Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri dan Mudah Untuk Dipelajari

Gammafisblog.com – Di era modern seperti saat ini, HP android merupakan salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Semua hal dapat dilakukan dengan hanya menggunakan HP Android, seperti Berbisnis Online, memesan ojek, makanan, bayar listrik, beli pulsa, pesan tiket pesawat secara Online tanpa repot-repot dan masih banyak lagi. Semua hal ini terwujud tentunya tidak terlepas dari campur tangan para developer atau para pengembang aplikasi android. Tentu saja tujuan dari semua itu adalah untuk memudahkan urusan manusia.
Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri

Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri maka kita memerlukan sebuah alat (tools) yang memungkinkan kita dapat mengembangkan perangkat lunak yang dapat dijalankan pada sistem OS Android. Ada banyak sekali Tools yang dikembangkan, mulai dari tools pembuat aplikasi android menggunakan tanpa coding sampai dengan tools yang membutuhkan coding. Salah satu Software terkenal yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi android adalah Android studio. Namun Software ini membutuhkan laptop dengan spesifikasi dan ram yang sangat besar. Hal ini dikarenakan ukuran file mencapai 1 GB lebih.


Namun Anda tidak perlu khawatir. Masih banyak aplikasi IDE yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi android dengan ukuran ringan dan tidak membutuhkan RAM yang besar, seperti aplikasi Eclipse. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android. Berikut adalah aplikasinya :

Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri


#1 MIT App Inventor


Membuat Aplikasi Android Menggunakan App Inventor

MIT App Inventor adalah sebuah aplikasi yang di akses memalui sebuah halaman Website dan dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis android. Pada awalnya App Inventor merupakan aplikasi web yang dikembangkan oleh Google namun saat ini telah dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Karena MIT App Inventor merupakan aplikasi Web maka Anda tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi ini. Yang perlu Anda dilakukan adalah cukup dengan membuat akun pada Website tersebut. App Inventor menggunakan sistem grafis yang memungkinkan pengguna hanya cukup men-drag-and-drop objek visual untuk membuat aplikasi android. Dengan demikian App Investor merupakan sebuah IDE yang dapat Anda gunakan tanpa membutuhkan coding.

#2 Xcode


Membuat Aplikasi Android Menggunakan XCode

Xcode adalah sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dapat Anda gunakan untuk membuat Aplikasi android. Xcode merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Apple dan di rilis pertama kali pada tahun 2003. Xcode dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat lunak dari macOS, iOS, watchOS, dan tvOS. Yang menarik dari Xcode adalah mendukung banyak sekali bahasa pemrograman seperti bahasa pemrograman C, C ++, Objective-C, Objective-C ++, Java, AppleScript, Python, Ruby, ResEdit (Rez), dan Swift. Dengan banyaknya dukungan bahasa pemrograman sehingga para Pengembang dapat membuat aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman yang ia suka dan mudah untuk di pelajari. Selain itu, Xcode memberikan tampilan yang sederhana dan membuat penggunanya mudah untuk memahami cara penggunaannya. Nah, bagi Anda yang ingin dan tertarik menggunakan Xcode Anda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis melalui situs resmi Xcode.


#3 Eclipse


Membuat Aplikasi Android Menggunakan Eclipse

Nah, mungkin bagi kebanyakan developer telah akrab dengan aplikasi yang satu ini. Ya, Eclipse adalah Salah satu IDE yang dapat digunakan untuk membuat prangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform. Adapun target dari Sistem Operasi (OS) Eclipse adalah dapat dijalankan pada sistem OS Windows, Linux, AIX, Solaris, HP-UX dan Mac OS X. Selain itu Eclipse juga dikembangkan dengan kemampuan Multi-Language yang memungkinkannya dapat mendukung banyak bahasa pemrograman seperti Jawa, C/C++, Cobol, Python, PHP, Pelrl dan lain sebagainya. Eclipse juga memiliki kempauan Multi-Role, hal ini membuat Eclipse tidak hanya sebatas IDE untuk membuat sebuah perangkat lunak. Eclipse juga dapat digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya. Nah, jika Anda ingin menggunakan Aplikasi Eclipse dalam membuat sebuah aplikasi Android maka ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan seperti Android SDK atau ADT Bundle. Silahkan download Eclipse pada situs resmi dan instal eclipse seperti biasa.

#4 NetBeans


Membuat Aplikasi Android Menggunakan NetBeans

Jika Anda berniat belajar membuat sebuah aplikasi android maka NetBeans merupakan salah satu IDE yang dapat Anda gunakan. NetBeans juga mendukung banyak sekali bahasa pemrograman seperti Java, PHP, C/C++ dan HTML5. NetBeans memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar sehingga membuat aplikasi ini cukup ringan ketika dijalankan. Karena NetBeans memiliki kemampuan cross-platform sehingga membuat Aplikasi yang dibuat di NetBeans akan dapat berjalan pada berbagai sistem OS seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya.


Itulah artikel tentang Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin membuat aplikasi android namun spesifikasi laptop dan RAM Anda kecil maka Anda dapat mencoba Software Xcode, Eclipse dan NetBeans. Sedangkan jika Anda tidak ingin mengistal aplikasi pada laptop Anda maka Anda pada menggunakan Website MIT App Inventor. Selain itu dengan MIT App Inventor maka Anda tidak membutuhkan coding dalam membuat aplikasi. Anda hanya melakukan men-drag-and-drop objek yang Anda butuh kan. Karena App Inventor merupakan Aplikasi IDE berbasis grafis. Mungkin itu saja penjelasan saya kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri dan Mudah Untuk Dipelajari"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel