Download Laporan Keuangan Harian Excel Sederhana dan Siap Pakai

Download Laporan Keuangan Harian Excel Sederhana dan Siap Pakai. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengolah laporan keuangan. Hal ini karena excel memiliki banyak rumus dan fungsi matematik yang mempermudah menghitung aliran kas masuk dan keluar. Namun, tidak semua orang mengetahui rumus untuk menghitung aliran kas laporan keuangan di excel.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat laporan keuangan di excel secara sederhana dan mudah namun banyak manfaat. Karena dengan tutorial kali ini maka anda bisa mengetahui aliran data kegiatan anda serta memantau apakah pengeluaran yang dikeluarkan sudah sesuai dengan anggaran dan rencana yang telah ditentukan. Nah, jika anda penasaran cara buat laporan keuangan di excel secara sederhana, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Download Laporan Keuangan Harian Excel Sederhana dan Siap Pakai

Pada artikel ini ada dua sub pokok yang akan saya bahas, yaitu bagaimana cara membuat laporan keuangan di excel dan yang kedua adalah link download contoh laporan keuangan di excel. Nah, jika anda ingin memahami bagaimana konsep pembuatan laporan keuangan di excel maka simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.


1. Cara Membuat Laporan Keuangan Harian Excel

Dalam membuat laporan keuangan di excel saya menggunakan beberapa operasi matematika dan fungsi yang telah tersedia di excel. Diantaranya adalah fungsi IF, AND dan juga operasi penjumlahan dan pengurangan.

Fungsi IF digunakan untuk melihat apakah pada tanggal tertentu di kolom debet dan kredit apakah keduanya kosong atau tidak. Jika kosong maka saldo akhir hasilnya kosong atau tidak ada pencatatan baru, sehingga saldo akhir bisa dilihat pada tanggal pencatatan sebelumnya atau yang terakhir di update.

Fungsi AND digunakan sebagai logika AND dimana ketika kedua buah syarat terpenuhi maka hasilnya akan benar. Berikut ini adalah penerapan fungsi IF, AND, penjumlahan dan pengurangan dalam menghitung aliran kas laporan keuangan di excel.

  1. Langkah pertama silahkan buatkan judul kolom yang diperlukan seperti, kolom Tanggal, Keterangan, Debet, Kredit dan Sisa Saldo seperti pada gambar dibawah ini.
  2. Dimana, debet adalah arus kas masuk atau pemasukan dan kredit adalah arus kas keluar atau pengeluaran.
  3. Pada baris pencatatan arus kas pertama pada tanggal 1 september 2022 sebesar 5 Juta rupiah, dimana tidak ada pengeluaran. Maka untuk rumus Saldo Akhir Pada Tanggal Tersebut tepatnya di Cell F6 adalah D6-E6 maka hasilnya saldo akhir sama dengan saldo debet yang masuk yaitu 5 juta. 
  4. Untuk baris kedua rumus Saldo Akhir agar berbeda, karena kita harus menjumlahkan antara saldo sisa dan saldo masuk yang kemudian akan dikurangi dengan saldo sisa.
  5. Maka rumus Saldo Akhir di E7 adalah F6+D7-E7, kemudian sedikit dimodifikasi menjadi =IF(AND(D7="";E7="");"";F6+D7-E7). Hal ini bertujuan, jika tidak ada saldo masuk atau keluar maka saldo akhir akan tetap kosong.
  6. Kemudian Copy rumus Saldo Akhir di E7 hingga Cell terakhir dengan cara klik Cell E7 dan tarik ujung kanan bawah kearah bawah, maka secara otomatis excel akan mengcopy rumus tersebut di cell berikutnya sesuai dengan pola rumus.

Download Laporan Keuangan Harian Excel Sederhana dan Siap Pakai

Begitulah cara membuat laporan keuangan harian di excel secara sederhana. Yang paling penting adalah rumus pada langkah ke 3 dan 5 diatas. Karena rumus itu yang akan secara otomatis menghitung sisa saldo akhir saat ada pemasukan atau pengeluaran yang anda input. Nah, jika anda tidak ingin repot-repot membuatnya, maka anda bisa download melalui link dibawah ini.


2. Download Laporan Keuangan Harian

Sebelum anda download contoh laporan keuangan harian, maka ada baiknya anda memahami langkah-langkah cara membuatnya diatas. Hal ini bertujuan agar anda bisa lebih mudah memahami alur laporan keuangan menggunakan rumus excel sederhana. Jika anda sudah memahaminya maka anda bisa download filenya melalui link dibawah ini. Download Laporan Keuangan Harian

Itulah artikel tentang Download Laporan Keuangan Harian Excel Sederhana dan Siap Pakai. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel