5 Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya

Gammafisblog.com - Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya. Mendapatkan banyak traffic adalah hal yang paling diinginkan oleh semua blogger. Sebab dengan adanya banyak traffic maka dapat dipastikan artikel yang dibagikan bermanfaat untuk banyak orang. Selain itu, blog  yang memiliki lalu lintas trafik yang ramai tentu dapat menghasilkan banyak uang. Hal ini buka cerita baru lagi untuk saat ini.

Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya

Sehingga, salah satu tujuan para blogger menulis artikel adalah mendapatkan banyak pengunjung. Mendapatkan banyak pengunjung memang menjadi sebuah kebanggaan, namun bagaimana reaksi anda jika trafik blog anda tiba-tiba turun drastis. Hal ini tentu akan membuat anda sedikit merasa panik dan keheranan kemudian bertanya-tanya apa penyebabnya.

Nah, hal ini serupa yang saya alami beberapa tahun lalu. Tiba-tiba trafik blog ini turun drastis tanpa ada tanda apa-apa. Tentu reaksi saya juga kaget plus heran. Saat itu juga saya mulai mencari tahu apa saja yang saya lalukan sehingga menyebabkan traffic blog menurun drastis. Ada dua waktu dimana trafik blog saya menurun. Yang pertama adalah pada bulan desember 2018 dan yang kedua adalah bulan maret sampai akhir juni 2019.

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger

Kedua pengalaman tersebut akan saya bagikan kepada anda agar anda tahu penyebab dan cara mengatasi trafik blog yang menurun. Simak pembahasan lengkap berikut ini:

Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya


1. Artikel Musiman dan Bukan Abadi

Penyebab pertama adalah artikel yang anda buat merupakan artikel musiman bukan artikel abadi. Apa yang dimaksudkan dengan artikel musiman dan abadi. Artikel musiman adalah artikel yang hanya dicari oleh seseorang ketika waktu tertentu. Misalnya artikel yang membahas tentang soal ujian nasional, maka artikel ini akan banyak dicari pada waktu menjelang ujian nasional. Oleh karena itulah mengapa pengunjung tiba-tiba turun secara gratis. Beda halnya jika anda membuat artikel abadi, artikel abadi artinya artikel tanpa musim dan selalu dicari oleh orang. Misalnya artikel tentang tutorial, artikel seperti ini akan banyak dicari oleh orang dari waktu ke waktu.

Hal inilah mengapa pada saat bulan desember 2018, pengunjung blog saya tiba-tiba turun secara drastis. Karena pada saat itu saya membuat artikel tentang perkuliahan sehingga ketika waktu kuliah libur maka tidak ada yang akan mengunjungi blog dan menyebabkan penurunan trafik. Saya menyadari hal tersebut, maka saya mulai membuat artikel yang sifatnya abadi tanpa musim. Seperti artikel tutorial dan lain sebagainya. Artinya cara mengatasi masalah ini adalah anda harus membuat artikel yang sifatnya abadi atau kombinasi artikel abadi dan musiman.

2. Mengganti Domain

Jika trafik blog anda turun secara drastis setelah mengganti alamat blog (Domain) maka itulah salah satu penyebabnya. Hal ini karena ketika anda mengganti alamat domain artinya google akan menganggap blog anda adalah blog barus. Maka google memerlukan waktu kembali untuk mengindeks blog anda dengan domain baru. Hal ini pernah saya alami ketika bulat maret sampai akhir juni 2019 lalu.

Ketika saya mengganti nama domain, yang terjadi adalah banyak artikel saya yang bergeser dari posisi page one. Akibat pergeseran ini maka akan sangat berpengaruh pada trafik. Hal ini juga yang membuat trafik blog turun secara drastis. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka anda jangan pernah mengganti nama domain anda. Jika anda ingin menggunakan domain berbayar maka gunakan lah dari awal, jangan sudah bertahun-tahun baru ganti.

3. Mengganti Template Yang Tidak SEO dan Responsive

Salah satu penyebab turunnya traffic blog adalah anda sering mengganti template dengan yang tidak SEO dan Responsive. Ketika anda mengganti template maka robot google akan kembali merayapi blog. Terjadinya perubahan struktur pada template akan sangat berpengaruh pada traffic anda, terutama jika anda tidak menggunakan template yang SEO dan Responsive. Nah, jika anda ingin serius dalam dunia blogger maka cobalah untuk mengumpul uang untuk membeli template yang premium.

4. Tidak Update Artikel Secara Konsisten

Konsistensi dalam menulis merupakan salah satu kendala bagi kebanyakan blogger pemula. Hal ini karena rasa kurang sabar dalam membangun blog. Sehingga ketika melihat blog tersebut tidak mampu menghasilkan, mereka mulai malas untuk menulis artikel. Tidak konsisten dalam menulis artikel setiap hari tentu akan memperburuk blog anda. Akibatnya terjadinya penurunan trafik yang sangat drastis. Jadi, ketika anda tidak ingin traffic blog menurun maka cobalah untuk tetap konsisten dalam menulis artikel.

Baca Juga : Manfaat Mengupdate Artikel Setiap Hari Di Blog Dengan Konsisten

5. Terkena Penalti dari Google

Google sangat keras bagi mereka yang melanggar aturan yang telah ditetapkan untuk para blogger. Sehingga google akan mengambil tindakan ketika blogger melanggar aturan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Jika anda melakukan pelanggaran yang diluar batas seperti melakukan copy paste, mengambil gambar blog orang lain tanpa izin, menggunakan robot untuk menaikkan rank dan lain sebagainya. Blogger yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut akan mendapatkan penalti dari google. Hal ini membuat peringkat blog anda turun dan menyebabkan traffic blog ikut menurun. Bahkan yang paling fatal adalah blog anda dapat dihapus. Untuk menghindari masalah ini maka anda harus mulai membuat artikel-artikel yang original.


Cara Mengatasi Penurunan Traffic Blog

Untuk cara mengatasinya telah saya bahas secara langsung dalam setiap poin diatas, namun untuk lebih memudahkan anda menangkap poin pentingnya. Maka kali ini saya akan memberikan poin penting tentang cara mengatasi penurunan traffic blog secara drastis.
  1. Buat artikel yang bersifat abadi yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang setiap harinya bukan artikel musiman. Contohnya adalah artikel tutorial.
  2. Jangan mengganti domain blog anda. Jika anda ingin menggunakan domain TLD (berbayar) maka gunakan dari awal blog dibuat dan jangan diganti jika umur blog telah bertahun-tahun.
  3. Jangan sering mengganti template, jika perlu gunakan satu template saja untuk selamanya.
  4. Update artikel secara konsisten.
  5. Jangan melanggar kebijakan Google tentang blogger. Buatlah artikel yang original karena lebih disukai oleh google.
Baca juga : Cara Mengetahui Backlink Website Orang Lain Menggunakan SEO SpyGlass

Itulah artikel tentang Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Anda juga bisa follow blog ini untuk mendapatkan artikel secara gratis setiap harinya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Penyebab Traffic Blog Menurun Drastis Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel