Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Saat ini bermain game tidak hanya di jadikan sebagai media untuk bersenang-senang dan menghabiskan uang. Melainkan gamers bisa dijadikan sebuah hobi positif yang dapat menghasilkan uang. Salah satu cara yang dapat di lakukan oleh para gamers untuk mendapatkan uang adalah menjadi seorang youtuber gaming. Youtuber gaming merupakan salah satu kegiatan yang dapat di jalankan oleh para gamers untuk mendapatkan uang dari hasil bermain game. Telah banyak para youtuber yang membuka peluang suksesnya dimulai dari menjadi Youtuber gaming. Contohnya saja Jess No Limit yang telah sukses dan terkenal dari bermain game Mobile Legends. Kesuksesan yang diraihnya diperoleh dari kerja keras dan komitmennya dalam bermain game ML.
Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Untuk menjadi seorang youtuber gaming maka ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan. Peralatan tersebut meliputi perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware). Perangkat-perangkan ini sangat Anda butuhkan agar bisa membuat sebuah konten atau video yang menarik untuk para penonton. Secara garis besar peralatan yang Anda butuhkan adalah Sebuah HP/Laptop, Game, Perekam Layar dan Software Editing. Ini hanya secara garis besar saja. Nah, pada kesempata kali ini saya akan berbagi kepada Anda tentang apa saja peralatan yang dibutuhkan seorang Youtuber gaming. Untuk mempersingkat waktu langsung saja saya membahasnya.

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware


#1 Perangkat Lunak (Software)


1. Game


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Untuk menjadi youtuber gaming tentunya Anda harus memiliki aplikasi game. Game apa saja dan diusahakan mencari game yang seru untuk dimainkan dan juga di tonton. Cari game yang populer dan pelajari game tersebut sampai Anda handal. Pada tahun 2018 kemarin hingga sekarang 2019 game yang masih populer untuk dimainkan dan dijadikan oleh para youtuber adalah game Mobile Legends dan Game PUBG. Game online berbasis android yang bisa dimainkan sendiri dan bersama teman.

Baca Juga : Game Online Mobile Terbaik Dan Terpopuler Yang Seru Untuk Dimainkan

Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang game-game yang ingin Anda mainkan. Apakah game tersebut akan banyak ditonton atau tidak nantinya (Survei Pasar). Anda bisa menanyakan seputar game melalui forum-forum para gamers dan youtuber gamers Indonesia. Ada banyak forum gamers dan youtuber gaming yang bisa Anda gabung. Forum tersebut bisanya terdapat di Facebook ataupun Google+.

2. Software Rekam Layar


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Software Rekam layar adalah Software yang memiliki kemampuan merekam layar HP ataupun Laptop Anda. Software ini akan merekam apa saja yang tampil pada layar HP ataupun PC ketika aplikasi ini dijalankan. Untuk HP Android aplikasi rekam layar yang bagus adalah Game Screen Recorder dan Game Genie. Untuk Laptop Anda bisa menggunakan aplikasi Camtasia Studio aplikasi ini merupakan aplikasi Editing video di PC sekaligus memiliki kemampuan untuk merekam layar PC Anda. Camtasia Studio merupakan aplikasi yang sederhana dan ringan ketika dijalankan, namun memiliki fitur yang banyak.

3. Aplikasi Editing Video


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Kemudian perangkat lunak yang paling penting ketiga adalah Software Editing Video. Ya, setelah Anda membuat konten atau video. Maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu melakukan proses Editing video. Agar video yang Anda buat bisa lebih menarik lagi ketika ditonton. Anda bisa menambahkan efek video, suara, penambahan musik, pencahayaan dan lain-lain. Sesuai dengan kreativitas dan kemampuan Anda dalam menggunakan aplikasi video Editing.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang 4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtuber Pemula Sampai Berpengalaman. Aplikasi tersebut merupakan 4 aplikasi yang saya rekomendasikan. Masih banyak lagi aplikasi video Editing lain yang tidak saya sebutkan. Nah tugas Anda adalah memilih aplikasi Video Editing sesuai dengan kemampuan Anda. Agar Anda bisa lebih leluasa berimajinasi saat mengedit video tersebut.

4. Aplikasi Editing Suara


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Aplikasi Editing suara diperlukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memberikan efek pada suatu suara atau mengambil suara dari suatu video. Salah satu aplikasi edit suara yang dapat Anda gunakan adalah Audacity. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengubah video menjadi mp3. Jadi Anda bisa mengambil suara seperti musik dari suatu video. Atau Anda juga bisa mengubah suara laki-laki menjadi perempuan menggunakan aplikasi ini. ya semua itu kembali lagi kepada Anda dan apa yang Anda butuh kan agar vide tersebut menjadi lebih menarik.


#2 Perangkah Keras (Hardware)


1. HP atau PC (Laptop)


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Nah sudah tentu alat yang paling penting ketika Anda ingin menjadi youtuber gamming adalah HP atau PC. Usahakan HP atau PC yang Anda gunakan adalah HP dan PC dengan spesifikasi yang melebihi kebutuhan dari Game Tersebut. Misalkan game membutuhkan HP dengan Ram 2 GB maka Anda usahakan memiliki HP dengan Ram 3GB. Hal ini bertujuan agar ketika Anda memainkan game maka HP dan Laptop Anda tidak lemot atau hang. Karena Anda tidak hanya menjalankan aplikasi game ketika ingin bermain melainkan Anda juga menjalankan aplikasi rekam layar HP. Jadi Anda memerlukan HP dengan spesifikasi yang lebih dari pada kebutuhan gema. Agar video yang dihasilkan lebih bagus. Ketika Anda menggunakan PC atau Laptop Anda juga bisa menambahkan kelengkapan seperti mouse. Namun tergantung dari kebiasaan Anda, apakah lebih suka menggunakan mouse atau keyboard.

2. Kamera dan Lampu Tambahan


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Kamera dan Lampu bertujuan untuk merekam wajah Anda ketika bermain game dan lampu sebagai pencahayaan agar wajah Anda tidak gelap saat bermain game. Nah ini tentu saja tergantung dari seberapa PD Anda saat wajah Anda di rekam. Ada beberapa youtuber yang hanya membuat konten video tanpa menampilkan wajah mereka karena beberapa alasan. Namun, menurut saya menampilkan ekspresi wajah Anda ketika bermain game merupakan salah satu daya tarik seseorang ketika menonton video Anda.

Jika Anda memiliki uang yang lebih maka, Anda bisa menggunakan kamera HP yang berbeda untuk merekan wajah Anda dengan HP yang Anda gunakan untuk bermain game. Jadi ada dua video yang akan Anda dapatkan yang pertama video permainan game dari hasil rekam layar HP dan video ekspresi wajah Anda ketika bermain game. Kemudian kedua video ini Anda sinkronkan ketika proses Editing. Namun jika Anda hanya memiliki satu HP maka Anda bisa merekam layar sekaligus wajah Anda ketika bermain game menggunakan kamera depan. Gunakan apa saja yang Anda miliki. Minimal untuk menjadi youtuber gaming Anda memiliki satu HP yang spesifikasinya bagus.

3. Mike dan Headset


Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware

Mike berfungsi agar suara Anda jelas ketika di rekam. Ketika Anda ingin menjadi Youtuber gaming usahakan untuk menambahkan suara Anda ketika bermain game. Anda bisa menjadi Host atau pembawa acara pada gema Anda. Hal ini bertujuan agar penonton tidak bosan ketika menonton video tanpa suara. Nah, skil publik speaking Anda akan di uji di sini. Jika pembawaan Anda menarik dan lebih have fun ketika bermain maka penonton akan menyukainya. Mulailah mengasah kemampuan Anda berbicara di depan kamera Anda. Mungkin awalnya berat namun itu normal. Tanpa adanya star maka finis masih jauh dan bahkan menjauh.

4. Green Screan

Apakah Anda pernah melihat seorang Youtuber gamer yang menampilkan wajahnya saat bermain game, tanpa Anda Background belakang atau Background belakang mereka adalah game itu sendiri. Teknik ini dinamakan dengan teknik Green Screan. Green Screan adalah sebuah teknik dalam mengedit video untuk menghilangkan Background atau latar pada video. Green Screan ini membutuhkan latar berwarna Hijau (Green). Maka Anda perlu sebuah kain hijau untuk dijadikan latar belakang video Anda. Kemudian Anda memerlukan aplikasi edit video yang memiliki fitur Green Screan. Nah pada Camtasia Studio sendiri telah dilengkapi dengan fitur ini.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Emblem Mobile Legend Dengan Cepat Untuk Semua Hero

Itulah artikel tentang Peralatan Untuk Menjadi Youtuber Gaming – Software and Hardware. Semua peralatan di atas sebisanya Anda miliki. Jika belum bisa semuanya setidaknya Anda bisa memiliki satu HP atau PC untuk merekam dan mengedit video Anda. Beli perlengkapan di atas satu persatu ketika telah memiliki cukup uang. Pelajarilah tentang cara mengedit video agar bisa lebih menarik serta pelajari juga tentang publik speaking. Hal ini bertujuan agar Anda mampu menarik banyak minat orang untuk menonton dan melihat video Anda. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel