Cara Mencari Akar Persamaan Kuadrat Di Excel Otomatis

Cara Mencari Akar Persamaan Kuadrat Di Excel. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah data matematik, hal ini karena Excel menyediakan banyak sekali fungsi dan operasi matematika yang dapat anda gunakan dengan sangat mudah. Oleh karena itu, bukan hal yang sulit untuk menyelesaikan persamaan kuadrat menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Sebelum mulai menggunakan Excel untuk menyelesaikan persamaan kuadrat. Maka ada baiknya kita terlebih dahulu memahami persamaan umum yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat.

Rumus ABC ada rumus yang sangat populer digunakan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cepat dan mudah. Dengan memahami rumus ABC maka kita bisa membuat rumus tersebut di Excel.

Karena operasi yang digunakan untuk solusi persamaan kuadrat hanya penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan dan juga rumus akar. Berikut ini adalah Rumus ABC yang akan kita gunakan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat di Excel. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mencari Akar Persamaan Kuadrat Di Excel

Cara mencari akar-akar persamaan kuadrat di Excel sangat mudah dan simpel. Hal ini karena Excel bisa melakukan operasi perhitungan matematis baik yang operasi dasar hingga operasi fungsi dapat diselesaikan dengan sangat mudah. Namun, sebelum menyelesaikan persamaan kuadrat di Excel maka anda harus tahu terlebih dahulu apa saja operasi rumus atau fungsi penting yang akan digunakan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat di excel.

  • Fungsi IF adalah fungsi logika yang digunakan untuk menentukan apakah nilai Diskriminan D lebih besar, lebih kecil atau sama dengan nol. Jika lebih kecil dari nol, maka saya menggunakan fungsi kompleks untuk menyelesaikan persamaan kuadrat karena menghasilkan akan bilangan kompleks.
  • Fungsi COMPLEX adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat yang nilai D < 0 atau menghasilkan akar bilangan kompleks.
  • Fungsi SQRT adalah sebuah fungsi yang menyatakan akar dari sebuah nilai di excel. Misalnya SQRT(4) maka maksudnya adalah akar dari 4, fungsi SQRT akan menghasilkan 2 sebagai hasil dari akar 4.
  • Fungsi ROUND digunakan untuk membatasi digit bilangan desimal dibelakang koma. Misalnya ROUND(3,333333;2) maka artinya kita membatasi excel untuk menampilkan angka batas dua angka dibelakang koma, maka hasilnya adalah 3,33.
  • Fungsi VALUE, saya gunakan untuk mengubah sebuah teks menjadi angka. Tujuannya adalah agar saya bisa mengambil secara otomatis nilai tertentu pada persamaan yang saya tulis di cell A1 seperti pada gambar di langkah 1 dibawah ini.
  • Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter yang ada di tengah-tengah teks. Tujuannya adalah untuk mengambil nilai b di persamaan kuadrat.
  • Fungsi FIND digunakan untuk mencari letak posisi karakter variabel x dengan tujuan sebelum variabel tersebut ada sebuah nilai a atau b. Sehingga dengan kombinasi fungsi VALUE, MID dan FIND maka saya bisa mendapatkan nilai a maupun B.

Setelah mengetahui semua fungsi yang akan kita gunakan dalam menyelesaikan persamaan kuadrat di excel maka silahkan baca beberapa aturan dibawah ini untuk memahami penggunaan rumus excel dibawah.

Catatan: Baca terlebih dahulu.

Jika ingin menggunakan rumus dibawah ini maka silahkan ikuti beberapa aturan dibawah ini.

  • Persamaan harus ditulis di Cell A1 seperti berikut: ax2 + bx + c = 0. Hal ini karena referensi persamaan pada rumus dibawah ini adalah pada Cell A1. Jika anda ingin menaruh persamaan di Cell lain maka ganti nama Cell A1 dengan Cell tempat anda menyimpan persamaan.
  • Nilai a harus positif. Jika A bernilai negatif, maka kalikan persamaan tersebut dengan negatif agar a bernilai negatif. Contoh -2x2 + 6x + 5 = 0. Ketika dijalankan kedua ruas dengan negatif hasilnya adalah 2x2 - 6x -5 = 0.
  • Jika rumus dibawah ini error maka maka ada kemungkinan pemisah antar variabel atau delimeter pada fungsi anda bukan titik koma, melainkan koma. Maka ubah delimeter fungsi dari titik koma menjadi koma.

    Contoh:

    =IF(D3<0;COMPLEX(-B3/(2*A3);ROUND(SQRT(-D3)/(2*A3);2));ROUND((-B3+SQRT(D3))/(2*A3);2))

    di ubah menjadi:

    =IF(D3<0,COMPLEX(-B3/(2*A3),ROUND(SQRT(-D3)/(2*A3),2)),ROUND((-B3+SQRT(D3))/(2*A3),2))


Cara Menyelesaikan Akar Persamaan Kuadrat Di Excel Otomatis

Setelah memahami syarat diatas maka anda bisa mulai menggunakan rumus penyelesaian persamaan kuadrat di Excel berikut ini.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Excel dan buat tabel seperti pada gambar dibawah ini untuk menaruh nilai a,b,c dan nilai Diskriminan serta nilai X1 & X2.

    Cara Mencari Akar Persamaan Kuadrat Di Excel

  2. Langkah selanjutnya silahkan isi rumus dibawah ini pada setiap kolom yang telah disediakan.

  3. Tuliskan rumus berikut ini dibawah kolom a.

    =VALUE(IF(FIND("x";A1)=1;1;IF(FIND("x";A1)=2;LEFT(A1;1);IF(FIND("x";A1)=3;LEFT(A1;2)))))

  4. Tuliskan rumus berikut ini dibawah kolom b.

    =VALUE(MID(A1;FIND("x ";A1)-4;4))

  5. Tulis rumus berikut ini dibawah kolom c.

    =VALUE(MID(A1;FIND("=";A1)-5;5))

    Baca: Jika nilai a, b dan c error atau tidak menunjukkan angka yang tepat maka silahkan masukkan nilai a, b dan c secara manual tanpa menggunakan rumus diatas, masukkan saja secara manual.

    Sebagai contoh: x^2 - 6x + 5 = 0 maka a = 1, b = -6 dan c - 5.

  6. Tulis rumus berikut ini dibawah kolom d.

    =(B3^2)-4*A3*C3

  7. Tulis rumus berikut ini dibawah kolom X1.

    =IF(D3<0;COMPLEX(-B3/(2*A3);ROUND(SQRT(-D3)/(2*A3);2));ROUND((-B3+SQRT(D3))/(2*A3);2))

    Fungsi COMPLEX digunakan karena ada kemungkinan akar-akar persamaannya adalah bilangan imajiner atau bilangan kompleks. Hal ini dikarenakan nilai D < 0.

  8. Tulis rumus berikut ini dibawah kolom X1 baris ke dua atau cell E4.

    =IF(D3<0;"Kompleks";IF(E3<0;"X + " & ROUND(-E3;2);"X - " & ROUND(E3;2)) & " = 0")

  9. Tulis rumus berikut ini dibawah kolom X2.

    =IF(D3<0;COMPLEX(-B3/(2*A3);ROUND(-SQRT(-D3)/(2*A3);2));ROUND((-B3-SQRT(D3))/(2*A3);2))

  10. Tulis rumus berikut ini dibawah kolom X2 baris ke dua atau cell F4.

    =IF(D3<0;"Kompleks";IF(F3<0;"X + " & ROUND(-F3;2);"X - " & ROUND(F3;2)) & " = 0")

Itulah artikel tentang Cara Mencari Akar Persamaan Kuadrat Di Excel. Semoga apa yang saya bahas pada artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Mohon bantuannya untuk share artikel ini, agar saya lebih semangat membuat artikel bermanfaat lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel