Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Broken Link atau Link Mati adalah sebuah keadaan dimana Link tidak dapat di akses atau telah Error. Hal ini terjadi karena beberapa alasan. Yang pertama adalah kemungkinan Anda salah menuliskan URL dari sebuah halaman sehingga Google akan mendeteksi alamat tersebut salah atau tidak ada. Penyebab lain adalah ketika Link tersebut mengarah pada sebuah Website dan Website tersebut telah di hapus maka akan menyebabkan Link Error. Sehingga Anda perlu hati-hati dalam menanam sebuah Link di blog. Pastikan Link tersebut telah benar, baik dari sumber ataupun penulisan Link.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jumlah BACKLINK Blog Kita Dan Orang Lain Dengan Mudah
Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Apa Yang Terjadi Ketika Ada Link Mati pada Blog atau artikel Anda? Hal yang pertama terjadi adalah akan ada halaman Error pada blog Anda. Ketika hal ini tidak segera Anda atasi maka akan berakibat fatal. Akan terjadinya penurunan Rank Alexa atau peringkat Website Anda di Google. Karena Google mendeteksi bahwa Website Anda kurang sehat. Nah ketika terjadinya penurunan Rank maka sudah tentu akan menurunkan Visitor Blog Anda. Selain itu juga ketika pengunjung mengunjungi blog Anda dan berharap akan menemukan artikel Anda, namun karena error maka halaman tidak dapat di akses. Hal ini mengakibatkan pengunjung akan memberikan nilai negatif pada blog Anda. Dan lebih parah lagi ia tidak akan datang kembali.

Bagaimana Cara Cek Link mengetahui Link Eksternal dan Internal Blog ataupun artikel kita yang telah mati atau Broken Link. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Cara manualnya adalah Anda mengecek satu-persatu artikel. Namun cara ini tidak efektif ketika artikel Anda telah mencapai Ratusan dan bahkan Ribuan. Nah, cara yang lebih efektif adalah menggunakan sebuah layanan yang dapat mengecek Link Website Anda secara Gratis. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara mengecek Link yang mati dengan cepat dan mudah serta cara memperbaikinya. Kali ini saya menggunakan layanan sebuah Website yang memberikan fasilitas pengecekan Link secara gratis yaitu brokenlinkcheck.com. Caranya cukup mudah. Perhatikan penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Cara Mematikan Link Aktif Otomatis atau Auto Active pada Artikel


Cara Mengecek Dan Memperbaiki Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati


Cara Cek Link Mati (Broken Link)


Langkah 1 : Masuk Ke Halaman Situs Penyedia Layanan Cek Link Mati seperti situs https://www.brokenlinkcheck.com/

Langkah 2 : Setelah Anda dibawa ke halaman Home Broken Link Online langkah selanjutnya adalah cari kotak “Free Check for broken links” kemudian memasukkan Alamat Blog atau Website Anda. Di sini saya menggunakan blog uji coba yang saya miliki untuk bereksperimen. Karena Blog Saya gammafisblog.com telah memperbaiki semua Link Mati.

Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Langkah 3 : Setelah masukkan alamat blog kemudian klik “Find broken links” Untuk menemukan Link yang sudah tidak Aktif pada situs Anda.

Langkah 4 : Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman “Security code”. Masukkan kode sesuai yang tertulis. Kemudian Pilih “Report all occurrences of each dead link (may be slower)” untuk mengecek semua Link blog Anda. Setelah selesai klik “Find broken links now !”

Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Langkah 5 : Tunggu hingga proses cek selesai. Ketika Link Blog Anda hidup semua maka akan ada informasi “0 Broken Link”. Namun jika ada Link Mati maka akan muncul data seperti pada gambar berikut.

Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Pada gambar di atas terlihat bahwa ada 3 Halaman Web yang di proses dan ditemukan 10 Link Mati. Nah untuk memperbaiki Link Mati tersebut caranya sangat Mudah. Perhatikan Langkah-langkah berikut ini

Baca Juga : Cara Mengetahui Kode Warna HTML Blog Orang Lain Dan Gambar


Cara Memperbaiki Link Mati (Broken Link)


Langkah 1 : Klik SCR pada salah satu Link yang ingin kita perbaiki terlebih dahulu. Misalkan saya mengambil Link No.3 pada Langkah 5 di atas, karena Link tersebut adalah Link sebuah artikel. Setelah Anda mengeklik SCR maka Anda akan dibawa ke sebuah halaman yang menginformasikan Link yang Mati dan Lokasi Link Tersebut.

Langkah 2 : Link yang mati akan di blog warna merah muda oleh Broken Link. Copy Link tersebut dan simpan di Notepad.

Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Langkah 3 : Setelah Link berhasil di Copy selanjutnya secrol ke atas halaman SCR.Brokenlink akan ada URL atau informasi mengenai Lokasi Link yang mati. Terlihat bahwa Link yang mati tersebut berada di halaman artikel “http://ekspedisiedu.blogspot.com/2017/09/download-laporan-elektronika-dasar_21.html”

Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Langkah 4 : Cari artikel tersebut dan perbaiki Link yang mati. Untuk mempermudah Anda bisa menggunakan CTRL + F pada mode HTML artikel dan Paste Link Mati yang telah Anda simpan di notepad

Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati

Langkah 5 : Setelah Berhasil ditemukan. Langkah selanjutnya hapus atau perbaiki Link tersebut.

Langkah 6 : lakukan hal yang sama pada 9 Link lainnya. Tidak jarang Link yang mati juga terdapat pada template. Jadi anda yang lebih paham tentang template blog anda. Silahkan cari dan temukan.

Langkah 7 : Setelah semua di perbaiki. Coba lakukan pengecekan ulang agar kita yakin bahwa semua Link benar-benar telah berhasil di aktifkan.

Langkah 8 : Selesai.

Baca Juga : 7 Tips Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Itulah artikel tentang Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati. Cara ini terbilang sangat mudah dan terbukti berhasil. Saya sendiri sering sekali melakukan hal ini paling tidak saya rutin lakukan pengecekan minimal satu kali dalam sebulan. Dengan memperbaiki Link tersebut maka situs kita akan terlihat sehat dan mudah untuk di SERP. Silahkan Anda mencoba cara ini siapa tahu setelah sekian lama tidak cek, ada banyak Link Anda yang telah tidak aktif atau Mati. Oke, akhir kata. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di artikel-artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengecek Link Artikel Yang Sudah Tidak Aktif (Broken Link) Atau Telah Mati"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel