Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy oleh Orang Lain

Gammafisblog.com - Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy oleh Orang Lain. Ada banyak alasan mengapa orang tidak ingin file pdf miliknya di copy oleh orang lain. Diantaranya adalah file dokumen tersebut berisi hal-hal penting, tugas kuliah bagi mahasiswa (karena tidak boleh sama), atau berbagai alasan lainnya.

Mengamankan file pdf bisa juga anda lakukan dengan cara menyimpannya di folder paling aman dan tersembunyi atau dengan mengunci folder dengan password. Baca Juga: Cara Mengunci Folder Di Laptop Menggunakan Password Agar Aman. Ya, kebanyakan orang menyimpan file di dalam folder-dalam folder-dalam folder dan folder-folder lainnya. Hal ini tentu akan membuat anda lelah membuka folder-folder tersebut.

Cara aman agar file PDF anda tidak bisa di copy oleh orang lain adalah dengan menambahkan password security langsung pada file tersebut. Hal ini lebih efisien dibanding dengan cara yang saya sebutkan sebelumnya. Selain itu, ada banyak sekali opsi yang bisa anda pilih, yaitu memberikan password saat hendak membuka dokumen pdf atau memberikan password agar dokumen tersebut tidak bisa di copy, diedit, di print dan di convert.

Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy oleh Orang Lain

Jika anda ingin memberikan password pada file pdf, maka anda bisa memilih semua opsi tersebut atau hanya beberapa saja sesuai dengan keinginan anda. Jika anda tidak ingin orang melihat dan membacanya maka berikan password ketika hendak dibuka. Jadi hanya orang yang mengetahui password saya yang bisa membuka pdf tersebut.

Jika anda ingin agar file pdf tersebut bisa dibaca orang namun tidak bisa diedit maka, silahkan beri tanda centang pada opsi ini. Untuk tidak memperpanjang kata mari langsung saja kita mulai langkah-langkahnya berikut ini:

1# Mengunci File PDF menggunakan Nitro PDF Pro

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi Nitro PDF, jika anda memiliki aplikasi ini maka anda bisa langsung membuka file pdf menggunakan Nitro. Namun, jika belum maka anda bisa download anda instal terlebih dahulu. Download Nitro PDF Pro, ada banyak tersedia di google. Jika sudah menginstal maka silahkan ikuti langkah berikut ini:
  1. Buka file PDF menggunakan Nitro Pro.
  2. Klik Menu File yang ada pada bagian kanan atas.
  3. Klik Document Properties.
Cara agar PDF tidak bisa di Copy oleh Orang lain
  1. Klik Security >> Pilih Password Security >> Change Setting
Cara agar PDF tidak bisa di Copy
  1. Pilih opsi Password Security yang anda inginkan.

Keterangan Gambar di Atas:
  • Open Password : Require a password to open the document >> Beri tanda centang jika anda ingin memberikan password saat open dokumen.
  • Require a password to change security settings and access specific function >> Beri tanda centang jika anda ingin memberikan password saat ingin di print, edit, dan copy.
  • Printing Allowed >> Isi dengan None jika anda ingin file PDF tidak bisa di print.
  • Changes Allowed >> Isi dengan None jika anda ingin file PDF tidak bisa di edit.

2# Mengunci File PDF Secara Online 

Cara kedua adalah jika anda tidak ingin ribet menginstal Nitro PDF maka anda bisa mengamankan/mengunci file pdf secara online. Anda banyak banyak sekali website yang dapat anda gunakan salah satunya adalah ilovepdf.com.

Cara agar PDF tidak bisa di Copy dengan Mudah
  1. Buka halaman ilovepdf.com >> pilih menu protect PDF.
  2. Upload file PDF yang anda inginkan.
  3. Masukkan password pdf.
  4. Klik Protect PDF.
  5. Download file PDF yang telah anda protect.
Baca Juga : Cara Mengembalikan File Disk Yang Terhapus Saat Instal Ulang

Itulah artikel tentang Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy oleh Orang Lain. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Sebenarnya masih banyak lagi tools yang dapat anda gunakan, namun saya hanya memberikan dua contoh media yang dapat anda gunakan. Secara umum semua aplikasi PDF reader dapat anda gunakan untuk menambah password security, silahkan anda coba sendiri. Sampai disini saja pembahasan kali ini jika anda pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy oleh Orang Lain"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel