6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger

Gammafisblog.com - 6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger. Menulis adalah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang dengan menuangkan semua gagasan, ide, dan perasaannya melalui sebuah tulisan. Menulis bukan perkara mudah, namun juga bukan sesuai yang tidak dapat dipelajari. Semua orang bisa belajar untuk menjadi penulis, namun tidak semua mampu untuk bertahan. Hanya mereka yang pantang menyerah, mampu tuk bertahan dan dapat menjadi seorang penulis. Entah itu bertahan tuk menjadi penulis novel, buku ilmiah, atau bertahan menjadi seorang blogger.

Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis

Disini saya lebih menekankan topik pembahasan sebagai orang blogger, karena saya sendiri adalah blogger. Bagi seorang blogger membuat artikel original itu penting untuk perkembangan blog, artinya seorang blogger harus bisa menulis. Beda perkaranya jika anda orang yang memiliki banyak uang untuk membeli artikel. Karena saat ini telah banyak penyedia jasa tulisan. Disini saya juga lebih fokus pada blogger yang berusaha tuk menulis sendiri.

Kebanyakan seorang blogger adalah mereka yang suka menulis. Namun, tidak menutup kemungkinan sebagiannya lagi belum bisa menulis akan tetapi ingin belajar dan berusaha. Niat ingin belajar menulis patut untuk dihargai. Karena saya juga masih belajar untuk menulis. Oleh karena itu, saya meminta kepada anda tuk memberikan kritik dan saran kepada saya mengenai tulisan ini.

Baca Jua : Cara Mencari Banyak Keyword Untuk Judul Artikel Yang Tertarget

Sebagai seorang blogger pemula, yang pada awalnya memulai tulisan dengan niat ingin berbagi tanpa dasar skil menulis yang mempuni. Tentu saja saya memiliki kesulitan dan banyak kendala dalam membuat tulisan. Pada awal-awal saya sulit sekali menuangkan ide, gagasan dan perasaan saya kedalam bahasa tulisan. Bahkan, pada saat pertama saya memulai tuk menulis artikel blog membutuhkan waktu berjam-jam.

Menyandang status penulis blog pemula dengan minim skil menulis membuat semangat saja kadang ciut kadang membara. Jika saya sedikit flashback, maka yang terlihat adalah wajah seorang blogger yang suka copas sana copas sini. Ya, dulu saya pernah masuk kedua copas demi mendapatkan ribuan artikel dengan mudah. Namun, alih-alih ingin mendapatkan banyak pengunjung dengan jeratan artikel copas, malah blog tersebut sepi layaknya rumah yang tak berpenghuni.

Oleh karena itu saya mulai berfikir apa yang saya lakukan (copas artikel) tidak akan menuai hasil dan bahkan sia-sia. Saya pun meluruskan niat untuk coba menulis artikel original (hasil karya saya sendiri). Pertama kali mulai terasa berat dan tak tau mau menulis apa. Namun, karena niat untuk belajar menulis artikel original maka saya pun memulainya dengan membuat artikel dari pengalaman dan apa yang telah saya pelajari sebelumnya.

Membuat artikel dari pengalaman dan pengetahuan yang telah saya pelajari menjadi begitu mudah. Akhirnya saya mulai mengasah kemampuan menulis saya dari hal yang saya benar-benar paham. Walaupun bahasanya masih kurang bagus dan struktur kata yang jauh dari kesempurnaan, akan tetapi saya tetap mencoba untuk menulis.

6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger

Masih banyak lagi cara yang saya lakukan untuk terus mengasah kemampuan saya dalam menulis. Nah, agar lebih jelas maka saya akan menyajikan cara-caranya dengan poin-poin penting dibawah ini. Simak pembahasan selengkapnya.

1. Latihan-Latihan-Latihan

Kata kita bisa karena biasa itu adalah hal yang tepat untuk menjadi seorang penulis. Jika anda ingin menjadi penulis dan anda tidak pernah berlatih tuk menulis maka itu akan mustahil. Seorang penulis profesional pun tentu telah melewati proses latihan yang panjang. Dengan terus berlatih menulis maka kita akan terbiasa dan akan bisa menulis.

Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa, saya orang yang tidak memiliki skil menulis, akan tetapi saya terus mencoba mengasah skil menulis dengan membuat artikel setiap hari. Jika anda membaca artikel saya di awal-awal mungkin struktur kata akan sangat kacau dan tidak sebagus saat ini. Walaupun saat ini masih belum cukup bagus akan tetapi saya akan terus berlatih menulis. Melalui blog ini saya sekalian belajar menulis dengan cara berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat.

2. Banyak Membaca


Kesulitan Dalam Menulis

Menulis juga bisa dikatakan sebagai seni mengolah ide, gagasan dan pengetahuan yang kita miliki menjadi sebuah karya tulis. Ide, gagasan dan apa yang kita ketahui diperoleh dari apa yang kita lihat, baca, dan dengarkan. Membaca salah satu sumber referensi yang bisa melahirkan ide dan gagasan baru. Oleh karena itu penting bagi seorang penulis untuk banyak membaca, hal ini bertujuan agar kita memiliki banyak bahasa yang bisa dijadikan sebagai sebuah ide dalam tulisan. Nah, jika anda merasa kesulitan dalam menulis maka ada kemungkinan anda malas membaca. Dengan membaca maka akan banyak sekali sumber yang dapat anda olah didalam pikiran menjadi sebuah karya tulis.

3. Mulai Menulis dan Bangun Rasa Percaya Diri


Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel

Nah, yang membuat kebanyakan penulis kesulitan untuk menulis adalah karena sara kurang percaya diri. Ia merasa bahwa apa yang ditulis tidak bagus, akan ditertawakan atau malu dengan tulisan sendiri. Hal ini akan membuat skil menulis anda tidak akan berkembang dengan cepat. Setelah anda melakukan dua poin diatas, yaitu latihan-latihan-latihan dan banyak membaca, maka yang perlu anda lakukan adalah mulai menulis dengan rasa percaya diri. Jangan pernah menghambat kebebasan anda dalam menulis dengan rasa kurang PD dan takut apa penilaian orang. Mulailah menulis dengan bebas dan bangun gaya bahasa anda sendiri.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog Setiap Hari Tanpa Habis

4. Bagi Pengetahuan Dan Pengaman

Jika anda sulit untuk memulai menulis maka cobalah untuk ceritakan apa yang anda ketahui atau apa pengalaman anda. Misalkan anda memiliki pengalaman mendaki sebuah gunung yang indah di sebuah kota, maka mulailah bercerita tentang hal tersebut. Ceritakan bagaimana anda bisa sampai kesana, melewati apa saja, rintangan apa saja yang dilalui, dengan siapa anda pergi dan apa saja momen saat mendaki. Buatlah pengalaman anda menjadi sebuah ide tulisan. Dengan begitu maka anda akan lebih tahu tentang apa yang anda tulis. Berdasarkan pengalaman saya menulis berdasarkan pengalaman anda lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

5. Don't Stop Trying

Kata jangan pernah berhenti mencoba adalah salah satu kata yang harus kita pengang ketika sedang belajar sesuatu hal yang baru. Jika anda baru pertama belajar menulis maka jangan pernah untuk putus asa dalam menulis. Karena tidak ada kegagalan selagi anda masih terus mencoba. dan justru anda akan gagal ketika anda berhenti untuk mencoba.

6. Gunakan Teknik ATM

Teknik ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) merupakan teknik yang bisa anda coba ketika anda merasa kesulitan dalam menulis. Anda bisa mengambil ide dari artikel orang lain kemudian anda baca serta pahami kemudian mulai menulis dengan gaya bahasa anda. Saya juga pernah menggunakan teknik ini ketika lagi kehabisan ide dan tidak tahu mau menulis apa. Hal ini sangat membantu sekali bagi penulis pemula yang merasa kesulitan dalam menulis.

Baca Juga : Manfaat Mengupdate Artikel Setiap Hari Di Blog Dengan Konsisten

Itulah artikel tentang 6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger. Semoga apa yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini dan follow blog kami. Dengan follow blog ini maka anda akan mendapatkan artikel gratis dari kami setiap harinya. Karena kami akan terus update artikel dengan informasi-informasi baru setiap hari. Maka dari itu Follow untuk mendapatkan update artikel dan memberikan dukungan kepada kami untuk terus semangat membuat artikel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis Artikel Untuk Seorang Blogger"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel