11 Cara Membuat Power Point Yang Bagus Dan Keren Dengan Cepat

11 Cara Membuat Power Point Yang Bagus Dan Keren Dengan Cepat. Power Point adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat materi presentasi agar lebih menarik dan digunakan sebagai media dalam melakukan presentasi. PowerPoint akan sering anda jumpai saat kuliah, karena banyak tugas yang mengharuskan anda membuat slide presentasi untuk mempresentasikan hasilnya. Sebelum membuat slide tersebut, maka anda harus mengetahui apa saja point penting yang harus anda tahu saat membuat slide presentasi. Agar slide presentasi yang dibuat dapat dikatakan bagus atau tidak.

Saat membuat PPT kita harus memasukan bahwa PowerPoint tersebut bagus, keren dan menarik. PowerPoint yang bagus dan keren dapat menarik perhatian audiens agar mau memperhatikan materi presentasi yang anda buat. Ada banyak point yang harus anda perhatikan saat membuat powerpoint agar powerpoint tersebut menjadi bagus dan menarik. Seperti memperhatikan desain ppt, struktur materi hingga menambahkan efek animasi dan transisi pada ppt tersebut. Untuk penjelaskan lebih lengkap simak pembahasan berikut ini.


11 Cara Membuat Power Point Yang Bagus Dan Keren Dengan Cepat

Bagi sebagian orang membuat powerpoint yang bagus sangatlah mudah. Namun, bagi mereka yang belum familiar mengenai powerpoint atau bahkan belum pernah menggunakan ppt maka akan terasa sulit. Nah, pada kesempatan kali ini gammafisblog.com hadir untuk membantu anda untuk menjelaskan point-point penting dalam proses pembuatan PPT agar lebih bagus dan bisa mahir dalam membuat ppt yang menarik. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

11 Cara Membuat Power Point Yang Bagus Dan Keren Dengan Cepat


1. Download PPT Keren Siap Pakai dan Gratis

Jika kita tidak memiliki skil desain powerpoint, maka cara untuk membuat PowerPoint Slides yang bagus, keren dan cepat adalah dengan menggunakan template yang siap pakai. Saat ini ada banyak sekali website templat download template ppt yang memiliki desain bagus dan keren. Baik itu template yang sifatnya premium maupun gratis. Berikut adalah artikel tentang cara download template power point gratis.

Jika anda ingin membuat ppt yang bagus, maka download salah satu template PPT yang sesuai dengan topik pembahasan anda. Namun, jika anda ingin membuat desain template PPT sendiri, maka anda harus mengetahui cara membuat background powerpoint. Dengan begitu maka anda bisa membuat desain background ppt semenarik mungkin.


2. Gunakan Font Keren dan Menarik

PowerPoint Slides yang bagus juga tidak luput dari penggunaan font teks yang bagus dan menarik. Gaya font PPT dapat disesuaikan dengan desain template, sifat presentasi formal atau tidak dan memilih font yang keren namun tidak lebay dan dapat dilihat secara jelas hingga audience yang paling belakang sekalipun. Umumnya microsoft powerpoint telah menyediakan font secara default untuk digunakan. Namun terkadang dari semua font tersebut tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Jika demikian maka anda bisa menambahkan font yang keren dan menarik ke aplikasi microsoft powerpoint. Untuk caranya silahkan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Menambahkan Font di PPT.


3. Atur Ukuran dan Warna Font Agar Terlihat Jelas

PowerPoint yang bagus juga didukung oleh penggunaan warna dan ukuran font yang bisa terlihat dengan jelas dan tidak menyakiti mata. Untuk ukuran font PPT secara umum menggunakan ukuran font PPT adalah 18 - 24. Terkadang untuk beberapa rasio slide powerpoint ukuran font 18 sudah sangat besar dan pas. Akan tetapi template ppt lain ukuran 18 masih terbilang kecil sehingga harus menggunakan font 20 - 24. Intinya adalah sesuaikan ukuran font powerpoint agar teks didalamnya dapat terlihat dengan jelas.

Untuk warna, gunakan warna font yang jika dilihat tidak menyakiti mata. Contohnya jangan menggunakan warna merah untuk teks dalam slide ppt. Selain itu perlu disesuaikan warna font dengan warna background ppt yang anda gunakan. Namun, umumnya jika anda menggunakan template ppt siap pakai maka ukuran dan warna font sudah sesuai dengan template tersebut. Sehingga anda hanya perlu memasukkan materi presentasi saja.


4. Ambil Point-Point Penting dari Materi Presentasi

PowerPoint yang bagus bukanlah yang mengandung banyak kata-kata, namun ppt yang baik dan bagus adalah ppt yang menulis point-point penting dalam sebuah materi yang sekiranya dapat membuat audience dapat paham mengenai materi yang di sampaikan. Di dalam slide PPT anda hanya menaruh point-point dalam topik materi selebihnya anda yang menjelaskan lebih rinci saat presentasi.


5. Gunakan Fitur Animasi di PPT

Agar membuat PPT menjadi lebih menarik dan bagus, maka kita dapat memanfaatkan fitur animasi. Animasi dalam slide PPT menjadi salah satu cara menarik perhatian audiens agar tidak bosan. Untuk efek animasi yang digunakan juga diusahakan berbeda-beda dalam setiap slide. Misalkan slide pertama menggunakan animasi teks dan gambar yang muncul secara pop up, slide selanjutnya menggunakan animasi bergerak dan seterusnya. Ada banyak pilihan animasi yang telah di sediakan oleh microsoft untuk anda gunakan. Silahkan manfaatkan animasi tersebut semaksimal dan sekreatif mungkin.


6. Tambahkan Transisi Slide

Selain menggunakan efek animasi pada teks dan gambar, anda juga bisa menggunakan efek transisi pada slide. Efek transisi pada PPT adalah sebuah efek yang diberikan saat transisi atau berpindah dari slide satu ke slide yang lainnya. Microsoft PowerPoint telah menyediakan satu menu transisi untuk anda gunakan agar ppt menjadi lebih bagus dan menarik.

Penggunaan efek transisi bertujuan agar audiens menjadi tidak bosan melihat powerpoint slides yang anda buat. Karena ada hal baru berupa visual transisi slide yang membuatnya selalu melihat hal baru dan tidak monoton. Kecenderungan orang akan bosan jika melihat hal yang sama secara berulang-ulang. Oleh karena itu, manfaatkan fitur transisi untuk membuat slide ppt anda menjadi lebih keren.


7. Gunakan Infografis

Agar powerpoint menjadi lebih menarik dan bagus, maka penting untuk menambahkan infografis ke dalamnya. Infografis adalah salah satu cara menampilkan visualisasi dari sebuah data atau informasi lainnya ke dalam bentuk sebuah bagan berupa grafis, diagram lingkaran, diagram alir, bagan, dan lainnya yang bertujuan agar data atau informasi tersebut dapat mudah dimengerti dan terlihat lebih menarik. Terutama bagi anda yang membuat slide yang harus menampilkan banyak data perbandingan. Atau mempresentasikan penelitian, maka perlu dibuatkan diagram alir mengenai proses-proses penting dalam penelitian tersebut.


8. Buat PPT Sesingkat Mungkin

Dalam membuat PPT usahakan dibuat sesingkat mungkin. Namun, semua point-point penting dapat tersampaikan secara terstruktur dan jelas. Hal ini bertujuan agar audiens lebih mudah memahami materi dalam waktu yang singkat dan tidak bosan. Maka dari itu, penting bagi seorang yang akan melakukan presentasi memahami materi yang akan dipresentasikan. Agar materi yang dimasukkan ke ppt menjadi lebih sedikit dan selebihnya adalah penjelasan dari apa yang dipahami mengenai setiap point dalam materi slide tersebut.


9. Pahami Cara Menambahkan Background

Jika ingin membuat PPT yang bagus maka anda harus paham juga cara menambhakan background ke dalam slide. Hal ini bertujuan agar anda bisa desain tampilan slide sendiri sesuai kreativitas anda. Anda bisa menggunakan gambar sebagai background atau menggunakan background yang anda desain sendiri menggunakan photoshop atau coreldraw.


10. Pelajari Cara Menambah Gambar, Audio dan Video 

Pada beberapa materi presentasi terkadang perlu menambahkan gambar, audio atau video ke dalam slide presentasi. Misalkan ingin menambahkan audio mengenai penjelasan dari materi pada setiap slide atau menambahkan video yang berhubungan dengan materi yang ingin disampaikan. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai 3 Cara Menambahkan Gambar di PPT dengan Mudah. Selain itu saya juga telah membahas mengenai 3 Cara Menambahkan Video di PPT Lengkap dengan Gambar Penjelas. Silahkan baca kedua artikel itu jika ingin tahu cara menambahkan gambar dan video ke dalam slide PPT.


11. Jangan Gunakan Background Yang Sama

Ketika membuat powerpoint slide maka usahakan untuk tidak menggunakan tampilan slide yang sama pada tiap halaman slide. Hal ini tentu akan membuat kesan monoton ke dapat audiens sehingga membuatnya menjadi sedikit merasa bosan. Apalagi jika materi yang anda bawakan banyak dan cukup berat untuk dipahami.

Itulah artikel tentang 11 Cara Membuat Power Point Yang Bagus Dan Keren Dengan Cepat. Semoga apa yang saya bahasa pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa support blog ini dengan cara share dan follow blog ini agar saya bisa lebih semangat membuat artikel menarik lainnya seputar powerpoint slide. Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih telah berkunjung ke www.gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel