18 Cara Mengatasi Facebook Yang Tidak Bisa Mengirim Pesan

18 Cara Mengatasi Facebook Yang Tidak Bisa Mengirim Pesan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang masalah yang terkadang dijumpai saat anda menggunakan Facebook, lebih khususnya Facebook Messenger.

Anda mungkin penah mengalami saat ingin mengirim pesan ke teman melalui Facebook Messenger yang terjadi pesan tersebut tidak terkirim. Anda telah mencoba mengirim pesan facebook melalui web browser facebook mapun aplikasi facebook yang resmi namun hasilnya sama saja, pesan tersebut tidak dapat terkirim.

Berdasarkan kasus tersebut maka kami akan berbagi beberapa hal yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi pesan facebook yang tidak bisa terkirim. Namun, sebelum itu kenali beberapa alasan mengapa pesan facebook tidak bisa terkirim.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Saya Tidak Mendapatkan Kode Konfirmasi Facebook


Apa Penyebab Facebook Messenger Tidak Bisa Mengirim Pesan?

Ada beberapa penyebab yang perlu anda ketahui, mengapa facebook messenger tidak dapat mengirim pesan. Untuk bisa menerapkan solusi yang tepat maka anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah sebab-sebab umum facebook messenger tidak dapat mengirim pesan.

  1. Penyebab pertama adalah Layanan Facebook Messenger yang sedang mengalami masalah atau sedang offline
  2. Akun facebook anda mendapat pembatasa atau di blokir oleh teman anda melalui kontak messenger.
  3. Mendapatkan pembatasan dari Facebook
  4. Terdapat masalah pada jaringan internet anda.
  5. Pemadaman Lampu yang menyebabkan hilang sinyal atau sinyal lemah.
  6. Aplikasi Facebook anda belum diupdate.


18 Cara Mengatasi Facebook Yang Tidak Bisa Mengirim Pesan

Tahukah anda bahwa cara mengatasi facebook yang tidak bisa mengirim pesan ternyata sangat mudah. Maka dari itu anda bisa mencoba beberapa solusi dibawah ini untuk mengatasi masalah facebook yang tidak dapat mengirim pesan.

Cara Mengatasi Facebook Yang Tidak Bisa Mengirim Pesan


1. Terjadi Masalah Layanan Facebook

Langkah pertama adalah mengecek apakah Layanan Facebook sedang mengalami down atau tidak. Karena pernah beberapa kali layanan facebook down, menyebabkan kita tidak dapat mengakses facebook berserta semua layanan yang diberikan.

Oleh karena ini, Layanan Facebook memungkinkan anda tidak dapat mengirim pesan dan menggunakan layanan pesan facebook. Ada banyak hal yang menyebabkan facebook down, seperti sedang offline, perawatan atau sedang mengalami kesalahan dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apakah Layanan Facebook sedang down atau tidak, anda bisa mendapatkan informasi ini melalui berita, media sosial atau website downdetector.

Solusinya: Anda hanya bisa menunggu hingga Layanan Facebook normal kembali.

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Video Facebook Yang Tidak Bisa Diputar


2. Perbaiki Masalah Pada Aplikasi

Jika Layanan Facebook Normal, maka kemungkinan masalahnya terdapat pada aplikasi facebook yang anda gunakan, maka cobalah untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Cobalah untuk memerikasa apakah anda menggunakan aplikasi facebook yang resmi atau tidak. Jika tidak, hapus aplikasi tersebut dan download aplikasi facebook resmi melalui google play store.
  • Terkadang masalah tidak dapat mengiri pesan facebook diakibatkan oleh aplikasi Faceboo yang sedang crass di hp anda (atau lambat loading). Maka dari itu, solusinya adalah silahkan keluar dari aplikasi facebook atau browser yang anda gunakan atau tutup sepenuhnya (berhenti paksa) aplikasi tersebut lalu buka kembali kembali. Jika anda menggunakan aplikasi android maka ada fitur berhenti paksa aplikasi silahkan di cek. Atau anda bisa mencari di google bagaimana cara berhenti paksa aplikasi di hp anda.
  • Instal ulang aplikasi, karena terkadang aplikasi facebook yang anda gunakan telah mengalami error atau kehilangan beberapa data penting karena salah hapus atau lainnya. Maka dari iu, cobahalah untuk menginstal ulang aplikasi untuk memperbaiki masalah ini.


3. Perbaiki Masalah Koneksi Internet

Masalah koneksi internet dapat menyebabkan tidak dapat mengirim pesan facebook. Maka dari itu lakukan beberapa solusi dibawah ini.

  • Cobalah untuk memeriksa koneksi internet anda apakah kecepatnnya cepat atau lambat. Anda bisa mengetes kecepatan internet dengan membuka aplikasi youtube, twitter atau dengan browsing. Maka akan terlihat apakah loading halaman cepat atau lambat.
  • Gunakan koneksi internet yang berbeda. Jika anda pertama menggunakan data seluler maka cobalah untuk menggunakan sinyal WiFi, bisa saja jaringat data seluler anda sedang tidak bagus. Begitu pula sebaliknya.
  • Jika anda pertama menggunakan WiFi, cobalah untuk mengganti jaringat ke data seluler. Karena bisa saja WiFi yang anda gunakan sedang gangguan.
  • Nonaktifkan Mode Hemat data. Mungkin anda pernah mengaktifkan mode tersebut dan lupa menonaktifkan kembali, sehingga dapat menggangu koneksi internet dan mencegah anda bisa mengirim pesan facebook dengan cepat akibat pembatasan jaringan.


4. Perbaiki Masalah Pada Perangkat Laptop, PC atau HP

Ketika anda tidak dapat mengirim pesan melalui facebook maka ada kemungkinan perangkat yang anda gunakan seperti laptop, pc atau hp sedang mengalami masalah. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda lakukan.

  • Cobalah untuk menghidupkan dan mematikan kembali Mode Pesawat. Aktifkan Mode Pesawat >> Tunggu 2 menut >> Non-Aktifkan Kembali. Dengan mengaktifkan dan menghidupkan kembali Mode Pesawat dapat merefresh jaringat jaringan internet pada hp atau laptop anda. Terkadang jaringan laptop sedang error sehingga perlu di refresh.
  • Cek VPN di HP Anda. Silahkan cek apakah aplikasi VPN sedang aktif atau tidak. Baik itu aplikasi dari pihak ke tiga atau aplikasi VPN bawaan hp. Dengan VPN yang aktif maka facebook akan mendeteksi bahwa kemungkinan yang sedang menggunakan facebook anda adalah orang lain, sehingga layanan kirim pesan dan aktivitas lainnya dibatasi.
  • Jika masih belum bisa mengirim pesan lewat fb maka cobalah untuk Restart Laptop, PC atau HP anda. Dengan merestart hp, dapat memperbaiki segala masalah yang terjadi di aplikasi maupun sistem operasi perangkay anda.


5. Belum Update Aplikasi

Hal ini yang terkadang tidak disadari saat anda menggunakan aplikasi di hp atau laptop anda. Terkadang kita lupa untuk memperbaharui aplikasi yang kita gunakan sehingga membuat aplikasi tersebut menjadi error. Berikut beberapa aplikasi yang harus anda update.

  • Update aplikasi Facebook yang anda gunakan untuk mengirim pesan.
  • Update aplikasi Browser yang anda gunakan untuk membuka akun facebook.
  • Updata sistem operasi yang anda gunakan. Jika anda menggunakan hp, maka anda perlu mengupdate hp anda ke versi terbaru untuk mendapatkan pembaruan. Karena umumnya program atau aplikasi terus mengalami pembaruan untuk meningkatkan keamanan dan memenuhi kebutuhan pengguna.


6. Cek Lingkaran Pertemanan dan Pelanggaran

Pada beberapa kasus anda tidak dapat mengirim pesan ke orang yang belum berteman karena teman anda membatasi hal tersebut. Selain itu, pelanggaran lain yang membuat anda dibatasi oleh facebook juga dapat menyebabkan anda tidak dapat mengirim pesan dan lainnya.

  • Coba untuk cek apakah anda telah berteman atau belum di fb. Mungkin anda belum menyadari bahwa anda sebenarnya belum mengajukan dan menerima pertemanan di akun facebook anda sehingga anda tidak dapat mengirim pesan. Karena jika anda mengirim pesan ke orang yang belum berteman bisa dianggap spam. Terkadang beberapa orang juga membatasi untuk menerima pesan hanya daro orang yang telah berteman.
  • Mungkin anda telah di blokir. Hal ini sangat memungkinkan karena facebook memiliki fitur blokir teman dan juga blokir pesan. Sehingga anda tidak dapat mengirim pesan ke teman tersebut. Pastikan anda tidak di blokir.
  • Penyebablainnya anda tidak dapat mengirim pesan di facebook adalah pelanggaran dan pembatasan. Hal ini bisa terjadi jika anda terlalu banyak mengirim atau memposting konten-konten yang melanggar kebijakan facebook. Oleh karena itu, anda harus menghapus atau membersihkan konten-konten tersebut terlebih dahulu di profil facebook anda.


Solusi Tidak Bisa Mengirim Pesan di Facebook

Setelah semua solusi diatas sudah anda coba, maka berikut ada beberapa solusi lain yang dapat anda coba. Cobalah untuk menghapus data cache aplikasi facebook dan web browser yang anda gunakan. Karena memori cache yang telah penuh dapat membuat aplikasi menjadi bekerja tidak optimal.

Baca Juga: Cara Agar Facebook Berhenti Mengirim Email Notifikasi

Itulah artikel tentang 18 Cara Mengatasi Facebook Yang Tidak Bisa Mengirim Pesan. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Siapa tahu mereka juga sangat membutuhkan informasi ini. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel lainnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel