Apa Perbedaan Antara Fungsi Round Rounddown dan Roundup di Excel

Apa Perbedaan Antara Fungsi Round Rounddown dan Roundup di Excel. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengolah data, karena dilengkapi dengan fungsi matematika yang sangat lengkap. Salah satu fungsi matematika yang ada di excel adalah fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN.

Semua fungsi ROUND ini merupakan fungsi yang diguanakan untuk membulatkan angka desimal atau angka berkoma menjadi beberapa angka dibelakang koma yang kita inginkan. Walaupun sama-sama digunakan untuk membulatkan akan tetapi antara fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN terdapat perbedaan yang sangat mencolok. Apa perbedaan tersebut, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.


Apa Perbedaan Antara Fungsi Round Rounddown dan Roundup di Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Fungsi ROUNDUP dan ROUNDDOWN pada Excel. Selain itu saya juga akan menjelaskan apa perbedaan antara fungsi Round Rounddown dan Roundup di excel. Nah, jika anda pensaran bagaimana penjelasan lengkapnya simak pembahasan selengkpanya dibawah ini.

Apa Perbedaan Antara Fungsi Round Rounddown dan Roundup di Excel

Dari gambar diatas sudah jelas terlihat perbedaan antara  Round, Rounddown dan Roundup di Excel. Namun, untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dan kesimpulan dibawah ini.

Baca Juga: Cara Agar Tulisan Di Excel Tidak Memanjang Ke Samping


Apa itu ROUND?

ROUND() atau pembulatan adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka desimal (angka berkoma) di excel menjadi beberapa angka dibelakang koma. Misalka angka desimal dengan 3 angka dibelakang koma dibulatkan menjadi 1 atau 2 angka dibelakang koma atau bahkan dibulatkan menjadi bilangan bulat atau tak berkoma.

Contoh angka desimal 2,126 ingin dibulatkan menjadi dua angka dibelakang koma menjadi 2,13 maka kita bisa menggunakan fungsi ROUND(2,126;2).

Berikut adalah cara menggunakan rumus ROUND di Excel

  • =ROUND(number;num_digits)
  • =ROUND(number,num_digits)

AWAS ERROR: Baca ini penting! Ada perbedaan dari dua rumus diatas, yaitu rumus pertama menggunakan titik koma (;) dan rumus kedua menggunakan koma saja (,). Perbedaan penggunaan titik koma atau hanya koma saja yaitu pada versi microsoft excel. Jadi anda perhatikan, jika anda menggunakan rumus yang menggunakan titik koma ROUND(…;…) terjadi error maka cobalah untuk menggunakan rumus yang pake koma saja ROUND(…,…).


Penjelasan Rumus ROUND() di Excel

=ROUND(number;num_digits) atau =ROUND(number,num_digits)

Keterangan:

Number adalah nilai yang ingin dibulatkan. Bisa ditulis dalam bentuk angka seperti 2,126 pada contoh ROUND(2,126;2). Atau menggunakan inisial nama CELL. Misalakan nilai 2,126 ada di CELL A2, maka rumus ROUND menjadi ROUND(A2;2).


Apa itu ROUNDUP?

ROUNDUP() adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk membulatkan ketas angka desimal (angka berkoma) di excel menjadi beberapa angka dibelakang koma atau pembulatan ke atas. Jika num_digits bernilai lebih besar dari nol maka angka desimal akan dibulatkan keatas. Berikut adalah rumus di excel.

  • =ROUNDUP(number;num_digits) atau =ROUNDUP(number,num_digits)

Contoh:

Bulatkan angka desimal 2,124 menjadi dua angka dibelakang koma menggunakan fungsi ROUNDUP() di excel. Maka hasilnya adalah:

=ROUNDUP(2,124;2) hasilnya adalah 2,13.

Jika angka 2,124 di CELL A2 maka rumusnya menjadi =ROUNDUP(A2;2) dan hasilnya juga 2,13.

Hal ini dikarenakan num_digits ketiga adalah angka 4 yaitu angka yang lebih besar dari 0. Maka ketika diminta untuk dibulatkan menjadi 2 angka dibelakang koma hasilnya adalah angka didepannya ditambah 1 menjadi 2,13.


Apa itu ROUNDDOWN?

ROUNDDOWS() adalah sebuah fungsi yang dibuat untuk membulatkan ke bawah angka desimal (angka berkoma) di excel. Ini terlihat seperti menghapus angka desimal dibelakang angka yang kita inginkan. Misalkan saja kita ingin angka desimal 2,126 dibulatkan ke bawah menjadi dua angka dibelakang koma hasilanya adalah 2,12. Ini seperti menghapus angka digit ketiga dibelakang koma dan menyisakan angka didepannya, walaupun angka 6 lebih besar dari 5 seperti aturan pembulatan yang umum kita ketahui, fungsi ROUNDDOWNS tidak memperhatikan itu.

  • =ROUNDDOWN(number;num_digits) atau =ROUNDDOWN (number,num_digits)

Contoh:

Bulatkan angka desimal 2,128 menjadi dua angka dibelakang koma menggunakan fungsi ROUNDUP() di excel. Maka hasilnya adalah:

=ROUNDUP(2,128;2) hasilnya adalah 2,12.

Jika angka 2,128 di CELL A2 maka rumusnya menjadi =ROUNDUP(A2;2) dan hasilnya juga 2,12.


Hal ini dikarenakan num_digits ketiga adalah angka 4 yaitu angka yang lebih besar dari 0. Maka ketika diminta untuk dibulatkan menjadi 2 angka dibelakang koma hasilnya adalah angka didepannya ditambah 1 menjadi 2,13.


Kesimpulan

Letak Perbedaan Antara Fungsi Round Rounddown dan Roundup adalah:

  1. ROUND adalah fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka di excel, dimana ketika angka yang ingin dibulatkan sama dengan atau lebih dari 5 maka dibulatkan keatas sedangkan jika kurang dari 5 maka dibulatkan kebawah.
  2. ROUNDUP() adalah fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka desimal ke atas yang ada di excel. Semua angka tepat setelah num_digits jika lebih besar dari 0 maka akan dibulatkan keatas.
  3. ROUNDDOWN() adalah fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka desimal ke bawah yang ada di excel. Semua angka tepat setelah num_digits akan dihapus atau dibulatkan ke bawah.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan ke Bawah di Excel dengan Mudah

Itulah artikel tentang Apa Perbedaan Antara Fungsi Round Rounddown dan Roundup di Excel. Semoga cara saya menjelaskan ini dapat dengan mudah untuk dimengerti. Maka dari itu, jika artikel ini menurut anda bermanfaat maka share artikel ini kepada teman-teman anda yang ingin belajar fungsi pembulatan di excel. Selain itu, mohon bantuan keikhlasan anda untuk bantu saya dengan cara follow blog ini agar saya bisa lebih semangat membuat artikel bermanfaat lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang