Cara Menghitung Simpangan Baku di Excel dengan Mudah

Cara Menghitung Simpangan Baku di Excel dengan Mudah. Microsoft Excel adalah aplikasi yang penting untuk anda pelajari. Karena aplikasi ini sangat berguna bagi terutama untuk pengolahan data penelitian dan lainnya. Excel begitu penting, terutama saat anda mengolah data statistik. Misalkan saja anda ingin mencari nilai mean, median dan modus dari sebuah data atau lain sebagainya. Selain itu, dalam penelitian kita sering diminta untuk mencari berapa besar simpangan baku dari data hasil pengukuran atau data eksperimen. Simpangan baku (Standar Deviasi) merupakan variabel sebaran data penelitian anda. Semakin kecil simpangan baku maka akan semakin bagus.

Biasanya kita menggunakan rumus matetatika dalam menentukan nilai simpangan baku. Anda harus menetukan berapa besar nilai rata-rata dari sebuah data, kemuidan mencari kuadrat dari selisih nilai rata-rata dengan nilai pengukuran dan dijumlahkan untuk setiap pengulangan. Hasil tersebut dibagi dengan banyaknya data min satu kemuidan diakarkan. Maka anda bisa mendapatkan nilai simpangan baku secara manual atau menggunakan rumus matematik. Hal ini tentu melalui proses yang sangat panjang. Terlebih lagi jika data penelitian anda berjumlah ribuan.


Cara Menghitung Simpangan Baku di Excel dengan Mudah

Untuk mempermudah proses mencari nilai simpangan baku atau standar deviasi maka anda bisa menggunakan aplikasi microsoft excel. Excel menyediakan sebuah fitur atau fungsi yang dapat anda gunakan untuk mencari nilai simpang baku secara cepat. Anda hanya perlu menuliskan satu rumus dan rentang data maka nilai standar deviasi dari data tersebut akan muncul. Nah, jika anda penasaran tetang bagaimana caranya maka silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

  1. Langkah peratama anda buka aplikasi Microsoft Excel atau data yang ingin anda olah.
  2. Misalkan saja data penelitian anda terletak pada cell A2 hingga A11.
  3. Gunakan Rumus =STDEVA(A1:A11) untuk mendapatkan nilai simpangan baku. Dari contoh data dibawah diperoleh bahwa simpangan baku data tersebut adalah 27,46391572. Hasil ini juga sama ketika anda mencari nilai simpangan baku secara manual menggunakan rumus simpangan baku.

Cara Menghitung Simpangan Baku di Excel dengan Mudah

Mencari Simpangan Baku Secara Manual

Jika anda ingin mencari simpangan baku menggunakan rumus matematik secara umumnya maka anda harus mencari nilai rata-rata terseblih dahulu, kemudian kuadrat selilih setiap data dengan rata-rata dan banyaknya data. Maka anda bisa mempeoleh simpangan baku. Berikut adalah rumus simpangan baku.

Rumus Simpangan Baku

Anda juga bisa menggunakan excel untuk menghitung simpangan baku menggunakan rumus diatas. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, imput data anda di excel. Misalkan data yang sama digambar diatas.
  2. Cari rata-rata data dengan Rumus =AVERAGEA(A2:A11)
  3. Ingat A2:A11 adalah tempat data awal dan data akhir anda. Jika data awal anda di B2 dan data akhir di B20 maka rata-rata data menggunakan rumus =AVERAGEA(B2:B20).
  4. Cari nilai kuadrat selisih setiap data dengan rumus =(A2-$B$2)^2 kemuidan klik nilai tersebut dan tarik ujung kotak dari nilai tersebut ke bawah maka anda akan mendapatkan nilai berikutnya seperti pada tabel di kolom C2 hingga C10.
  5. Kemudian gunakan rumus =SUM(C2:C10) untuk mendapatkan nilai total. Disini diperoleh nilai total langkah ke 4 adalah 6788.4
  6. Selanjutnya gunakan rumus =SQRT(C13/(10-1)), karena banyak datanya adalah 10 maka n = 10.
  7. SQRT adalah rumus untuk mencari nilai akar dari sebuah data.
  8. Dari langkah-langkah diatas, maka diperoleh bahwa simpangan baku data tersebut adalah 27,46391572.
  9. Hasil ini sama dengan cara pertama. Namun, cara pertama lebih cepat dan mudah.

Jika anda ingin tau bagaimana Cara Mencari Modus di Excel untuk Data Tunggal dan Kelompok, silahkan baca artikel tersebut. Diartikel tersebut telah saya bahas secara mudah dan cepat untuk mendapatkan nilai modus untuk data tunggal dan kelompok.

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Simpangan Baku di Excel dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini maka silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tau bagaimana tips menghilangkan noda menguning di baju putih. Untuk mendapatkan informasi update lainnya, silahkan follow blog ini. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menghitung Simpangan Baku di Excel dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel