Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar Menggunakan WinRar

Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar Menggunakan WinRar

Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar. Password adalah cara teraman untuk mengunci sebuah file atau folder penting. Dengan password maka tidak sembarang orang bisa membuka file tersebut. Hanya orang yang telah Anda beritahukan password yang bisa membukanya. Mengunci file Zip dan Rar dengan password dapat dengan mudah Anda lakukan dengan bantuan aplikasi WinRar.
Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar Menggunakan WinRar

Aplikasi ini dapat mengompres sebuah file menjadi satu file Zip atau Rar serta dapat mengamankan isi dari file tersebut dengan “Encrypt File Names” Password. Ada 2 manfaat membuat password pada file Zip dan Rar menggunakan WinRar, yaitu file Anda akan aman, sebagai media promosi untuk Brand dan sebagai pembeda file. Manfaat password sudah tentu adalah untuk mengamankan file.

Baca Juga : Cara Membuat Password Laptop Windows 8, 8.1 dan 10 dengan Mudah

Namun, apakah Anda tahu bahwa dengan memanfaatkan password dapat membuat Brand Anda akan semakin terkenal. Mungkin Anda pernah mendownload sebuah file pada sebuah blog contohnya gammafisblog.com. Kemudian file tersebut Anda kunci dengan password : gammafisblog.com.

Tentu saja setiap orang yang membuka file tersebut akan mengingat nama website atau blog gammafisblog. Hal ini akan memberikan nilai positif pada blog tersebut. Terkadang jika yang membuka file tersebut penasaran dengan password tersebut maka ia akan mencoba mengakses apa sih gammafisblog.com itu.

Maka memberikan password pada sebuah file Zip dan Rar akan menciptakan daya ingat dan promosi website atau sesuatu yang ingin Anda promosikan secara gratis. Selain itu akan membuat orang yang lain akan penasaran dengan password tersebut.

Manfaat password pada file Zip dan Rar sebagai pembeda file. Maksudnya adalah karena file jenis Zip dan Rar atau ekstensi kompres file di dunia komputer sangat banyak. Hal ini ditakutkan akan terjadinya kesamaan nama file dan ekstensi file.

Baca Juga : Tips Membuat Password yang Unik, Sulit Ditebak, Tapi Mudah di Ingat

Oleh sebab itu password memiliki peran di sini. Password ini bertujuan untuk memberikan keamanan pada file Anda dan membuat file Anda menjadi beda dengan yang lain.

Itulah manfaat dari memberikan password pada sebuah file Zip dan Rar. Jika Anda ingin mengunci dan mengamankan file Zip dan Rar dengan password maka simak penjelasan lengkap berikut ini.

Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar Menggunakan WinRar

  1. Pastikan aplikasi WinRar telah terinstal di Laptop Anda.
  2. Siapkan file atau folder yang ingin di kompres menjadi File Zip dan Rar.
  3. Klik kanan pada file atau folder yang ingin di Password.
  4. Pilih lalu pilih "Add To Archive..."
  5. Pilih Archive Format (Zip atau Rar).
  6. Klik Set Password pada bagian bawah.
  7. Masukkan Password yang ingin digunakan sebanyak dua kali.
  8. Beri tanda centang pada “Encrypt File Names”.
  9. Jika sudah mengisi Password dan memberi centang pada “Encrypt File Names” langkah selanjutnya klik “OK”.
  10. Kemudian klik “OK” lagi untuk memulai mengompres file menjadi ZIP atau Rar.
  11. Tunggu hingga proses selesai.
  12. Jika sudah coba untuk ekstrak file tersebut untuk mengetes apakah Password bekerja dengan maksimal atau tidak.
  13. Jika Password tidak bekerja dengan baik, maka silahkan ulang langkah di atas. Karena mungkin saja saat mencobanya laptop sedang crass.
  14. Jika Password bekerja dengan baik maka file Anda telah di amankan dengan Password.
Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar


Itulah artikel tentang Cara Membuat Password pada File Zip dan Rar Menggunakan WinRar. Bagaimana, mudah bukan? Cara ini telah saya coba dan terbukti 100% dapat menjaga file kita dengan aman. Sehingga sekalipun orang mencuri file tersebut jika ia tidak tahu passwordnya maka ia tidak akan pernah bisa membuka dan melihat isi file tersebut.

Cara ini bisa Anda lakukan di sistem Windows apa saja, entah itu Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Caranya sana pada setiap Windows. Dengan penjelasan ini saya harap Anda bisa memahami dan mempraktikkannya sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga : Cara Mengunci Folder Di Laptop Menggunakan Password Agar Aman

Jangan lupa untuk Share artikel ini di akun mendia sosial Anda akan semakin banyak orang yang tahu cara membuat Password pada file Zip atau Rar. Jangan lupa juga untuk ikuti blog ini agar Anda bisa mendapatkan informasi terbaru lainnya secara gratis.

Ingat : Subscribe tidak bayar. Namun dengan Subscribe maka Anda terus memberikan dukungan pada blog ini untuk terus memberikan informasi terbaru seputar teknologi, internet, media sosial dan pendidikan.

Dengan Subscribe juga maka Anda akan mendapatkan artikel secara gratis dari kami setiap kami Update artikel. Dan jangan lupa untuk konfirmasi email Anda melalui link konfirmasi yang dikirim ke email setelah Anda Subscribe.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"