Cara Membuat Bagan Di PowerPoint Dengan Mudah

Cara Membuat Bagan Di PowerPoint Dengan Mudah. PowerPoint adalah salah satu media yang banyak digunakan untuk membuat bahan presentasi. PowerPoint berfungsi agar yang ingin dipresentasikan menjadi lebih ringkat, padat dan jelas serta memiliki alur pembahasan yang runut sehingga mudah dimengerti.

Dalam membuat slide presentasi, tidak jarang kita juga membutuhkan sebuah bagan didalamnya. Bagan ini berfungsi sebagai outline atau alur materi presentasi yang ingin dibahas. Tahukah anda bahwa powerpoint memiliki fitur khusus yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bagan dengan mudah dan fleksibel.

Bagaimana cara menambah bagan di PowerPoint?. Apa menu yang digunakan untuk membuat bagan di ppt?. Nah, semua pertanyaan tersebut akan saya bahas di artikel ini. Jadi, jika anda penasaran apa menu untuk membuat bagan dan bagaimana cara membuat bagan di ppt maka simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.


Cara Membuat Bagan Di PowerPoint Dengan Mudah

Tahukah anda bahwa membuat bagan di ppt sangat mudah. Mamun, bagi anda yang baru belajar menggunakan PPT atau belum menyadari bahwa ppt memiliki fitur khusus untuk membuat bagan, maka kali ini akan saya bagi caranya kepada anda.

Saya sendiri baru mengetahui fitur ini setelah sekian lama menggunakan ppt. Karena kebanyakan ppt yang saya buat menggunakan template powerpoint yang di download secara gratis di internet. Sehingga semua bagan dan infografis telah tersedia dalam bentuk template dan siap pakai.

Baca Juga: 3 Cara Agar Power Point Tidak Bisa di Edit

SmartArt adalah sebuah menu yang disediakan oleh microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bagan di PPT, Word, dan Excel. Nah, mungkuin selama ini anda hanya melihat saja menu tersebut tanpa tau apa funsinya. Fungsi SmartArt adalah untuk membuat bagan, caranya simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi PowerPoint.
  2. Arahkan slide kebagian yang ingin anda buat bagan. Jika anda ingin membuatnya di slide baru klik New Slide.
  3. Selanjutnya buat bagan kosong untuk ppt dengan cara klik menu INSERT >> SmartArt.
  4. Setelah klik menu smartart maka akan muncul windows Choose a SmartArt Graphic.
  5. Pilih menu Hierarchy dan pilih model bagan yang anda inginkan dan Klik OK, disini saya hanya memberikan contih saja. Umumnya proses pembuatan bagan di ppt sama.

Cara Membuat Bagan Di PowerPoint Dengan Mudah

  1. Hapus bagian bagan yang tidak anda inginkan dengan cara klik bagian bagan tersebut dan klik delete pada keyboard.
  2. Selanjutnya silahkan isi bagian bagan sesuai kebutuhan anda atau bagan yang ingin anda buat. Yang terpenting adalah perhatikan bagian Type Your Text Here. Type Your Text Here adalah tempat anda mengatur alur dari bagan tersebut.
  3. Selain itu anda juga harus fungsi dari Add Shape. Add Shape adalah menu yang anda gunakan untuk menambah bagan baik itu menambah bagan ke bagian kiri, kanan, dan ke bagian bawah.
  4. Caranya sangat mudah Klik Kanan pada bagian bagan yang ingin anda tambahkan shape. Kemudian klik Add Shape >> pilih (Add shape After, Before, Above, Below atau Asistant).

Cara Membuat Bagan Di PowerPoint

  1. Misalkan saya ingin menambahakan 2 sub-bagan baru dibagian bawah "Komponen Ekosistem". Untuk membuat sub-bagan Komponen Biotik dan Abiotik.
  2. Klik sub bagan Komponen Ekosistem lalu klik kanan dan pilih Add Shape >> Add Asistant.

Add Asistant di Bagan PPT

  1. Maka akan muncul sub-bagan seperti dibawah ini. Kemudian kita bisa menulis judul sub bagan, contohnya Sub Bagan Biotik.

Add Asistant di Bagan PowerPoint

  1. Selanjutnya klik sub-bagan Biotik dan klik kanan lalu Add Shape >> pilih Add shape After. Maka akan muncul sub-bagan baru seperti dibawah ini.

Membuat Bagan di PPT menggunakan Add shape After

  1. Lakukan hal yang sama untuk sub bagan lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Cara membuat bagan di ppt, word dan excel caranya sama saja yaitu menggunakan menu SmartArt. Oleh karena itu, jika anda telah memahami artikel ini maka anda bisa membuat bagan di word, ppt dan excel sekaligus.

Baca Juga: 2 Cara Mengecilkan Ukuran PPT Di HP Android Dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Membuat Bagan Di PowerPoint Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk bantu kami dengan cara share artikel dan follow blog ini agar kami bisa lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang