Cara Mengubah EXCEL Ke PDF Tanpa Terpotong Dengan Cepat

Cara Mengubah EXCEL Ke PDF Tanpa Terpotong Dengan Cepat. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi terbaik yang digunakan untuk mengolah data. Setelah data tersebut jadi, kita terkadang diminta untuk membuat pelaporan mengenai data tersebut dan dikumpulkan dengan format laporan pdf atau word. Sehingga kita diminta untuk mengubah format file Excel menjadi PDF.

Mengubah file Excel ke PDF sangat mudah dilakukan. Kali ini saya akan membahas melalui artikel ini. Disini kita akan mengubah file Excel menjadi PDF tanpa terpotong dan menjadi rapi.

Tujuan mengubah file Excel ke PDF tidak saja untuk membuat draf pelaporan, melainkan agar mudah untuk di print. Namun tahukah anda bahwa kita juga bisa print Excel tanpa harus takut terpotong.

Hal ini telah saya jelaskan pada artikel yang berjudul Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong Menggunakan Page Break dan Set Print Area. Anda juga bisa mengikuti cara tersebut jika anda hanya ingin print laporan Excel.

Namun jika anda diminta untuk mengumpulkan laporan Excel dalam bentuk PDF, maka silahkan ikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan dibawah ini.


Cara Mengubah EXCEL Ke PDF Tanpa Terpotong Dengan Cepat

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara convert Excel ke PDF tanpa menggunakan aplikasi dan dapat dilakukan melalui hp. Nah, kali ini saya juga akan membahas hal yang sama, namun bedanya adalah kali ini saya menggunakan aplikasi Microsoft Excel itu sendiri untuk mengubah dari Excel ke PDF agar tidak terpotong dan menjadi rapi dengan cepat. Jika anda penasaran bagaimana caranya, silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka file Excel anda.
  2. Blok seluruh data yang ingin anda convert ke PDF.
  3. Klik Klik Menu Page Layout >> Klik Page Setup seperti pada gambar dibawah ini

    Menu Page Layout di Excel

  4. Pilih orientasi kertas anda. Seperti Portrait untuk memanjang secara vertikal atau Landscape untuk memanjang ke samping atau horizontal. Sesuaikan dengan model kertas anda.
  5. Pada Bagian Scaling >> Pilih Fit To.
  6. Jika anda ingin convert ke PDF hanya 1 Halaman tanpa terpotong silahkan isi Pada bagian Page Wide dan Tall isi dengan 1.
  7. Ubah ukuran kertas sesuai keinginan anda, misalnya A4.

    Page Setup di Excel

  8. Jika sekiranya data excel terlalu panjang ke bawah atau ke samping, maka anda bisa membaginya menjadi beberapa halaman dengan mengaturnya pada Bagian Scaling di Page Wide dan Tall.
  9. Page Wide digunakan untuk membagi lebar halaman menjadi 1, 2, 3 dan seterusnya sesuai yang anda inginkan. Tall digunakan untuk membagi panjang halaman menjadi 1,2,3 dan seterusnya.

Itulah artikel tentang Cara Mengubah EXCEL Ke PDF Tanpa Terpotong Dengan Cepat. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tahu bagaimana cara mengconvert Excel menjadi PDF dengan mudah. Jika anda ingin mengetahui lebih tenang dasar dasar penggunaan Excel silahkan klik menu Microsoft Excel di menu bagian atas blog ini. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya ke www.gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang