5 Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah dan Apa Fungsinya

Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah dan Apa Fungsinya. Apakah Anda sedang kebingungan mengecek IMEI HP Samsung ? jika demikian maka Anda berada pada artikel yang tepat. Karena pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara cek IMEI HP Samsung Anda dengan mudah. Namun sebelum kita mencek, maka ada baiknya saya terlebih dahulu menjelaskan secara rinci tentang apa itu IMEI dan apa fungsinya bagi Anda.
Cara Cek Nomor IMEI

Apakah Anda tahu bahwa setiap Smartphone maupun HP konvensional pasti memiliki nomor IMEI. Setiap merek HP baik yang terkenal maupun yang lokal tentu mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda satu sama lain. Nomor ini terdiri dari 15 sampai 16 digit kombinasi Anda yang memiliki fungsi sebagai metode pengidentifikasian HP yang terdaftar pada operator seluler dari merek HP tersebut. Lalu, bagaimana cara cek IMEI handphone Samsung?. Simak pembahasan berikut ini :

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Cocok pada Mobile Banking BTN Terbaru 2019

Apa Itu nomor IMEI ?

Sebelum kita masuk ke topik pembahasan yaitu cara cek IMEI Samsung. Maka alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu IMEI dan apa fungsi IMEI sehingga pentung untuk Anda cek serta ketahui.

IMEI  merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity adalah sebuah nomor unik identitas yang dimiliki oleh setiap HP. Nomor unik maksudnya adalah setiap HP memiliki nomor IMEI masing-masing dan berbeda antara satu dengan lainnya. Sehingga bisa saya katakan nomor IMEI adalah nomor identitas HP.

Nomor IMEI terdiri dari 15 sampai 16 digit angkat, yang digunakan oleh sebuah operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat tersebut telah terdaftar pada jaringan mereka. IMEI dapat menyimpan data-data atau informasi penting dalam suatu handphone layaknya E-KTP.

Saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu IMEI dan juga apa fungsi dari nomor IMEI ini. Bahkan tidak jarang orang mengabaikan nomor IMEI HP mereka padahal nomor ini sangat penting bagi mereka. Seberapa pentingkah nomor IMEI dan apa fungsi dari nomor IMEI. Semak pembahasan berikut ini.

Nomor IMEI berfungsi sebagai pelacak handphone

Apakah Anda tahu bahwa nomor IMEI dapat Anda gunakan untuk melacak keberadaan HP Anda?. Jika Anda mengetahuinya tentu saja mulai saat ini Anda tidak boleh mengabaikan informasi nomor IMEI HP Anda. Dengan kemampuan nomor IMEI yang dapat melacak keberadaan HP tentu saja ini akan sangat berfungsi jika HP Anda hilang atau dicuri oleh orang lain.

Bagaimana cara melacak keberadaan HP dengan nomor IMEI ?. caranya adalah dengan mendatangi gerai operator seluler atau HP Anda kemudian berikan nomor IMEI HP Anda beserta dengan nomor kartu SIM HP Anda yang hilang. Dengan kedua informasi tersebut maka operator seluler akan dengan mudah melacak keberadaan HP Anda. Terlebih lagi jika isi HP Anda penting.

Nomor IMEI berfungsi sebagai bukti Ori sebuah HP

IMEI adalah sebuah nomor identitas sebuah HP yang terdaftar di jaringan penyedia operator seluler. Setiap HP yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan tentu saja memiliki nomor IMEI yang telah terdaftar pada jaringan mereka. Dengan demikian nomor IMEI dapat digunakan apakah HP Anda asli atau tidak. Dengan demikian maka Anda tahu apakah HP yang Anda beli benar-benar keluar dari perusahaan asli atau hanya HP KW. Lantas bagaimana cara mengecek apakah IMEI HP Anda adalah IMEI dari perusahaan asli atau tidak maka silahkan ikuti langkah berikut ini.
  • Buka website “www.imei.info” melalui browser Anda.
  • Masukkan nomor IMEI HP Anda.
  • Klik konfirmasi bahwa Anda bukan robot.
  • Klik check.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses check selesai.
  • Maka akan muncul informasi mengenai HP tersebut dengan merek yang sesuai dengan yang Anda beli.

Nomor IMEI berfungsi sebagai pemberi pengaruh pada sinyal handphone

Yang perlu Anda ketahui adalah secara umum nomor IMEI sangat mempengaruhi sinyal HP Anda. Jika suatu ketika nomor IMEI HP Anda hilang, maka aktivitas komunikasi seperti telepon, sms serta koneksi internet akan lumpuh secara total dan tidak dapat digunakan. Dengan demikian maka HP Anda akan kehilangan fungsi untuk melakukan komunikasi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nomor IMEI memiliki fungsi yang krusial dan vital terhadap setiap HP. Oleh sebab itu maka pentung bagi Anda untuk menyimpan nomor IMEI HP Anda sebagai antisipasi hal buruk ini terjadi.

Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah dan Apa Fungsinya

Setelah membaca pembahasan di atas terkait apa itu IMEI dan apa fungsi IMEI maka saya berharap Anda tidak menganggap sepele dengan nomor ini. Simpanlah nomor IMEI HP Anda dengan aman sebelum nanti terjadi hal yang tidak diinginkan seperti HP Anda hilang atau dicuri. Nah, pada pembahasan berikutnya kita akan membahas mengenai Cara Cek IMEI HP Samsung. Cara ini pada umumnya juga bisa diterapkan pada HP lain. Anda hanya perlu menyesuaikannya saja. Baik, untuk tidak memperpanjang kata mari simak pembahasan cara cek nomor IMEI HP Samsung.

1. Cek IMEI HP Samsung via kode dial

Cara cek IMEI HP Samsung yang pertama adalah lewat kode dial. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan simpel untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu memasukkan kode dial kemudian secara otomatis IMEI HP Anda akan terlihat. Untuk langkah-langkahnya simak pembahasan berikut ini.
  1. Silahkan Anda buka menu panggilan seperti biasa Anda ingin menelepon.
  2. Masukkan atau ketik kode dial Samsung berikut : *#06# >> Cek IMEI HP Samsung Via Kode Dial.
  3. Maka secara otomatis kode MEID & IMEI HP Samsung Anda akan muncul secara otomatis tanpa perlu Anda menekan tombol panggilan.
  4. Cara cek IMEI handphone Samsung menggunakan kode dial adalah cara yang paling mudah dan sangat direkomendasikan.

2. Cek IMEI HP Samsung via menu settings atau pengaturan

Cara kedua juga sangat gampang dan tidak merepotkan. Untuk mengecek kode IMEI HP Samsung atau HP android lainnya secara umum data dilihat melalui informasi “tentang ponsel” yang Anda di menu pengaturan setiap HP. Nah, terkhusus untuk HP Samsung maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka menu pengaturan/settings pada HP Samsung Anda.
  2. Scroll ke bawah dan cari dan klik menu “about phone” atau “tentang ponsel” atau “tentang perangkat”. Tergantung dari bahasa dan tipe HP yang Anda gunakan.
  3. Selanjutnya scroll dan cari menu Status >> Informasi IMEI. Dengan demikian maka Anda akan dapat melihat IMEI HP Samsung Anda secara langsung.

Catatan :
Cara ini juga bisa Anda terapkan pada setiap HP android lainya contohnya HP Asus. Info IMEI HP Asus bisa Anda lihat di pengaturan/setelan >> sistem >> Tentang >> Status >> Info IMEI. Jadi, intinya adalah IMEI handphone android dapat dilihat pada menu tentang ponsel. Cara ini juga terbilang sangat mudah. Jadi Anda dapat mempraktikkannya sendiri.

3. Cek IMEI HP Samsung via dus handphone

Cara cek IMEI handphone Samsung yang ketiga adalah lewat dus handphone. Pada setiap dus HP tentu memiliki informasi secara umum dan penting tentang HP tersebut. Begitu juga dengan informasi IMEI HP Samsung dapat Anda lihat di sana. Cara ini bisa dibilang mudah namun juga merepotkan, misal Anda sedang di luar, malas mengambil dus H tersebut atau bahkan dus HP telah hilang. Jadi cara ini hanya khusus bagi Anda yang masih memiliki dus HP Samsung dan Anda tidak mager untuk mengambilnya. Jika mager maka ikuti cara 1 dan 2 atau cara lain berikut ini.

4. Cek IMEI HP Samsung via body handphone

Cara Cek IMEI yang ke-4 adalah pada Body HP Samsung. Nah, kode IMEI handphone Samsung biasanya ditempelkan oleh penjualnya pada bagian dalam tempat baterai. Namun jika baterai HP adalah baterai tanam maka info IMEI biasanya terdapat pada bagian belakang casing HP. Dengan demikian cara ini lebih mengharuskan Anda membuka dan melepas baterai HP.

5. Cek IMEI Samsung Online

Cara terakhir untuk mengecek IMEI HP Samsung adalah menggunakan aplikasi IMEI Checker. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Anda hanya perlu mendownloadnya kemudian menginstal aplikasi tersebut di HP Anda. setelah di instal, buka aplikasi IMEI Checker kemudian klik Check IMEI.
Itulah artikel tentang Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah dan Apa Fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengecek IMEI HP dengan mudah dan cepat. Dengan pembahasan kali ini, maka Anda sudah paham apa itu IMEI dan fungsinya. Jadi, Anda sekarang harus mengingat atau menyimpan nomor IMEI HP Anda di buku catan atau sebagainya. Hal ini untuk berjaga-jaga jika nanti HP Anda hilang atau ada masalah jaringan komunikasi akibat nomor IMEI HP Anda hilang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung dengan Mudah dan Apa Fungsinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel