Apakah Membuat Blog Harus Bayar Atau 100% Gratis

Apakah Membuat Blog Harus Bayar Atau 100% Gratis. Sebelum saya membahasa mengenai biaya pembuatan blog, maka ada baiknya saya akan membahas apa itu blog dan benefit serta mengapa seorang blogger dapat menghasilkan uang dari blog. Untuk tidak memperpanjang kata mari kita mulai pembahasannya dibawah ini.

Blog adalah sebuah platform yang berupa kumpulan halaman-halaman yang di dalamnya dapat membuat informasi dalam bentuk teks, gambar, video dan file dokumen. Blog memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Dimana hampir semua informasi baik berupa ilmu pengetahuan, info terkini hingga sharing mengenai pengalaman. Namun, saat ini blog memiliki peran yang lebih luas dari zaman dulu. Dimana manfaat blog hanya sebagai media informasi, saat ini blog banyak digunakan sebagai media untuk menghasilkan uang. Artikel tentang cara mendapatkan uang dari blog telah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Mendapat uang dari blog sangat mungkin untuk zaman sekarang. Hal ini seiring dengan perkembangan dunia digital marketing dimana pemasaran produk melalui media online mulai diminati. Banyak orang yang mengiklankan produk secara online, karena dinilai sangat efektif dan juga murah serta memiliki jangkauan luas. Media iklan online terbesar hingga saat ini salah satunya adalah Google Ads. Google Ads adalah platform penyedia layanan iklan produk secara digital yang di sediakan oleh google.

Untuk mendukung program Google Ads, maka Google membuat beberapa platform agar iklan bisa ditayangkan dan dilihat oleh calon konsumen. Diantara platform tersebut adalah youtube, blogger, serta menampilkan iklan pada halaman penelusuran. Dengan adanya google ads, maka blog dapat menghasilkan uang bagi pembuatnya. Selain melalui program ads, blogger juga dapat menghasilkan uang dengan menikuti program affiliate dan layanan backlink pada blog.

Sekarang kita kembali lagi ke topik pembahasan, yaitu apakah membuat blog membutuhkan biaya, dalam artian berbayar atau gratis. Secara singkat yang ingin mengatakan bahwa membuat blog itu bisa gratis dan juga berbayar. Tergantung tujuan anda membuat blog tersebut untuk apa. Jika anda ingin membuat blog hanya sekedar iseng, ingin berbagi pengalaman sehari-hari atau hanya sekedar berbagi cerita atau curhat dan tidak berniat menghasilkan uang dari blog, maka anda bisa membuat blog 100% gratis. Namun, jika anda ingin mendapatkan nilai tambah dari apa yang anda bagikan melalui tulisan dalam hal ini ingin mendapatkan uang selain berbagi maka bisa jadi 50% pembuatan blog berbayar.


Apakah Membuat Blog Harus Bayar Atau 100% Gratis

Seperti yang telah saya katakan diatas, blog itu bisa berbayar atau gratis bergantung pada tujuan anda membuat blog tersebut. Disini, saya ingin mengambil satu fokus tujuan pembuatan blog, yaitu "berbagi informasi bermanfaat dan mendapatkan uang". Ini secara garis besar ya, kita sepakat bahwa tujuan pembuatan blog juga menghasilkan uang. Maka secara singkat dapat saya katakan bahwa membuat blog adalah berbayar. Kenapa berbayar dan mengapa harus berbayar, akan saya jelaskan beberapa poin penting yang menjadi modal membuat blog. Namun, jika anda ingin tahu Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com dan Panduan Ngeblog, saya telah menjelaskan caranya pada artikel tersebut.

Apakah Membuat Blog Harus Bayar Atau 100% Gratis

Catatan: Disini saya menjelaskan pembuatan blog menggunaan platform blogger, yaitu platform yang telah disediakan oleh google saat anda membuat akun google atau Gmail. Kenapa saya menggunakan blogger, hal ini bertujuan agar kita tidak perlu membayar hosting, karena google google memberikan secara gratis. Jika anda membuat blog menggunakan platform wordpress maka anda harus membayar hosting dimana harga hosting untuk satu tahun bisa mencapai 600san hingga 1 jutaan rupiah bahkan bisa lebih, tergantung dimana anda membeli hosting tersebut. Tentu setiap platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah Manfaat Membuat Blog di Blogger


1. Blog Membutuhkan Domain TLD

Domain adalah bagian terpenting dari sebuah blog, karena domain merupakan alamat dari blog tersebut yang akan diakses oleh para pengunjung untuk melihat semua konten yang ada di dalam blog. Domain ada yang gratis dan juga berbayar. Namun, jika tujuan membuat blog adalah menghasilkan uang maka anda harus memiliki domain yang TLD (Top Level Domain). Domain TLD adalah domain berbayar yang dapat anda beli di penyedia layanan domain seperti niagahoster.

Mengapa harus menggunakan domain TLD, tidak yang gratis saja. Karena Domain TLD akan menghasilkan uang lebih power full dibandingkan domain gratis, seperti domain bawaan blogger yaitu blogspot.com. Hal ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai Keuntungan Domain TLD. Dianatarnya adalah blog dengan domain dinilai lebih profesional dibandingkan domain gratisn.

Jika menggunakan Domain TLD anda juga dapat menghasilkan uang dari menjual Backlink. Backlink adalah adalah salah satu teknik SEO yang dapat meningkatkan performa dari sebuah blog atau website, sehingga banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk membeli backlink. Oleh karena itu, orang tidak sembarangan membeli backlink. Mereka akan lebih cenderung memilih blog dengan domain TLD dibandingkan gratisan, karena backlink domain TLD lebih power full.

Anda bisa membeli domain di Niagahoster.co.id, hosting dan domain yang disedikan terkenal memberikan performa yang bagus. Dimana layanan niagahoster membuat blog atau website anda tidak akan mengalami yang namanya down. Untuk mendapatkan domain lebih murah anda bisa menggunakan kupon WOWDISKON. Ini adalah kupon yang digunakan agar anda mendapatkan diskon saat membeli domain atau hosting. Masukkan kode kupon tersebut sebelum anda checkout.


2. Blog Membutuhkan Templat Premium yang SEO dan Responsive

Jika tujuan anda membuat blog adalah disamping berbagi informasi bermanfaat dan juga ingin mendapatkan uang, maka anda membutuhkan template premium. Kenapa tidak menggunakan saya template gratisan bawaan blogger atau download di internet secara gratis. Karena template tersebut tidak memberikan performa yang bagus. Selain itu, di dalam template gratis yang di download di internet biasanya di tanam link-link yang mengarah ke website mereka sehingga dapat merugikan blog anda nantinya.

Pada artikel sebelunya saya telah membahasa mengenai rekomendasi Template Blogger Premium Terbaik Untuk Daftar Google Adsense. Disana saya menjelaskan betapa bagusnya template tersebut untuk blog anda. Saya juga menggunakan template premium tersebut pada blog ini. Nah, jika anda penasaran mengenai template tersebut silahkan search judul artikel pada blog ini atau langsung saja klik link berkut ini Template Blog Premium.

Template Blog Premium sangat bagus untuk performa blog, karena template tersebut telah memenuhi kaidah SEO, namun anda tidak boleh salah beli template silahkan baca artikel template blogger premium. Selain itu, template blog premium juga sangat responsive dan memiliki speed loading halaman yang sangat cepat, sehingga pengunjung akan merasa puas saat mengunjungi blog anda dan akan betah. Coba anda bayangkan jika blog anda mengunjungi sebuah blog yang lemot, tentu anda kesal dan langsung keluar untuk mencari blog yang lain. Template blog premium biasanya sudah menyiapkan slot iklan, sehingga jika anda mendaftarkan blog ke adsense maka anda tidak akan bingung mau taruh kode iklan dimana.


Kesimpulan Membuat Blog

Kesimpulan membuat blog adalah bisa gratis dan juga bisa berbayar, hal ini bergantung dari tujuan anda membuat blog. Jika anda ingin membuat blog hanya iseng saja dan tidak ingin menghasilkan uang maka anda bisa membuatnya secara gratis. Sedangkan jika tujuan blog adalah selain berbagi informasi bermanfaat, juga ingin mendapatkan uang maka anda paling tidak harus membeli domain dan template. Untuk harga domain ".com" saat ini di niagahoster berkisaran 115 ribu gunakan kode kupon WOWDISKON untuk mendapatkan diskon hingga 5%. Sedangkan untuk harga template premium adalah berkisaran 187 ribu rupiah untuk cara beli template telah kami bahas pada artikel sebelumnya. Harga tersebut berlaku untuk tanggal artikel ini dibuat dan bisa naik dan juga turun.

Itulah artikel tentang Apakah Membuat Blog Harus Bayar Atau 100% Gratis. Untuk membuat blog yang profesional maka anda membutuhkan setidaknya modal untuk membeli domain dan template. Sedangkan jika anda memiliki dana yang lebih untuk membeli hosting maka itu lebih bagus lagi. Akan tetapi jika dana terbatas maka anda bisa membeli domain dan template saja. Setiap usaha membutuhkan modah, begitu juga ketika anda membuat blog. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel