ke kanan dan tombol hapus halaman.
  5. Jika semua halaman yang ingin diputar telah selesai maka langkah terakhir klik "APPLY".
Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline di HP dan Laptop


2. Cara Merotasi File PDF Secara Offline Menggunakan Nitro PDF

Selain melakukan rotasi file pdf secara online anda juga bisa melakukannya secara offline. Disini saya menggunakan aplikasi nitro pdf sebagai tools yang digunakan untuk edit dan rotasi halaman pdf. Untuk aplikasinya anda bisa download di google yang full version. Karena versi gratis memiliki fitur yang terbatas. nah, jika anda telah memiliki aplikasi Nitro PDF versi apa saja yang penting full version, disini saya menggunakan Nitro 9. Untuk mulai rotasi halaman pdf anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah.

Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline

  1. Langkah pertama buka file pdf menggunakan aplikasi Nitro PDF. Jika belum ada maka silahkan instal download dan instal terlebih dahulu.
  2. Setelah file pdf kebuka langkah selanjutnya adalah mengedit halaman yang ingin diputar.
  3. Klik menu edit pada bagian atas halaman nitro pdf.
  4. Klik menu Rotate, maka akan muncul untuk rotate halaman. Pilih All untuk memutar semua halaman, current page untuk memutar halaman saat ini yang saat ini di buka, first page untuk memutar halaman pertama, last page untuk memutar halaman akhir, page untuk memutar halaman yang anda inginkan.
  5. Jika sudah selesai silahkan di save dengan klik CTRL + S.

Baca Juga: Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Itulah artikel tentang Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline. Semoga semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda, siapa tau mereka tidak mengetahui cara ini. Jangan lupa juga follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami seputar tutorial dan info menarik lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel