Cara Menghitung Persentase Keuntungan Di Excel

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Di Excel. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengolah data. Salah satunya adalah kita dapat menggunakannya untuk mengolah data laporan untung rugi penjualan.

Nah, bagi anda yang memiliki usaha apa saja dan ingin tahu berapa persentase keuntungan per hari, per bulan dari setiap produk atau total penjualan maka anda bisa menggunakan excel.

Konsep dasar perhitungan besar persentase keuntungan adalah dengan melihat selisih antara harga jual-beli dan dibandingkan dengan besar modal atau harga beli. Dengan konsep tersebut maka kita membutuhkan informasi tentang harga beli dan harga jual sebuah produk, jasa atau lainnya.


Cara Menghitung Persentase Keuntungan Di Excel

Menghitung besar persentase keuntungan di excel sangat mudah, karena excel seperti sebuah kalkulator yang dapat mengolah data angka dan teks dengan berbagai macam rumus yang dimiliki. Excel tidak menyediakan fungsi khusus untuk menghitung besar presentasi seperti menghitung rata-rata menggunakan fungsi AVERAGE.

Namun, kita dapat menggunakan operasi dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian untuk menghitung persentase keuntungan. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan siapkan data penjualan anda di excel, seperti data Nama Barang, Harga Beli, Harga Jual dan Persentase Keuntungan. Seperti pada gambar dibawah ini.
  2. Gunakan rumus berikut ini untuk menghitung persentase keuntungan:
    Rumus Persentase Keuntungan
  3. Dengan dasar rumus diatas maka kita bisa menghitung Persentase Keuntungan di Excel.
  4. Misalkan Data Harga Jual di Cell B2.
  5. Data Harga Beli di Cell C2.
  6. Maka Rumus Persentase Keuntungan adalah: =((C2-B2)/B2)*100%

    Cara Menghitung Persentase Keuntungan Di Excel

  7. Blok Seluruh Cell atau Kolom D untuk mengubah satuan desimal ke satuan persentase.
  8. Klik icon persentase seperti pada gambar diatas dan icon Increase Desimal seperti yang di tunjuk garis panah merah digambar diatas.

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Persentase Keuntungan Di Excel. Semoga materi kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Maka dari itu, mohon untuk bagikan artikel ini kepada teman-teman and agar saya lebih semangat membuat artikel bermanfaat lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya tentang Microsoft Excel.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang