2 Rumus Akar di Excel dan Cara Menghitung Akar Pangkat 2, 3, 4, & 5

2 Rumus Akar di Excel dan Cara Menghitung Akar 2, 3, 4, & 5. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi terbaik yang digunakan untuk mengolah data, karena aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi atau rumus matematik dan dilengkapi dengan grafik dan diagram untuk membuat data menjadi lebih mudah untuk disimpulkan.

Salah satu rumus matematika yang ada di excel adalah rumus untuk mencari akar dan pangkat. Nah, dengan begitu maka anda bisa dengan sangat mudah untuk mencari nilai akar dan pangkat dari sebuah bilangan tanpa harus menghitung manual dan juga tidak membutuhkan kalkulator. Namun pertanyaannya adalah apa fungsi atau rumus akar dan pangkat di excel. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


2 Rumus Akar di Excel dan Cara Menghitung Akar 2, 3, 4, & 5

Tahukah anda bahwa rumus akar di excel sangat mudah dan sangat sederhana. Ada dua rumus di excel yang dapat kita gunakan untuk mencari akar dari sebuah nilai, yaitu menggunakan rumus SQRT dan Rumus POWER. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan rumus sqrt dan power untuk mencari nilai akar dari sebuah angka.


1. Menggunakan Rumus Akar atau SQRT

SQRT adalah rumus yang digunakan untuk mencari akar dari sebuah nilai atau dalam artian akar pangkat dua dari sebuah nilai. Misalnya anda ingin mencari nilai dari akar 64 maka anda bisa menggunakan rumus SQRT. Bagaimana cara menggunaka-nya silahkan baca selengkapnya.

=SQRT(angka)

ini adalah rumus untuk akar pangkat 2 atau akar dari sebuah nilai. Misalnya saja akar 2 maka rumus di excel menjadi =SQRT(2) hasilnya adalah 1,41.

Misalnya akar dari 111 maka rumus-nya =SQRT(111) hasilnya 10,54.


2. Menggunakan Rumus Pangkat atau POWER

POWER sejatinya adalah sebuah rumus atau fungsi yang digunakan untuk mencari nilai pangkat dari sebuah angka. Misalnya anda ingin mencari nilai 100 dipangkat dengan 2 maka anda bisa menggunakan rumus ini. Karena akar adalah bentuk lain dari pangkat seper (akar pangkat berapa). Misalnya akar pangkat 3 maka sama artinya kita pangkatkan nilai tersebut dengan seper 3. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Rumus Akar di Excel dan Cara Menghitung Akar Pangkat 2, 3, 4, & 5
  1. =POWER(number;power) ini yang versi excel menggunakan titik koma.
  2. =POWER(number,power) ini yang versi excel menggunakan koma, silahkan disesuaikan.

Power adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mencari nilai pangkat dari sebuah bilangan. Misalnya kita ingin mencari nilai dari 2 pangkat 3 maka rumus pangkat di excel =POWER(2;2).

Ingat:

  • Jika kita mengakarkan sebuah nilai maka sama artinya dengan nilai tersebut dipangkatkan dengan 1/2 atau seper 2.
  • Untuk nilai akar pangkat 3 maka sama artinya dengan kita membuat nilai tersebut dipangkatkan dengan 1/3 atau seper 3.
  • Begitu seterusnya untuk akar pangkat 4 sama artinya dengan nilai dipangkatkan dengan 4 atau seper 4.

Maka

  • Rumus dari akar 8 adalah =POWER(8;1/2) hasilnya 2,83
  • Rumus Akar pangkat 3 dari 32 adalah =POWER(32,1/3) hasilnya 3,17.
  • Begitu juga untuk Rumus Akar pangkat 4 dari 72 adalah =POWER(8,1/4) hasilnya 2,91.
  • Dan Rumus Akar pangkat 5 dari 144 adalah =POWER(8,1/5) hasilnya 2,70.
  • Begitu untuk akar pangkat 6, 7, 8 dan seterusnya.

Baca Juga:

  1. Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat
  2. Cara Mencari Median di Excel dengan Rumus Cepat
  3. Cara Mencari Modus di Excel untuk Data Tunggal dan Kelompok

Itulah artikel tentang 2 Rumus Akar di Excel dan Cara Menghitung Akar 2, 3, 4, & 5. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara memberikan warna pada data tabel excel secara manual dan otomatis bergantung pada kondisi tertentu. Klik link berikut untuk baca artikel seputar tutorial Microsoft Excel lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel