Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah

Gammafisblog.com - Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah. Tipografi atau yang disingkat dengan typo adalah sebuah kesalahan ejaan saat proses mengetik (Wikipedia.org). Pada dasarnya kesalahan penulisan (typo) bukanlah sesuatu yang disengajakan. Namun, typo merupakan kesalahan pengetikan yang tidak disengaja, yang biasanya terjadi karena terburu-buru.
Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah

Kesalahan pengetikan (typo) biasanya merupakan huruf-huruf yang berada disekitar atau berdekatan dengan huruf yang dimaksud. Namun, karena terburu-buru maka huruf yang tertekan adalah huruf yang berada disekitar.

Baca Juga : Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan Ide Dalam Menulis?

Contohnya adalah saat kita ingin menulis "saya sedang belsjar" maksud anda yang sebenarnya adalah "saya sedang belajar". Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa typo merupakan sesuatu yang tidak disengaja.

Dari contoh diatas terlihat bahwa terjadi kesalahan ketik saat menulis belajar. Jika kita perhatikan huruf s dan a berada berdekatan. Hal inilah yang membuat kita terkadang tidak sengaja saat menulis.

Kesalahan ini juga disebabkan karena kita mengetik sebuah artikel tanpa memperhatikan keyboard dengan tujuan menulis cepat. Namun, kita malas untuk membacanya kembali. Jika kita mengetik dengan tenang dan santai serta tidak terburu-buru maka kesalahan ketik mungkin tidak terjadi. Namun, kita sebagai manusia biasa pasti tidak luput dari kesalahan.

Typo bisa menjadi sebuah masalah, karena akan mengakibatkan kesalahan dalam makna. Apa lagi anda yang suka berbagi artikel dan informasi kepada orang melalui media sosial. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk mengatasi masalah ini.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk terhindar dari typo saat menulis artikel di blog. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan atau menginstal library bahasa untuk mengecek tulisan secara otomatis. Jika anda menulis dengan bahasa inggris maka anda harus mengaktifkan library bahasa inggris. Jika anda menulis dengan bahasa Indonesia maka library bahasa Indonesia harus terinstal.

Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah

Untuk anda yang suka menulis di blog maka cara yang paling mudah untuk mengecek typo di blog adalah dengan mengaktifkan bahasa yang anda inginkan melalui menu pengaturan. Sebagai contoh saya akan mengaktifkan bahasa Indonesia di browser Google Chrome. Ketika library bahasa Indonesia telah diaktifkan maka setiap kesalahan ketik dalam artikel blog yang anda tulis melalui browser google chrome akan ditandai dengan garis berwarna merah dibawah kata tersebut.

Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah

Coba perhatikan contoh pada gambar diatas, terlihat bahwa saat terjadi kesalahan dalam ejaan (typo) maka akan ada garis berwarna merah dibawah kata tersebut. Garis berwarna merah tersebut sebagai indikator anda apakah artikel yang ditulis tidak ada kesalahan ketik atau tidak.

Garis berwarna merah tersebut bisa muncul ketika anda mengaktifkan library bahasa Indonesia pada browser Google Chrome. Jika kita mengaktifkan bahasa Indonesia maka kata ejaan bahasa inggris akan terdeteksi sebagai typo karena tidak terdapat dalam library bahasa Indonesia. Jika anda penasaran tentang bagaimana caranya maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.
  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi Google Chrome. klik icon titik 3 pada bagian kanan atas, kemudian klik menu setting.
Setting Google Chrome
  1. Klik menu Advanced >> Language
Settings Language in Google Chrome
  1. Pada bagian bahasa ada 2 pengaturan bahasa, yaitu pengaturan bahasa penggunaan aplikasi secara keseluruhan dan pengaturan bahasa untuk cek typo.
  2. Untuk cek typo maka anda silahkan mengaturnya pada bagian "Use Spell Check"
  3. Aktifkan bahasa Indonesia jika anda ingin mengecek typo dari artikel bahasa Indonesia.
Use Spell Check In Google Chrome

  1. Jika sudah diaktifkan maka google chrome akan mengecek kesalahan ejaan bahasa Indonesia secara otomatis. Kemudian memberikan indikator berwarna merah pada kata yang typo.
  2. Jika terdapat kata yang bergaris bawah merah seperti pada contoh diatas maka silahkan anda cek apakah terdapat kesalahan ejaan dalam kata tersebut. Dengan demikian maka anda dapat meminimalkan kesalahan ejaan (typo) saat menulis artikel di blog.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Minat Pembaca

Itulah artikel tentang Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda lebih ter khususnya para blogger. Untuk anda yang ingin mengecek typo saat menulis di word maka anda bisa membaca artikel yang telah saya bahasa sebelumnya. Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris. Dalam artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci tentang cara mengaktifkan library bahasa Indonesia pada Ms. Word untuk mengecek typo saat mengetik makalah atau lain sebagainya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Huruf Typo Saat Menulis Artikel Di Blog Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel