Inilah 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Solusinya

Gammafisblog.com - Inilah 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Solusinya. Jika kita melihat blog sepi akan pengunjung tentu saja akan sangat menyedihkan bagi para blogger. Dengan susah payah menulis artikel namun pengunjung tak kunjung datang.

Hal ini tentu akan dirasakan oleh semua blogger. Terutama para blogger yang terbilang masih pemula. Namun, tidak dipungkiri juga para blogger yang telah berjuang bertahun-tahun juga tidak mendapatkan pengunjung seperti apa yang diharapkan.
Inilah 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Solusinya

Apa penyebab semua ini bisa terjadi, saya juga pernah mengalami hal yang sama. Akhirnya saya coba mencari jawaban dengan membaca website dari para master blogger seperti mastimon.com, kompiajaib.com, panduaim.com, dan sugeng.id. Selain itu saya juga sering aktif di grup blogger di facebook namun dengan nama samaran (biasa, saya orang yang sedikit pemalu).

Baca Juga : Ingin Menulis Artikel Tanpa Capek Mengetik? Gunakan 2 Cara Ini

Dari membaca pengalaman blogger dan bertanya langsung melalui grup diskusi akhirnya saya mendapatkan jawaban atas pertanyaan banyak blogger pemula. Jawabannya ternyata ada pada diri kita sendiri. Yang mungkin tidak akan kita sadari sehingga kesalahan-kesalahan tersebut berubah menjadi sebuah kewajaran.

Dari kesalahan-kesalahan tersebut dan pada akhirnya membuat blog sepi pengunjung. Nah, agar tidak pusing dan stress melihat blog yang sepi pengunjung maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi yang saya dapatkan. Informasi mengenai penyebab blog sepi akan pengunjung. Simak pembahasan lengkap berikut ini.

Inilah 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Solusinya

Artikel ini hanyalah sekedar berbagi pengalaman tentang penyebab dan solusi blog sepi pengunjung. Mungkin saya bukan orang yang hebat seperti para master blogger lainnya. Namun apa salahnya berbagi ilmu dan pengaman. Dengan pengalaman ini anda bisa mengambil nilai positif.

  1. Membuat Artikel Yang Tidak Berkualitas

Sebelum kita memberikan nilai tentang konten/artikel berkualitas dan tidak berkualitas maka yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa sih artikel berkualitas tersebut. Konten/artikel yang berkualitas adalah sebuah artikel yang mampu memberikan informasi dan solusi kepada para pengunjung dari apa yang ia cari. Jadi, artikel berkualitas merupakan artikel yang informatif.

Sedangkan artikel yang tidak berkualitas adalah artikel yang tidak memberikan informasi dan solusi namun hanya membuat artikel untuk search engine. Jadi, ketika pengunjung membaca artikel tersebut maka ia tidak mendapatkan informasi dan solusi. Dengan demikian maka pengunjung akan langsung keluar dari halaman artikel blog. Durasi kunjungan yang sangat singkat tentu akan mempengaruhi nilai blog di search engine.

Oleh karena itu, solusinya adalah anda harus membuat artikel yang berkualitas. Hal ini akan membuat pengunjung betah untuk membaca artikel blog dan durasi bacaan akan menjadi lebih lama yang akan memberikan nilai bagus pada search engine. Membuat artikel berkualitas tidak perlu panjang panjang, namun minimal 500 kata dan merupakan artikel original (hasil karya sendiri).

  1. Jumlah Artikel Yang Minim

Penyebab blog sepi pengunjung berikutnya adalah artikel yang masih sangat minim. Jumlah artikel dalam sebuah blog juga akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang akan datang. Jika artikel yang anda buat sedikit maka yang kunjungi juga akan sedikit. Coba anda bayangkan jika blog anda hanya memiliki 100 artikel dengan blog yang memiliki 1000 artikel.

Jika setiap artikel yang kunjungi 1 orang maka untuk blog 100 artikel hanya mendapatkan 100 pengunjung sedangkan blog 1000 artikel akan mendapatkan 1000 pengunjung. Nah, jika yang kunjungi setiap artikel ada 20 orang maka blog dengan 1000 artikel akan mendapatkan 20.000 pengunjung. Tentu saja ini jumlah pengunjung yang sangat banyak.

Jadi, solusi untuk masalah ini adalah anda harus konsisten untuk membuat artikel. Buatlah artikel minimal 1 atau 2 artikel setiap hari dan targetkan artikel anda mencapai 1000 artikel dalam 2 atau 3 tahun. Mungkin pada tahun tahun tersebut blog anda masih sepi akan pengunjung. Setelah 1000 artikel ter-indeks maka anda akan mendapatkan pengunjung yang sangat banyak. Menjadi, seorang blogger membutuhkan waktu yang panjang dan konsistensi yang tinggi.

  1. Membuat Artikel Musiman

Jika anda memperoleh pengunjung yang sangat banyak pada bulan-bulan tertentu san sepi pengunjung di bulan lainnya. Maka anda harus melihat kembali apakah artikel anda merupakan artikel musiman  atau tidak. Artikel musiman adalah artikel yang hanya dicari pada bulan-bulan tertentu saja. Misalkan artikel tentang ujian nasional sma maka akan mendapatkan pengunjung yang banyak saat menjelang ujian nasional. Sedangkan bulan lainnya hanya sedikit yang membacanya. Jadi, caba lah membuat artikel yang akan terus dicari oleh banyak orang setiap bulannya. Contohnya anda membuat artikel tentang tutorial dan tips & trik. Artikel seperti ini tidak memiliki musim, melainkan akan dicari oleh orang yang memerlukannya.

  1. Salah Dalam Menerapkan SEO

SEO adalah ilmu yang sangat penting dalam dunia blogger. Dengan menerapkan seo yang benar maka pengunjung yang datang adalah pengunjung yang ter-target dan bukan salah sasaran. SEO juga akan mempengaruhi apakah artikel yang dibuat akan di indeks atau tidak. Jika anda salah maka bisa-bisa artikel anda akan tidak di indeks atau di indeks namun bukan berada pada halaman 1 google. Artikel yang tidak berada pada halaman 1 google maka kemungkinan untuk dikunjungi akan sangat sedikit.

Ilmu seo memang santa banyak dan rumit. Oleh karena itu, para blogger tidak dapat menguasai semua ilmu seo bahkan para master blogger pun. Terlebih lagi google yang selalu mengupdate algoritma baru dari mesin pencarian.

Namun, anda tidak perlu khawatir anda masih dapat menerapkan 3 Teknik SEO Sederhana Agar Artikel Berada di Page One Google. Pada artikel tersebut telah saya jelaskan 3 teknik seo sederhana yang dapat anda terapkan dengan mudah. Namun akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi blog anda.

  1. Artikel Baru Seumur Jagung

Istilah artikel seumur agung adalah artikel yang baru anda buat dalam 1 atau 2 bulan. Untuk dapat ter indeks dan bersaing di halaman 1 google tentu saja membutuhkan waktu yang tidak singkat. Untuk sebuah artikel bersaing di halaman 1 pada umumnya membutuhkan waktu minimal 3 bulan dan bahkan ada yang membutuhkan waktu tahunan. Jadi, ketika anda membuat artikel baru beberapa bulan apalagi baru beberapa minggu terus mengeluh tidak ada yang kunjungi maka cobalah untuk bersabar. Tetap fokus untuk membuat artikel untuk blog anda agar ketika artikel anda ter indeks semua maka artikel anda telah banyak. Hal ini akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung blog anda nantinya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Nilai CPC Dari Keyword Iklan Google Adsense

Itulah artikel tentang Inilah Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Solusinya. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan solusi kepada anda yang sedang bingung mengapa blog sepi pengunjung. Coba perbaiki 5 kesalahan tersebut untuk meningkatkan pengunjung anda. Yang paling penting adalah anda harus membuat artikel yang berkualitas, bersabar dan berdoa. Karena artikel yang berkualitas merupakan salah satu teknik seo terbaik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Dan Solusinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel