Cara Memunculkan Rumus Pada Grafik Excel Dengan Mudah

Cara Memunculkan Rumus Pada Grafik Excel Dengan Mudah. Microsoft excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengolah data dan menginterpretasikan data tersebut dalam bentuk tabel, grafik dan diagram. Saat menganalisis data menggunakan grafik terkadang kita ingin tahu bagaimana hubungan antara variabel x dan y melalui persamaan garis yang dibentuk, seperti persamaan regresi linear pada grafik linear.

Namun, pertanyaannya apakah kita bisa mengetahui apa persamaan dari grafik tersebut di excel? Jawabannya adalah bisa. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menampilkan rumus pada grafik di excel dengan sangat mudah. Jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Memunculkan Rumus Pada Grafik Excel Dengan Mudah

Untuk menampilkan rumus pada grafik di excel maka kita bisa menggunakan fitur add trendline dimana fitur ini bisa anda dapatkan setelah membuat grafik dan klik kanan pada garis atau data di dalam grafik. Setelah itu maka akan muncul banyak pilihan yang bisa anda pilih sesuai dengan trend grafik anda. Jika sekiranya trend grafik anda adalah linear maka silahkan pilih yang tipe regresi linear, jika eksponen, log dan lainnya silahkan pilih yang sesuai. Untuk langkah-langkah lengkapnya silahkan ikuti dibawah ini.

Cara Memunculkan Rumus Pada Grafik Excel Dengan Mudah

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi excel.
  2. Masukkan data anda dan buat grafik menggunakan data tersebut sesuai kebutuhan anda. Misalnya anda membuat grafik dengan tipe scatter with smooth lines.
  3. Setelah grafik tersebut jadi, silahkan klik line yang terbentuk pada grafik tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan klik kanan pada garis tersebut dan pilih ADD Trendline. Maka akan muncul banyak pilihan Trendline.
  5. Pilih type trendline yang sesuai dengan data anda, seperti type regresi linear, eksponensial, logaritma, polinom dan lainnya.
  6. Beri tanda centang pada Display Equation on Chart dan R-Squared.
  7. Jika sudah silahkan klik Close, maka rumus pada grafik akan muncul.

Cara Memunculkan Rumus Pada Grafik Excel

Itulah artikel tentang Cara Memunculkan Rumus Pada Grafik Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda yang belum tahu bagaimana cara memunculkan rumus pada grafik di excel sesuai dengan type data. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Untuk artikel seputar dasar-dasar penggunaan excel silahkan klik link berikut ini: Microsoft Excel.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel