Cara Mengubah Excel ke PDF Gratis Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Excel ke PDF Gratis Tanpa Aplikasi. Excel dan PDF adalah salah satu jenis file dokumen namun memiliki perbedaan dalam fungsi. Excel adalah file dokuken yang berfungsi untuk mengolah data dan menvisualisasikannya dalam bentuk gratis.

Sedangkan file PDF adalah file dokumen yang berfungsi menyimpan dokumen seperti text, gambar, dan link dengan menggunakan format khusus. File Excel dan PDF sangat penting untuk zaman sekarang karena ada banyak sekali dokumen yang harus diarsip menggunakan format pdf dan dioleh menggunakan aplikasi microsoft excel.

Salah satu kelebihan File PDF adalah mudah dibuka pada aplikasi pdf reader apa saja. Selain itu file PDF juga sangat cepat ketika dibuka. Berbeda dengan format dokumen lainnya seperti word dan excel yang sangat berat dan lambat loading ketika dibuak. Terlebih lagi jika ukuran file tersebut sangat besar dan jumlah halaman sangat banyak.

Selain itu, file dengan Format PDF akan lebih mudah untuk dicetak. Karena file, ukuran dan format PDF memang sudah di set siap untuk diprint dengan ukura kerta yang editable. Berbeda dengan file dokumen excel, anda harus atur terlebih dahulu sebelum print karena tidak jarang hasil print excel akan terpotong jika tidak diperhatikan.

Terkadang juga kita diminta untuk mengirim file hasil olahan excel dalam bentuk PDF. Tentu ini akan sangat merepotkan jika anda tidak tau caranya atau sedang tidak ada laptop saat ini. Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk mengubah file Excel menjadi PDF dengan mudah. Anda tidak membutuhkan laptop untuk convert file excel tersebut. Anda bisa melakukannya hanya dari HP. Nah, bagaimana caranya? Siman pembahasan berikut ini.


Cara Mengubah Excel ke PDF Gratis Tanpa Aplikasi

Untuk mengubah format file excel ke pdf sangat mudah. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskannya kepada anda. Salah satu cara untuk mengubah file Excel to PDF adalah secara online, yaitu dengan memanfaatkan website penyedia layanan convert excel to pdf secara gratis. Ada banyak sekali website yang dapat anda gunakan.

Namun, kali ini saya lebih menggunakan website ilovepdf.com, hal ini dikarenkan website ini sangat bagus, ringan dan memberikan hasil convert yang memuaskan. Selain itu juga terdapat banyak sekali fitur converter yang dapat anda gunakan. Seperti fitur convert pdf ke word, pdf ke jpg dan masih banyak lagi. Nah, jika anda sudah penasaran dengan cara convert excel ke PDF maka anda bisa simak pembahasan berikut ini:

  1. Langkah pertama anda bisa membuka website: www.ilovepdf.com/excel_to_pdf
  2. Klik Select Excel File dan cari file Excel yang ingin anda convert atau ubah ke PDF.
  3. Tunggu hingga proses convert selesai.
  4. Jika proses convert selesai, maka file hasil convert akan secara otomatis terdownload.
  5. Klik download, jika file PDF tidak terdownload secara otomatis.

Cara Mengubah Excel ke PDF Gratis Tanpa Aplikasi


Cara Convert Excel ke PDF dengan Save As

Jika anda menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2013 dan 2016 maka anda bisa convert file excel ke PDF dengan mudah. Karena aplikasi Microsoft Excel 2013 ke atas sudah dilengkapi dengan beberapa type file yang dapat anda pilih ketika save dokumen. Salah satu type file yang ada pada MS Excel 2013 adalah type file PDF, TXT, XML dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda menconvert file Excel yang sudah jadi ke PDF. Bagaimana caranya, simak step by step berikut ini.

  1. Langkah pertama buka file Microsoft Excel yang ingin di Conver ke PDF di Laptop anda.
  2. Klik File >> Save As atau anda bisa klik CTRL + SHIFT + S pada keyboard.
  3. Pilih type file menjadi PDF.
  4. Pilih lokasi tempate penyimpanan file hasil convert nantinya.
  5. Klik Save maka secara otomatis excel akan mengconvert file Excel ke PDF.

Cara Convert Excel ke PDF

Itulah artikel tentang Cara Mengubah Excel ke PDF Gratis Tanpa Aplikasi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Bantu untuk share artikel ini ke media sosail dan teman-teman anda. Agar mereka juga tau bagaimana cara mengubah file dokumen Excel ke PDF secara gratis. Follow Blog ini untuk terus mendukung kami agar lebih semangat lagi dalam membuat artikel kedepannya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel