Cara Buat Folder Baru di Laptop Windows 7, 8, 10 dan 11

Cara Buat Folder Baru di Laptop Windows 7, 8, 10 dan 11. Folder adalah sebuah program komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan segala jenis file, seperti video, gambar, dokumen, file, aplikasi dan lain sebagainya.

Pada saat anda membeli laptop, secara umum laptop akan memiliki beberapa folder default yang telah ada. Namun, jumlahnya terbatas dan berisi program-program dasar komputer atau laptop yang sangat banyak.

Baca Juga: Cara Melihat Spek Komputer Windows 10 Dengan Mudah

Sehingga ketika anda menyampur semua file di folder tersebut takutnya anda salah menghapus program, mengakibatkan error dan membuat virus komputer cepat menyebar melalui file yang anda download atau copy. Sehingga penting bagi anda untuk menginstal antivirus terbaik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman dan Mudah

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk membuat folder-folder khusus untuk berbagai jenis file dan kategori. Misalkan anda memiliki file kuliah, maka buat folder khusus kuliah untuk menyimpan semua filde perkuliahan disana. Atau anda juga bisa membuat folder khusus untuk film, program, dokumen dan lainnya.


Cara Buat Folder Baru di Laptop Windows 7, 8, 10 dan 11

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat folder di dokumen komputer atau laptop anda? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana langkah langkah untuk membuat folder baru dengan menggunakan mouse dan keyboard. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Buat Folder Baru di Laptop Windows 7, 8, 10 dan 11

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi file explorer di laptop atau pc anda.
  2. Selanjutnya, silahkan masuk ke penyimpanan laptop anda misalkan Local Disk C, D atau E. Silahkan pilih mana saja yang anda inginkan.
  3. Untuk membuat folder baru, arahkan kursor ke daerah yang kosong memudian Klik Kanan >> New >> Klik Folder. Atau anda bisa klik kombinasi tombol CTRL + SHIFT + N.
  4. Maka akan muncul folder baru "New Folder".
  5. Silahkan berikan nama folder tersebut sesuai keinginan anda. Misalkan saya ingin membuat folder baru yang berisi film action, maka saya memberi nama "Film Action".
  6. Setelah beri nama folder, terakhir klik enter pada keyboard.

Bagaimana jelaskan langkah langkah cara membuat folder baru pada Windows 7 diatas. Langkah-langkah diatas dapat anda coba untuk windows versi lainnya sepert windows 8, 10 dan 11.


Membuat New folder Ctrl Apa?

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, untuk membuat new folder atau folder baru menggunakan kombinasi CTRL + SHIFT + N. Dengan menekan ketiga kombinasi tombol tersebut, maka new folder akan secara otomatis muncul di penyimpanan laptop dan komputer anda. Silahkan ganti nama seseuai yang anda inginkan kemudian enter.


Bagaimana Cara Mengubah Nama Folder?

Jika anda telah membuat nama folder dan ingin mengubahnya maka caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Klik folder tersebut.
  2. Kemudian klik kanan pada folder.
  3. Pilih Rename.
  4. Ubah nama folder sesuai keinginan anda.


Apa perbedaan antara file dan folder?

Mungkin anda perna diatasnya tentang jelaskan perbedaan file dan folder serta berikan contohnya?. Jawabannya adalah

1. Pengertian File

File adalah kumpulan data yang disimpan dalam satu unit, diidentifikasi dengan nama file. Ini bisa berupa dokumen, gambar, aliran audio atau video, perpustakaan data, aplikasi, atau kumpulan data lainnya.

Contohnya:

  1. Dokumen File meliputi file teks, seperti dokumen Word, dokumen RTF (Rich Text Format), PDF, halaman Web, dan lain-lain.
  2. File Gambar Seperti JPEG, GIF, BMP, dan file gambar berlapis, seperti dokumen Photoshop (PSD).
  3. File audio seperti MP3, AAC, WAV, AIF, dan beberapa lainnya.
  4. File video yang dapat dikodekan dalam format MPEG, MOV, WMV, atau DV, hanya untuk beberapa nama.

2. Pengertian Folder

Folder adalah sebuah program komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan segala jenis file, seperti video, gambar, dokumen, file, aplikasi dan lain sebagainya. Folder dibuat untuk mengatur file. 

Folder juga disebut direktori karena cara mereka mengatur data dalam sistem file perangkat penyimpanan. Semua folder adalah subfolder, atau subdirektori dari direktori root.

Misalnya, di Windows, C:\ adalah direktori root dari disk mulai. Aplikasi Internet Explorer diinstal di direktori C:\Program Files\Internet Explorer, yang juga merupakan jalur direktori folder Internet Explorer.

Contohnya:

  1. Ketika anda ingin menyimpan foto digital maka anda bisa menyimpannya di folder "Gambar".
  2. Begitu juga ketika anda ingin menyimpan file-file musik, dokumen, program dan lainnya maka anda bisa menyimpannya di folder yang berbeda sesuai dengan type file.

Jadi, perbedaan file dan folder adalah: file adalah kumpulan data seperti gambar, video, dokumen, aplikasi dan lainnya. Sedangkan folder adalah tempat untuk menyimpan file berdasarkan kategorinya masing-maisng.

Baca Juga: Laptop Lama Tidak Dipakai Maka Apa Yang Akan Terjadi

Itulah artikel tentang Cara Buat Folder Baru di Laptop Windows 7, 8, 10 dan 11. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang bingung bagaimana langkah langkah membuat folder di laptop atau komputer windows 11 dan lainnya. Mungkin itu saja pembahasan dari saya, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali diartikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang