FREE - 4 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android Sendiri Dengan Mudah

FREE - 4 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android Sendiri Dengan Mudah

Gammafisblog.com - Game Android merupakan salah satu Game yang paling banyak penggemar saat ini. Baik  itu Game android Offline maupun Online. Hal ini membuat para developer Game terus berusaha untuk membuat Game-Game baru yang lebih menarik. Bukan hanya para developer berpengalaman yang berlomba-lomba membuat Game namun para pemula juga berusaha terus belajar dalam Membuat Game Android. Untuk membuat Game Android maka Anda membutuhkan sebuah Software pembuat Game. Ada banyak sekali Software yang ditawarkan. Baik itu Software gratis ataupun berbayar. Nah, karena itulah Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu tentang Software terbaik apa saja yang pas untuk Anda gunakan.

Baca Juga : Software Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android Sendiri dan Mudah Untuk Dipelajari
4 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android

Pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi informasi kepada Anda tentang Aplikasi Pembuat Game Android. Aplikasi yang akan saya sebutkan ada 4 aplikasi yang mana setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu tingkat kesulitannya juga berbeda-beda. Nah, maka dari itu pilihlah salah satu dari keempat aplikasi berikut ini yang cocok untuk Anda. ke-4 aplikasi ini juga bukan hanya dapat membuat Game yang dapat berjalan pada Android. Akan tetapi dapat juga dijalankan pada sistem operasi seperti Windows, Linuk, MacOs, PS dan masih banyak lagi atau bisa dibilang aplikasi ini berkemampuan Multi-Platform. Ini semua tergantung dari apa tujuan Game Anda nantinya. Baik, untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai dengan aplikasi yang pertama.

4 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android Sendiri Dengan Mudah


1# GameMaker Studio 2


Aplikasi Membuat Game Android - GameMaker Studio 2

GameMaker Studio 2 adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat Game berbasis android. Game Maker telah banyak digunakan oleh banyak Game developer di seluruh dunia. Selain itu telah banyak juga Game yang dibuah menggunakan aplikasi yang satu ini, contohnya Game The Swords Of Ditto, Hyper Light Drifter, Nidhogg 2, Undertale dan masih banyak lagi. Game Maker memungkinkan setiap Game yang dibuat dapat dijalankan pada banyak platform atau Multi-platform seperti dapat dijalankan pada platform Android, iOS, HTML5, PS4, Xbox One, Windows Desktop, OS X, Ubuntu dan Windows UWP. Yang menarik lagi dari GameMaker adalah terdapat dua pilihan dalam gaya tampilan yaitu gaya terang dan gelap hal ini tentunya disesuaikan dengan keinginan Anda. selain itu terdapat dua pilihan dalam gaya membuat Game, yaitu gaya “Drag & Drop” dan gaya “GameMaker Language”. Gaya “Drag & Drop” artinya Anda membuat Game tanpa menggunakan Codding, yang artinya Anda hanya menggunakan Icon, Gambar ataupun karakter dalam proses pembuatan Game. Untuk gaya “GameMaker Language” maka Anda bisa membuat Game menggunakan bahasa pemrograman GameMaker yang sintaknya mirip dengan bahasa C. Nah jika Anda tertarik dengan aplikasi ini maka silahkan Anda dapat mengunjungi situs resmi Game Maker yaitu “www.yoyogames.com/gamemaker” dan Anda terlebih dahulu membuat akun untuk bisa mendownload aplikasinya dalam versi gratis (FREE)

2# Unity  (Download di : store.unity.com)


Aplikasi Membuat Game Android - Unity 2D dan 3D

Bagi sebagian developer, Unity bukan hal yang baru lagi dua dunia Game Developer. Unity merupakan salah satu Software terbaik untuk membuat Game. Pada awalnya Unity adalah Software 3D engine yang hanya mendukung tampilan Game 3D. Namun pada tahun 2013 Unity telah menambahkan dukungan terhadap tampilan Game 2D. Hal ini tentu akan sangat menarik sekali bagi para Game Developer. Unity adalah sebuah Software pembuat Game berbasis Objek. Yang mana setiap objek yang ada dalam Game tersebut dapat Anda kontrol sesuai dengan keinginan atau program yang dibuat. Untuk dapat memanfaatkan Unity secara maksimal maka Anda harus belajar atau memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman C#. Kabar baiknya bagi Anda adalah Unity telah digunakan oleh kebanyakan developer Game. Sehingga Anda akan dengan mudah menemukan tutorial Unity di Youtube tentang dasar-dasar penggunaan. Hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk menguasainya dengan mudah.

3# Godot Engine (Download di : godotengine.org)


Aplikasi Membuat Game Android - Godot Engine

Sama halnya dengan Unity, Godot Engine juga mendukung Game 2D dan 3D. Namun, disisi lain Godot memiliki kemampuan yang jauh lebih baik. Game dengan tampilan 2D telah dirancang dengan cermat dari awal sehingga dapat memberikan kinerja (hasil) yang baik untuk Game. Selain itu, tampilan 2D dan 3D yang telah dirancang dari awal membuat kesalahan seperti bug pada Game akan lebih sedikit. Pendekatan Godot terhadap tampilan Game terbilang cukup unik. Hal ini dikarenakan semua bagian dari Game akan dibagi menjadi “scene”. Yang dimaksud dengan scene adalah kumpulan elemen seperti sprites, suara, atau skrip. Menjadi bagian yang terpisah. Nah kemudian Anda dapat menggabungkan keseluruhan scene menjadi sebuah Game yang utuh. Dengan demikian akan sangat mudah bagi Anda untuk mengupdate bagian tertentu tanpa harus mengompilasi Game secara keseluruhan dari awal. Godot menggunakan sistem Drag-and-drop dalam proses pembuatan scene. Akan tetapi setiap scene tersebut dapat dikembangkan kembali menggunakan skrip bawaan yang mirip dengan bahasa Python-Like atau biasa disebut GDScript. Dengan sistem Drag-and-drop tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat Game tanpa harus tahu tentang bahasa pemrograman.

4# Unreal Engine 4 (Download di : www.unrealengine.com)


Aplikasi Untuk Membuat Game Android - Unreal Engine 4

Dari semua Software di atas, UE4 adalah yang paling profesional. Salah satu fitur utama dari UE4 adalah Real Time dalam Pencahayaan Global dengan menggunakan Voxel Kerucut Tracing. Prinsip dari UE4 adalah membuat Anda dapat berkembang secara cepat sehingga Anda akan diberikan banyak fasilitas pelengkap seperti “live debugging, hot reloading, a streamlined asset pipeline, instant game previews, plus hundreds of included assets and systems like artificial intelligence, cinematic tools, post-processing effects, and more”. UE4 menggunakan sistem Blueprint yang memungkin Anda membuat logika dalam Game tanpa menggunakan kode apa pun. Atau dengan kata lain Anda tidak perlu susah-susah memikirkan kode atau algoritma program.

Baca Juga : 6 Game Edukasi Anak Terbaik Di HP Android Untuk Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas

Itulah artikel tentang “4 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Game Android Sendiri Dengan Mudah”. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Cobalah terlebih dahulu keempat software di atas, kemudian pilih yang menurut Anda paling cocok untuk Anda. Jika salah satu dari keempat software di atas sangat cocok dengan Anda silahkan berikan komentar Anda tentang pengelaman Anda menggunakan aplikasi tersebut. Nah, jika Anda mengetahui software terbaik lainnya yang bagus digunakan untuk membuat Game. Bagikan informasi tersebut kepada kami melalui kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi situs kami dan sampai jumpa kembali.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"