Cara Menambah Nomor Halaman di PDF Online dan Offline

Cara Menambah Nomor Halaman di PDF Online. PDF adalah salah satu jenis file dokumen yang sering kita jumpai saat ini. File PDF biasanya digunakan pada beberapa file seperti Ebook dan Dokumen lainnya. Penggunaan file dengan ekstensi PDF biasanya bertujuan agar file dokumen tersebut tidak rusak atau berantakan ketika dibuka.

Jika file dokumen dokumen dibiarkan dalam bentuk word maka ketika dibuka di word dengan versi dibawahnya sudah pasti akan berantakkan. Oleh karena itu, file dokumen tersebut biasanya akan diconvert. Baca Juga: Cara Convert File Word Ke PDF. Selain itu jenis file PDF juga lebih cepat dibuka dibandingkan dengan file word.

File PDF juga biasanya digunakan pada file dokumen yang telah fiks. Sehingga file tersebut tidak bisa diubah lagi, kecuali di convert kembali dari PDF ke Word. Namun, mungkin akan berantakan pada beberapa file tertentu.

Terkadang saat membuat file dokumen PDF, kita lupa memberikan nomor halaman. Sehingga harus mencari cara menambah nomor halaman pada file PDF tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada anda caranya tanpa harus susah-susah mengeksport kembali file tersebut ke word. Penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan berikut ini.


Cara Menambah Nomor Halaman di PDF Online dan Offline

Cara Menambah Nomor Halaman di PDF Online

Menambahakan Nomor Halaman pada File PDF baik, diatas, bawah, pada bagiman kiri, kanan maupun tengah dapat anda lakukan tanpa menggunakan aplikasi. Kita juga bisa mengatur berapa ukuran Font, jenis dan lainnya. Dengan informasi ini maka anda tidak perlu lagi convert PDF ke Word untuk mengedit dan menambahakan nomor halaman.

Cukup dengan upload dan edit maka pdf anda sudah memiliki nomor halaman. Yang menarik adalah kita bisa membuat nomor halaman seperti pada buku, yaitu halaman genap dan ganjil berbeda. Misalkan pada buku halaman ganil pada bagian kanan dan halaman genap pada bagian kiri, sehingga menjadi nomor halaman buku yang menarik. Untuk menambah nomor pada sebuah halaman PDF sangat mudah, nah anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan kunjungi website: www.ilovepdf.com.
  2. Kemudian cari dan klik menu "Page Numbers"
  3. Klik Select PDF File.
  4. Upload file pdf yang ingin anda tambahkan nomor halaman.
  5. Atur desain nomor halaman sesuai dengan keinginan anda. Seperti memilih pada bagian atas atau bawah, jenis font, ukuran, dan lainnya.
  6. Jika sudah selesai, langkah terakhir silahkan klik "Add Page Numbers".
  7. Tunggu hingga proses selesai maka file akan secara otomatis terdownload.


Cara Menambah No Halaman pada PDF Secara Offline

Selain secara online, kita juga bisa menambahakan Nomor pada halaman file PDF secara offline. Cara ini terantung pada file PDF anda. Jika file PDF anda berupa file hasil scan, maka akan lebih sulit menambah nomor halaman. Namun, bisa tergantung anda ingin sabar mengeditnya atau tidak. Berbeda dengan cara online, anda hanya tinggal masukkan nomor dan mendesainnya maka nomor halaman pada file PDF langsung jadi.

Jika anda tidak memiliki kuota atau akses wifi untuk internetan maka terpaksa harus secara offline. Cara ini bisa anda lakukan jika anda memiliki aplikasi Nitro PDF yang terinstal pada laptop. Jika tidak meka anda tidak bisa menconvert file PDF ke word untuk di edit. Nah, bagaimana caranya, simak step by step berikut ini:

  1. Langkah pertama silahkan buka file PDF menggunakan aplikasi Nitro PDF.
  2. Convert file PDF tersebut ke Word dna tunggu hingga proses convert selesai.
  3. Buka file Word hasil convert file PDF.
  4. Setekah file Word Terbuka, Double klik (atau klik dua kali) pada bagian bawah atau atas halaman word yang ingin anda tambahakan nomor halaman.
  5. Silahkan cari menu Page Number.
  6. Pilih desain nomor halaman yang anda inginkan. Silahkan atur ukuran font, jenis, dan lainnya.
  7. Save file word jika sudah selesai memberikan nomor halaman.
  8. Convert kemabli file Word ke PDF. Anda bisa melakukannya dengan cara Save AS (CTRL + SHIFT + S).
  9. Pilih type file.PDF dan save file. Maka secara otomatis file tersebut akan disave dalam bentuk PDF.

Dari kedua cara diatas bisa anda pilih salah satu tergantung dari situasi dan kondisi. Nah, jika anda sedang tidak memegang laptop maka anda tetap dapat menambah nomor halaman pada file PDF. Anda bisa menggunakan HP untuk menambah nomor pada file PDF yang anda inginkan. Nah, jika anda sedang membuka laptop dan ingin mengedit nomor halaman dengan gaya anda, maka anda bisa mengikuti cara kedua diatas, yaitu menambah No Halaman pada File PDF.

Jika anda memilih cara ini maka banyak sekali langkah yang anda lakukan, yaitu anda harus convert file ke word, kemudian mengedit menggunakan MS Word untuk menambah nomor halaman, kemudian di convert kembali ke PDF. Nah, sungguh sangat merepotkan. Namun, itulah dua cara yang sudah saya jelaskan. Selebihnya tergantung anda mau menggunakan yang mana.

Itulah artikel tentang Cara Menambah Nomor Halaman di PDF Online dan Offline. Semoga apa yang saya bagikan ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda yang ingin membuat Nomor Halaman di PDF namun masih bingung bagaimana caranya. Follow juga blog ini untuk terus mendukung kami dalam membuat artikel menari lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menambah Nomor Halaman di PDF Online dan Offline"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel