Cara Membersihkan Cache Di HP Asus Agar Lebih Cepat

Gammafisblog.com - Cara Membersihkan Cache Di HP Asus Agar Lebih Cepat. Memiliki hp yang lemot tentu akan sangat menyebalkan bagi kita. Bagaimana tidak, apa saja yang akan coba kita jalankan pada hp maka akan sangat lambat dan terkadang sulit di buka. Salah satu penyebabnya adalah memori cache yang penuh.
Cara Membersihkan Cache Di HP Android

Cache adalah sebuah memori sementara yang akan di simpan pada sistem memori internal. Data cache ini berfungsi untuk mencatat atau menyimpan semua aktivitas saat anda mengunakan sebuah aplikasi. Oleh karena itu cache memiliki fungsi untuk mempercepat loading sebuah aplikasi maupun situs web di hp anda.

Baca Juga : Cara Mengedit Foto Di HP Android Menggunakan Picsart

Maksudnya seperti ini : Jika kamu membuka sebuah aplikasi browser menggunakan hp android kemudian kamu mengakses sebuah situs Facebook.com. Selanjutnya anda login ke akun Facebook, kemudian menyimpan password dan membuka beberapa galeri foto yang ada di Facebook. Maka semua aktivitas tersebut akan di simpan di cache.

Ketika anda menutup dan membukanya kembali maka anda tidak perlu lagi login dan anda langsung berada pada halaman galeri foto, hal ini karena aktivitas terakhir anda adalah di galeri foto. Dengan demikian maka akses ke Facebook akan lebih cepat.

Apakah Perlu Menghapus Cache?

Cache memang berfungsi untuk menyimpan aktivitas terakhir pada aplikasi atau browser sehingga mempercepat akses di kemudian hari. Namun, jika data yang tersimpan di cache terlalu besar, maka justru ini akan memperlambat kinerja hp anda. Hal ini dikarenakan memori internal yang digunakan cache telah penuh.

Artinya di sisi lain cache memiliki fungsi untuk mempercepat akses namun di sisi lain juga dapat memperlambat kinerja hp. Kondisi cache yang penuh dapat menyebabkan hp anda akan lambat. Sedangkan jika tidak maka anda tidak perlu menghapus data cache.

Jadi, apakah perlu menghapus data cache sebuah aplikasi. Jawabannya adalah tergantung kondisi, jika hp kamu agak lemot saat membuka aplikasi maka kemungkinan data cache penuh dan anda harus menghapusnya. Tidak maka anda tidak perlu menghapusnya. Artinya anda tidak perlu menghapus data cache setiap hari anda bisa menghapusnya selama seminggu sekali dan disesuaikan dengan keadaan hp.

Cara Membersihkan Cache Di HP Asus Agar Lebih Cepat

Dari apa yang telah dijelaskan, apa bila telah dipahami maka anda akan tahu kapan harus menghapus data cache pada hp anda. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus data cache?. Caranya sangat lah mudah, ada banyak cara yang dapat anda lakukan. Yang pertama tanpa menggunakan aplikasi dan yang kedua adalah menggunakan aplikasi.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Game Genie di Asus Zenfone 4 Max

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kedua-duanya. Pada pembahasan kali ini saya menggunakan hp Asus Zenfone 4 Max. Jika anda menggunakan hp yang lainnya maka anda dapat menyesuaikan-nya saja. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan lengkap berikut ini:

Cara Membersihkan Cache Di HP Asus Tanpa Aplikasi

Untuk menghapus data cache tanpa menggunakan aplikasi ada dua cara, yaitu dengan cara menekan lama aplikasi untuk dapat masuk ke info aplikasi dan yang kedua melalui menu pengaturan (setting). Pada intinya maksud dan tujuannya sama. Namun, untuk lebih jelas kita akan masuk ke info aplikasi melalui menu pengaturan.

Peringatan : Menghapus data cache juga memiliki efek samping seperti aplikasi akan sedikit lemot di awal. Hal ini karena aplikasi perlu sedikit mendownload beberapa data agar bisa berfungsi normal.
  1. Langkah pertama adalah masuk ke menu setting (setelan) hp Asus anda.
  2. Setelah masuk ke menu  setting maka scroll dan cari serta klik menu "Aplikasi & Notifikasi"
  3. Akan ada banyak menu yang tampil salah satunya adalah menu "Info Aplikasi" Silahkan klik menu info aplikasi.
  4. Klik salah satu aplikasi yang lemot dan ingin anda hapus data cache. Maka akan tampil info dari aplikasi tersebut. Cara ini sama ketika anda menekan tahan aplikasi di layar hp dan klik huruf "i" maka anda juga akan masuk ke info aplikasi.
  5. Klik penyimpanan & memori.
  6. Klik hapus cache dan jangan klik hapus data. Jika anda klik maka otomatis aplikasi akan kembali seperti baru pertama di instal. Nah, hal ini akan sangat merugikan anda jika aplikasi tersebut meminta Download data. Karena ada beberapa aplikasi yang harus download daya yang besar saat pertama di instal.
  7. Dengan begitu maka data cache anda telah berhasil di hapus.
Menu Setting >> Aplikasi & Notifikasi >> Info Aplikasi >> Klik aplikasi yang ingin di hapus.

Cara Membersihkan Cache Di HP

Penyimpanan & Memori >> Hapus cache

Cara Membersihkan Cache Di HP Asus

Jika dengan menghapus data cache hp anda masih saja lemot, maka ada beberapa hal lain yang menyebabkan hp anda lemot. Seperti hp anda terserang virus, anda terlalu banyak menginstal aplikasi, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan penyebab lainnya. Oleh karena itu sebelum anda mencari solusi cara mempercepat hp yang lemot maka terlebih dahulu anda mencari tahu apa penyebab hp anda lemot.

Cara Membersihkan Cache Di HP Asus Mengunakan Aplikasi CCleaner

Selain membersihkan cache tanpa menggunakan aplikasi anda juga dapat menggunakan aplikasi ccleaner untuk membersihkan data cache. CCleaner adalah aplikasi perawatan yang berfungsi untuk membuat perangkat android tetap sehat dan cepat dengan membersihkan file-file sampah dan menganalisis aplikasi yang jarang anda gunakan.

Dengan hasil analisis tersebut maka anda dapat mengambil keputusan apakah anda perlu membersihkan maupun menghapus aplikasi yang jarang dipakai tersebut. Dengan begitu aplikasi ccleaner juga dapat anda manfaatkan untuk menghapus data cache yang sekiranya tidak diperlukan lagi. Yang perlu anda lakukan adalah instal aplikasi tersebut dan lakukan pemindaian maka secara otomatis aplikasi akan menampilkan hasil pemindaian.

Baca Juga : Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner

Itulah artikel tentang Cara Membersihkan Cache Di HP Asus Agar Lebih Cepat. Untuk membersihkan data cache sangat mudah, anda hanya perlu masuk ke menu info aplikasi dan hapus data cache. Saya rasa anda akan dengan mudah untuk menerapkan cara diatas. Anda bisa memilih cara menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kalau saya menggunakan aplikasi karena proses untuk menghapus data cache menjadi lebih cepat dan dapat dilakukan untuk semua aplikasi sekaligus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel