Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi. Dizaman semakin modern sepert saat ini, file dokumen dengan ekstensi atau format pdf paling sering digunakan. File ini sering sekali digunakan pada ebook-ebook dan dokumen digital lainnya. Terutama bagi mahasiswa atau para pekerja kantoran tentu akan sangat familiar dengan dokumen yang satu ini.

Sebuah file dijadikan format pdf agar file tersebut tidak berantakkan saat dibuka, walaupun berbeda aplikasi atau versi format pdf tidak akan berantakan. Berbeda dengan file dokumen dengan format word, file ini akan cenderung berantakan jika dibuka pada word yang berbeda versi, terumata jika membukanya dengan versi yang lebih renda. Misalnya file word tersebut dibuat dengan microsoft word 2010 dan dibuka dengan word 2007 maka file word akan berantakan. 

Biasaya kata dalam word tersebut akan kehialangan spasi. Hal ini tentu akan sangat merepotkan untuk mengedit ulang isi file word tersebut. Oleh karena itu, sebuah dokumen ketika sudah fiks maka lebih baik dikonvert ke pdf agar semua isi file tersebut tidak berantakan dan mudah untuk dicetak atau dikirim. Untuk Cara Convert File Word ke PDF sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Silahkan anda membacanya jika ingin tau caranya.

Selain mudah untuk dicetak, file pdf dokumen dengan format pdf lebih kecil dibandingkan dengan word ketika di convert. Saat ini file dokumen dengan format pdf sudah sangat canggih. Dimana file pdf ini sudah mendukung file dan data 2D. Dengan demikian anda bisa menambahkan gambar, grafik, tabel dan lainnya. Hal ini yang membuat banyak orang lebih memilih menggunakan file dengan format pdf.

Baca Juga: Pdf to Excel Free Converter Online

Ketika kita membuka sebuah file pdf dengan jumlah halaman mencapai ribuan, tidak jarang kita hanya ingin mengambil beberapa halaman tertentu saja. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara memisahkan file pdf dari halaman tertentu saja?. Untuk caranya telah saya bahwa dibawah ini. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Ilovepdf.com adalah salah satu website yang dapat anda gunakan untuk memisahkan halaman tertentu dari file pdf. Cara Memisahkan File PDF sangat mudah. Anda bisa melakukannya hanya dari hp maupun laptop. Yang terpenting adalah anda memiliki paket atau sinya wifi untuk mengakses website tersebut. Hal ini dapat anda lakukan karena, anda tidak membutuhkan aplikasi.

Sehingga anda tidak dapat memisahkan file pdf secara offline. Untuk cara memisahkan file pdf secara offline mungkin akan saya bahasa dilain kesempatan. Pada kesempatan kali ini saya hanya menjelaskannya menggunakan website atau secara online. Bagaimana caranya, simak pembahasn lengkapnya berikut ini:

  1. Langkah pertama silahkan buka website www.ilovepdf.com/split_pdf menggunakan browser.
  2. Klik "Select PDF File" untuk mengupload file pdf yang ingin anda pisahkan.
  3. Setelah file PDF berhasil terupload maka akan tampil menu seperti gambar dibawah ini.

Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

  1. Ada dua pilihan menu diatas, yaitu "Split by range" dan "Extract pages".
  2. Jika anda klik "Split by range" maka akan ada tampilan Custome Range, Range, Add Range dan Split PDF.
  3. Pada Range 1 anda bisa memasukan halaman pdf yang ingin anda pisahkan. Misalkan saya ingin memisahkan halaman 3 sampai 5.
  4. Klik Add Range Jika anda ingin memisahkan halaman lainnya dengan range tertentu. Misalhkan anda ingin memisahkan halaman 6-10 dan seterusnya.
  5. Kemudian tinggal klik Splite PDF maka secara otomatis pdf akan displite sesuai dengan apa yang anda setting.
  6. Sedangkan jika anda ingin ekstrak halaman satu persatu maka silahkan pilih menu "Extract pages". Menu ini akan secara otomatis memisahkan file pdf satu per satu. Kemudian klik Splite PDF.
  7. Setelah klik Splite PDF, tunggu hingga proses splite selesai. Maka file akan secara otomatis terdownload. Jika tidak maka silahkan klik download file pdf.

Baca Juga: PDF ke JPG dan Cara Convert dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Itulah artikel tentang Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Follow blog ini untuk terus mendukung kami agar lebih semangan lagi membuat artikel setiap hari. Jangan lupa juga untuk berlangganan melalui email dengan memasukkan alamat email di bawah artikel ini. Buka email dan konfirmasi berlangganan untuk mendapatkan artikel secara gratis dari kami setiap kami selesai update artikel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapakan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Memisahkan File PDF di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel