Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Anda Hilang atau Dicuri

Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Anda Hilang atau Dicuri

Cara amankan akun WhatsApp ketika HP Anda hilang atau dicuri. Apa yang harus Anda lakukan ketika HP dan kartu SIM Anda hilang. Hal ini tentu saja mungkin terjadi kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Ketika HP Anda hilang, maka hal terburuk yang dapat terjadi adalah semua data pribadi yang ada pada HP Anda bisa saja di salah gunakan. Terutama akun WhatsApp Anda. bisa saja akun tersebut digunakan untuk melakukan penipuan kepada teman terdekat Anda. Nah, jika Anda tidak ingin hal ini terjadi. Maka ada beberapa langkah atau prosedur yang telah dijelaskan pada Website Resmi WhatsApp. Langkah-langkah tersebut akan saya jelaskan secara lebih rinci kepada Anda telang langkah dan apa saja yang terjadi ketika Anda tidak mengaktifkan akun dalam waktu 30 hari setelah dinonaktifkan.

Baca Juga : Cara Setting WhatsApp Agar tidak Download File Secara Otomatis Terbaru 2019
Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Anda Hilang atau Dicuri

Tentu akan sangat di sayangkan jika Anda harus kehilangan akun tersebut. Terlebih lagi jika Anda seorang pelaku bisnis yang telah memiliki banyak klien dan teman bisnis. Maka ada pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan akun tersebut. Sebagai langkah awal yang bisa Anda lakukan pada akun WhatsApp adalah dengan menambahkan alamat email pencadangan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menyelamatkan semua data dan akun Anda. Pada pencadangan pesan. Langkah ini hanya bisa dilakukan sebelum HP hilang dan Anda telah mengkonfirmasi pencadangan pesan. Lantas bagaimana yang harus dilakukan ketika HP hilang atau dicuri. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Anda Hilang


1. Blokir Kartu SIM Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memblokir kartu SIM Anda. Hal ini bertujuan agar kartu SIM Anda tidak disalah gunakan, terutama digunakan untuk mengaktifkan akun WhatsApp Anda. Tentu saja Anda tidak ingin akun WhatsApp Anda di ambil alih oleh orang lain. Apalagi jika orang tersebut mengambil kesempatan dan melakukan hal yang buruk.

Baca Juga : Hati-hati Pengguna WhatsApp Plus dan GB WhatsApp Mulai kena Blokir Terbaru 2019

Cara ini mengharuskan Anda kehilangan kartu SIM dan akun WhatsApp. Anda bisa memblokir kartu SIM tersebut dengan cara menghubungi pihak layanan seluler Anda seperti Telkomsel, XL, Tri dan lainnya. Anda juga bisa datang langsung ke tempat penyedia layanan terdekat. Beritahu mereka untuk segera memblokir kartu tersebut dengan alasan Hilang. Setelah kartu SIM Anda berhasil di blokir maka kartu tersebut tidak dapat menerima dan mengirim pesan ataupun panggilan. Dengan demikian maka orang lain tidak bisa melakukan verifikasi akun WhatsApp Anda menggunakan nomor tersebut. Hal ini dikarenakan WhatsApp akan melakukan proses verifikasi dengan cara mengirim SMS atau panggilan.

2. Aktifkan nomor kartu SIM yang lama pada kartu SIM yang baru.

Ingat : Bahwa WhatsApp hanya dapat diaktifkan menggunakan satu nomor pada waktu yang bersamaan. Artinya setiap satu nomor hanya bisa menampung satu akun WhatsApp.

Anda masih bisa menggunakan nomor lama Anda dengan kartu SIM yang baru. Cara ini jika Anda sayang dengan kartu SIM atau kartu tersebut sangat penting bagi Anda. Maka Anda tidak perlu memblokir kartu tersebut. Anda segera datang ke kantor penyedia layanan seluler terdekat. Sampaikan keluhan bahwa HP berserta kartu SIM Anda hilang atau di curi. Anda tetap meminta untuk memblokir kartu SIM yang lama, namun tidak memblokir nomor. Kemudian minta mereka untuk mengaktifkan nomor tersebut pada kartu SIM baru namun dengan nomor lama (yang telah hilang atau dicuri). Dengan demikian maka Anda dapat kembali melakukan verifikasi akun WhatsApp dan menyelamatkan akun Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab.


3. Kirim Email ke Pihak WhatsApp

Ketika HP berserta kartu SIM yang terlah terdaftar WhatsApp hilang. Maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengirimkan email pemberitahuan kepada pihak WhatsApp. Anda bisa mengunjungi Website resmi WhatsApp.

Tuliskan kalimat "Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya" Pada bagian badan surat/email dan di sertai dengan nomor telepon Anda lengkap dengan format internasional dari negara Anda. Untuk negara Indonesia maka Anda bisa menulis nomor dengan format +62 : Contoh lengkapnya +6285123456789. Dengan mengirimkan pesan melalui email maka pihak WhatsApp akan menon aktifkan akun WhatsApp Anda.

2 Hal Penting Yang Harus Di Ingat

  • Kartu SIM yang telah Anda di blokir dan layanan seluler telepon Anda telah dinonaktifkan. Akun WhatsApp tetap dapat digunakan menggunakan koneksi WI-FI. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda tidak memberitahukan atau mengirim pesan email kepada pihak WhatsApp untuk menonaktifkan akun WhatsApp Anda. Artinya setelah Anda memblokir akun maka Anda tetap mengirimkan email pemberitahuan untuk mengkonfirmasi penonaktifan akun WhatsApp tersebut.
  • Pihak WhatsApp tidak dapat membantu Anda untuk menemukan lokasi ponsel Anda. Kemudian menonaktifkan akun WhatsApp dari jarak jauh melalui perangkat atau Smartphone lain tidak mungkin dilakukan.
Baca Juga : Cara Jitu Melacak, Mengunci dan Melindungi Data Hp Android yang Hilang

Jika Anda telah melakukan pencadangan pesan WhatsApp menggunakan Google Drive, OneDrive ataupun iCloud sebelum HP Anda hilang. Maka Anda kemungkinan dapat melakukan pemulihan riwayat pesan pada akun WhatsApp. Hal yang bisa dipulihkan adalah riwayat pesan/Chat bersama teman dan grup serta semua grup yang telah Anda ikuti.

Apa Saja Hal Yang Akan Terjadi Ketika Anda Menonaktifkan Akun

  1. Akun WhatsApp Anda tidak sepenuhnya terhapus. Namun dalam status nonaktif.
  2. Kontak atau teman Anda tetap dapat melihat profil Anda.
  3. Kontak atau teman Anda tetap dapat melakukan pengiriman pesan kepada Anda dan akan berada dalam status pesan tertunda selama 30 hari.
  4. Jika Anda mengambil langkah untuk mengaktifkan kembali akun sebelum akun WhatsApp tersebut di nonaktifkan oleh sistem WhatsApp. Maka Anda akan menerima Chat atau pesan yang tertunda pada nomor/kartu SIM baru dan Anda masih bisa tergabung dalam grup Chat.
  5. Jika Anda tidak mengambil keputusan untuk mengaktifkan akun tersebut. maka dalam jangka waktu satu bulan atau 30 hari, akun tersebut akan sepenuhnya dihapus oleh WhatsApp dari sistem. Artinya akun WhatsApp secara permanen di hapus.

Itulah artikel tentang Cara Amankan Akun WhatsApp Ketika HP Anda Hilang. Jadi, kesimpulannya jika HP dan kartu SIM Anda yang telah terdaftar akun WhatsApp hilang. Maka Anda bisa mengambil langkah untuk menonaktifkan akun dan mengirim email pemberitahuan kepada pihak WhatsApp untuk menonaktifkan akun. Namun, jika Anda sayang dengan kartu SIM lama Anda maka Anda bisa menghubungi pihak layanan seluler Anda untuk mengaktifkan kembali nomor lama pada kartu SIM yang baru. Dengan nomor lama ini maka Anda bisa melakukan verifikasi akun untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda.

Sebelum waktu 30 hari sejak HP tersebut hilang maka Anda bisa mengaktifkan kembali WhatsApp. Dalam waktu tersebut akun WhatsApp Anda masih bisa menerima pesan namun dalam status pesan tertunda. Kemudian setelah akun di aktifkan maka pesan tertunda tersebut akan Anda terima. Setelah jangka waktu 30 hari penonaktifan, jika Anda tidak mengaktifkan akun WhatsApp maka sistem WhatsApp akan menonaktifkan akun Anda secara penuh.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"